Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Last Update 21/06/2019

banyak orang yg memiliki laptop tapi sedikit orang yang tahu cara merawat laptop mungkin kamu salah satu orangnya karena sudah membuka blog ini wkwkwk :v

Agar laptop tetap tahan lama dan awet, maka perlu perawatan dan penjagaan yang ekstra agar laptop tidak cepat rusak. Jika laptop tidak dirawat, maka hal yang sering terjadi adalah kerusakan pada laptop baik itu pada posisi hadware maupun software.

Apabila pada posisi software yang rusak atau error, hal ini tidaklah begitu mengkhawatirkan, sebab untuk memperbaikinya tidak memerlukan biaya yang terlalu besar, namun apabila hadware yang rusak, maka bersiap-siaplah mengeluarkan biaya yang besar dan selalu tidak terduga.
Cara Merawat Laptop Agar Awet an Tidak Cepat Rusak


Oleh karena itu, bagi anda yang tidak ingin laptopnya cepat rusak, silahkan simak tips yang akan saya sajikan berikut ini dalam rangkuman Cara merawat Laptop agar tahan lama dan tetap awet.

1.  Gunakan Kipas eksternal

Untuk mencegah laptop dari over hat, maka gunakan kipas pendingin atau kipas tambahan yang berfungsi mencegah terjadinya panas pada laptop. Laptop yang panas bisa mempengaruhi kinerjanya, dengan adanya kipas tambahan, proses kerja laptop akan selalu stabil dan normal.

2.Gunakan waktu yang efesien

Penggunaan laptop dalam pengoperasiannya harus sesuai aturan dan standart pada umumnya. Operasikan laptop anda paling lama 2-4 jam, setelah itu, berikan waktu 20-45 menit untuk istirahat. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya over hat atau panas pada laptop. Panas pada laptop memang tidak akan berpengaruh cepat, namun jika dibiarkan, maka lama-kelamaan bagian laptop akan rusak, terutama pada bagian hardiks.

3. Efesiensi sleep dan shut down

Melalui pengalaman yang saya alami, laptop yang saya gunakan saat ini sudah pernah ganti hardisk. Penyebab laptop saya harus diganti hardisknya karena laptop saya biarkan saja mati sendiri sementara masih ada beberapa data yang bekerja. Walaupun kebiasaan tersebut berlangsung lama, namun seiring waktu, hardisk laptop saya tidak tahan dan panas yang akhirnya harus diganti.Nah, bagi anda yang ingin istirahat mengoperasikan laptop, sebaiknya gunakan fitur sleep jika istirahatnya hanya 10-20 menit, tapi gunakan shut down jika istirahat anda mencapai 1-3 jam.


4. Gunakan anti virus

Anti virus berfungsi untuk melindungi perangkat keras seperti laptop dari serangan virus-virus yang merusak, memperlambat bahkan membuat laptop mati total. Untuk anti virus yang tepat bisa anda pilih seperti Avira. Avira adalah anti virus yang saya gunakan sekaligus menjadi rekomondasi bagi saya.

5. Bersihkan dari debu

Walaupun terkesan sepele, namun jika debu-debu yang menempel di bagian luar laptop terus dibiarkan, tentunya debu-debu tersebut akan menumpuk, jika demikian maka besar kemungkinan debu tersebut akan merusak bagian dalam laptop dan memperlambat kestabilan laptop saat beroperasi.

6. Jangan Langsung Menutup Laptop

Kenapa tidak boleh? Karena ketika laptop kamu dalam keadaan panas, udara panas yang keluar dari bawah keyboard laptop kamu akan langsung mengenai bagian lcd Laptop.

Jadi jika laptop sedang panas, jangan langsung ditutup, sebaiknya kamu diamkan sampai mendingin. 

Tentunya jika laptop kamu masih dalam kondisi dingin setelah digunakan karena menggunakannya dalam ruangan ber AC atau dimalam hari dan subuh. Kamu bisa langsung menutupnya

7. Jangan Mengangkat Laptop Saat Menyala

Jangan kamu angkat laptop kamu saat dalam kondisi hidup atau menyala, kenapa?

Karena laptop yang masih dalam kondisi menyala hardisknya masih berputar sehingga memiliki kemungkinan tergores sehingga mengakibatkan error bad sector.

Yah, jika hanya sesekali tidak apa-apa tapi jangan lakukan terlalu sering oke!

8. Jangan Mainkan Laptop di atas Kasur

Kenapa gak boleh?, emang efek memainkan laptop diatas kasur kenapa?

Ketika Laptop dimainkan diatas kasur, suhu panas yang dikeluarkan oleh laptop kamu dari ventilasi udara dibawah atau samping, biasanya akan berputar dan tidak lancar keluar.

Sehingga suhu tersebut bisa berbalik dan kembali mengenai laptop, hal inilah yang menjadi penyebab kenapa laptop lebih cepat dan mudah panas ketika di mainkan diatas kasur.

9. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi Berat Dengan Lama

Jika Laptop kamu bukanlah laptop dengan spek yang cukup atau diatas rata - rata, menjalankan aplikasi berat seperti game PUBG atau aplikasi desain dan editing seperti adobe photosop dan adobe premier.

Pasti akan membebani laptop kamu, sehingga memaksa si prosessor bekerja menjadi lebih keras, jika dilakukan terlalu lama maka akan menyebabkan si prossesor ini lebih cepat aus dan rusak karena bekerja terlalu berlebihan diatas kemampuannya

Demikianlah penjelasan tentang Cara merawat Laptop agar tahan lama dan tetap awet, semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu anda khususnya tentang cara menjaga laptop agar tahan lama dan tetap awet walaupun sudah bertahun-tahun.

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel