Lagu Lingsir Wengi Bisa manggil Hantu

 
Lagu lingsir wengi banyak orang yang bilang kalo lagu ini bisa manggil mahkluk gaib(hantu) konon lagu berbahasa jawa ini bisa manggil kuntilanak jika sudah mencapai bait ini:
Lagu versi bahasa asli (Jawa)
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno…
Ojo tangi nggonmu guling…
Awas jo ngetoro…
Aku lagi bang wingo wingo…
Jin setan kang tak utusi…
Dadyo sebarang…
Wojo lelayu sebet…
Versi indo
Menjelang malam, dirimu akan lenyap…
Jangan bangun dari tempat tidurmu…
Awas jangan menampakkan diri…
Aku sedang dalam kemarahan besar…
Jin dan setan yang kuperintah…
Menjadi perantara…
Untuk mencabut nyawamu…
Jika orang menyanyikan lagu lingsir wengi dan sudah mencapai bait diatas konon bisa memanggil sosok yang menyeramkan yang menyerupai KUNTILANAK. Hal ini disebabkan ada beberapa orang yang mempublikasikan pengakuannya dengan pengalaman pribadi bahwa mereka telah bertemu langsung dengan sosok yang menyeramkan tersebut.
Tapi apa bener, Lingsir Wengi Lagu Pemanggil Hantu ini benar-benar nyata dan benarkah sosok Kuntilanak akan hadir ketika lagu ini dinyanyikan?
Dari beberapa sumber yang ada, banyak fakta menunjukkan bahwa lagu ini merupakan lagu yang dibuat oleh Sunan Kalijaga, salah satu tokoh Islam terkenal dengan sebutan WALISONG(Sembilan Wali) ,Adalah ulama besar yang mengajarkan kebaikan dan memperkenalkan agama Islam di tanah jawa. Salah satu cara yang digunakan Sunan Kalijaga untuk menyebarkan Agama Islam adalah dengan metode Musik dalam sebuah perwayangan.
Pewayangan merupakan pementasan dan tradisi hiburan yang menjadi kegemaran  dan hal yg lagi ngetrend di masyarakat setempat ketika itu, maka dari itulah Sunan Kalijaga menggunakan metode tersebut untuk menarik perhatian mereka dengan merubah gaya dan jalan cerita dengan peralihan cerita keagamaan.
Nah dari sini Dapat disimpulkan bahwa lagu Lingsir Wengi bukanlah lagu Pemanggil Hantu yang sering kita dengar saat ini, karena lagu ini merupakan lagu renungan sebuah kehidupan. Lagu ini dibuat bertujuan untuk memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang sabar dan tabah dalam menghadapi berbagai cobaan. Lagu ini juga bermakna sebagai sentuhan doa untuk menolak bencana yang ditujukan kepada Allah swt sebagai pelindung dan penolong umat manusia seluruh alam.
Jika dilihat dari fakta nyata ini, masihkah kita berasumsi jika lagu Lingsir Wengi sebagai pemanggil Kuntilanak? tentu tidak. Memang jika didengar secara langsung, ada sedikit sentuhan mistisnya, akan tetapi sentuhan itu bukan berarti menjadikan lagu yang bagus ini menjadi lagu Pemanggil Hantu.

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel