Fakta menarik Gerhana Matahari


GERHANA MATAHARI
Hasil gambar untuk gerhana matahari total

ya kemarin tggl 9 Maret 2016 telah terjadi gerhana matahari total di indonesia sekarang kita akan langsung ke Topik fakta fakta gerhana matahari,

Di Palu, Balikpapan, Bangka Belitung, dan area lain di 11 provinsi Nusantara Telah menyaksikan gerhana matahari total -- saat sang surya diselubungi kegelapan.
Pun dengan area Bumi yang tertutup bayangan Bulan, pagi yang terang mendadak serupa senja. Meski hanya hitungan menit, sebelum gerhana bertolak dan memuncak di Samudra Pasifik.
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan, gerhana matahari total 2016 adalah peristiwa langka. Bahkan bisa dikatakan pengalaman 'sekali seumur hidup'. baca juga: Ini penyebab Migrain atau sakit kepala

1. Hanya Terjadi Di Indonesia

memang di malaysia,Australia dan negara negara tetangga lainnya juga terjadi Gerhana matahari tetapi hanya sebagian saja. tidak seperti di indonesia yg terjadi gerhana matahari total

2.Pertama kali di Abad 21
inilah untungnya jadi waaksikan GMT di indonesia mendahului negarga negara indonesia karena dapat menyra negara lain wkwkwk

3.Akan Terjadi lagi di THn 2019 dan Tahun 2023

yak nanti di indonesia akan terjadi lagi gerhana matahari yaitu pada tahun 2019,namun bukan gerhana matahari total melainkan gerhana matahari cincin ini gambarnya
Hasil gambar untuk gerhana matahari cincin

itu adalah gambar gerhana matahari cincin,
 dan gerhana matahari total akan terjadi lagi pada tggl 20 april 2023

3.300 Tahun Sekali








Gerhana matahari total adalah peristiwa langka. Tak diketahui periode pasti fenomena tersebut akan terjadi dan berulang di satu daerah.
Hanya ada hitungan pola 18-19 tahun, sesuai dengan periode Saros atau siklus gerhana. Namun, jalurnya berbeda.
"Berdasarkan perhitungan kasar, gerhana matahari total hanya akan terjadi sekitar 300 tahun sekali di satu daerah," kata Thomas Djamaluddin.  
Wilayah Sumatera Selatan dan Bangka termasuk yang sungguh beruntung.
"Kejadian terakhir pada 1988 dan berulang pada 2016, jadi hanya 28 tahun. Masih beruntung. Di daerah lain 300 tahun." artinya di daerah palembang bangka belitung hanya akan terjadi lagi 300 thn lagi

4. 'Pembodohan Massal'
Peristiwa gerhana matahari total yang paling menghebohkan adalah pada 11 Juni 1983 yang jalur totalitasnya melintasi Jawa. 
Fenomena tersebut bahkan disiarkan langsung di TVRI -- stasiun televisi satu-satunya di Indonesia kala itu.
Pada masa itu, dalam masyarakat banyak beredar kabar bohong. "Atau semacam pembodohan massal, dengan mengatakan, 'awas, hati-hati gerhana bisa membutakan mata'," kata Thomas.
Bahkan, dia menambahkan, ada yang bertindak ekstrem sampai-sampai seluruh jendela ditutup. "Seakan matahari memancarkan radiasi berbahaya," kata dia.
Tak hanya di situ, di suatu daerah, mata hewan-hewan penghuni kebun binatang ditutup, agar mereka tak buta.
Untuk itulah, Lapan meluncurkan hitung mundur 55 hari jelang gerhana matahari total pada 14 Januari 2015.

5. Menguji Teori Einstein

Gerhana matahari total yang akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 juga menjadi perhatian ilmuwan dunia. Para ilmuwan Lapan akan berkolaborasi dengan para ahli asing, termasuk dari NASA, untuk melakukan sejumlah riset.

Di antaranya untuk membuktikan teori relativitas Einstein yang menyatakan suatu benda bisa membelokkan cahaya. 

Selain itu, perubahan perilaku hewan juga diperkirakan akan terjadi, terutama pada binatang malam. Mereka menganggap gerhana matahari total sebagai malam.

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel