Cara Mengobati dan Mencegah Tenggorokan Gatal Yang Benar

Halo guys balik lagi sama saya penulis blog taugakini kali ini saya akan sharing mengenai penyebab dan cara mengatasi tenggorokan gatal

Penyebab-penyebab tenggorokan gatal?
Semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami yang namanya tenggorokan gatal walaupun penyebab penyebab gatalnya mungkin berbeda. Kondisi tersebut memang wajar dan sangat umum untuk terjadi, apalagi jika yang gatal tenggorokan sedang mengalami flu atau bahkan memiliki alergi terhadap sesuatu. Tenggorokkan yang gatal mungkin juga terjadi karena gejala2 awal terinfeksi bakteri.

 Sebenarnya penyebab tenggorokan gatal itu sangat banyak sekali. Nah khusus untuk kalian saya sudah menuliskan beberapa penyebab gatal yang mungkin adalah penyebab tenggorokan kalian gatal

Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi tenggorokan gatal dengan mudah

PENYEBAB

Rinitis Alergi
Rinitis alergi adalah salah satu penyebab gatal yang paling umum terjadi di dunia. Rinitis alergi adalah penyakit yang mengakibatkan tubuh kita terutama tenggorokan kita beraksi terlalu berlebihan terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya , seperti debu dan juga rumput contohnya. Tubuh kita akan mengeluarkan histamin, histamin sendiri adalah zat kimia alami yang ada di dalam tubuh kita yang fungsinya untuk menangkal alergen. Namun karena mengeluarkan zat ini tubuh kita akan merasakan beberapa efek samping seperti tenggorokan gatal dan juga bersin.

 Alergi Makanan
Alergi makanan adalah reaksi alergi yang membuat tubuh kalian bereaksi ketika sedang memakan suatu makanan tertentu yang tidak cocok dengan tubuh kalian. Reaksi alergi ini biasanya akan mulai terasa atau terlihat setelah beberapa menit ataupun beberapa jam setelah kalian mengkonsumsi makanan tersebut. Reaksi alerginyapun terbilang ringan seperti tenggorokan gatal atau bagian lainnya seperti mulut dan kulit yang gatal. Namun walaupun hanya gejala ringan alergi ini juga dapat membahayakan nyawa kalian. Makanan yang biasanya  menjadi penyebab alergi adalah telur, susu, dan juga kacang kacangan.

Alergi Obat
Penyebab yang ketiga adalah alergi terhadap obat, di dunia ini banyak sekali orang yang mengidap alergi terhadap beberapa obat tertentu seperti obat penisilisn atau obat antibiotik yang lain. Untuk yang satu ini reaksi alerginya beragam dan berbeda2 ada yang hanya reaksi ringan sampai reaksi berat yang berlebihan sehingfa dapat membahayakan nyawa penderitanya. Salah satu gejalanya adalah tenggorokan yang gayal setelah mengkonsumsi obat tertentu dalam waktu beberapa menit atau mungkin jam.



Infekso Bakter
Penyebab selanjutnya adalah karena infeksi bakteri pada tenggorokan, sakit tenggorokan maupun radang amandel biasanya akan dimulai dengan reaksi tenggorokan gatal sebelum  akhirnya radang dan sakit tenggorokan akibat bakteri tersebut semakin parah. Gejala gejala awal terserang infeksi bakteri memang mirip dengan saat orang terkena flu dan demam karena memang sama2 disebabkan virus dan bakteri.


Akan tetapi jika kalian hanya terserang flu atau demam biasa reaksi tenggorokan yang gatal juga hanya bersifat ringan, sedangkan jika kamu terserang infekssi bakteri rasa tenggorokan gatal yang kamu alami akan sangat parah dan juga disertai badan panas demam dan juga dada terasa sesak.

Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan cairan , yang diamibatkan kehilangannya banyak cairan dan hanya menerima pemasukan cairan yang sedikit kedalam tubuh. Dehidrasi biasanya terjadi saat musim panas atau saat kalian sedang berolahraga atau bahkan ketika sedang sakit.  Dehidrasi bisa menyebabkan mulut kering dan rasa gatal pada tenggorokan.

 Asam Lambung
Yang selanjutnya penyebab tenggorokan gatal adalah akibat asam lambung, penyakit asam lambung atau bahasa kerennya (dokter) adalah Gastroeshopgageal Refluz Disease yang disingkat (GERD). Ternyata penyakit ini juga bisa menyebabkan reaksi tenggorokan menjadi gatal apalagi jika penyakit asam lambung sudah kronis dan parah. Penyakit ini terjadi akibat naiknya asam lambung dari perut kita ke saluran makanan.

Gejala penyakit asam lambung ini sebenarnya tidak hanya tenggorokan gatal  melainkan ada banyak namun beberapa penderita asam lambung  ada yang memiliki kondisi silent reflux yaitu suatu kondisi dimana dia hanya merasakan rasa tenggorokan gatal yang parah dan tidak merasakan gejala gejala utama asam lambung lainnya seperti rasa terbakar pada bagian lambung yang biasanya dirasakan penderita asam lambung yang lain.


Tenggorokan Gatal bisa kita obati di rumah!
Nah untuk mengatasi tenggorokan gatal kalian bisa membuat atau meramu obatnya sendiri dengan bahan bahan yang mudah ditemukan ataupun, kalian juga bisa membeli obatnya di apotik terdekat dari rumahmu. Berikut ini adalah cara mengobati tenggorokan gatal dengan mudah yang sering dilakukan dan paling umum :

1. Mengkonsumsi satu sendok madu
Yang paling mudah adalah dengan cara mengkonsumsi satu sendok makan madu, hal ini bisa meredakan gatal tenggorokan yang kalian rasakan.


2. Kumur kumur dengan menggunakan larutan air garam
Kamu bisa melarutkan garam kedalam 2 gelas air hangat lalu ketika sudah laru kamu bisa kumur2 dengan larutan tersebut, kamu juga bisa meminum air larutan garam tadi tapi jangan banyak2.


3.menyemprotkan hidung
Menyemprotkan hidung atau menghisap air lewat hidung seperti ketika kita  sedang berwudhu ternyata juga dapat meredakan rasa tenggorokan yang gatal

4.tabel isap yang memberikan efek menyejukan pada tenggorokan

5.meminum teh panas yang dicampur dengan lemon dan madu

 Cara Mudah Mencegah Tenggorokan Gatal

Nah untuk kaian yang sering dan kerap kali merasakan tenggorokan gatal, ada beberapa solusi tepat yang bisa kalian gunakan dan pakai untuk mencegah tenggorokan gatal. Nah untuk cara pencegahannya juga tergantung dari penyababnya jadi solusinyapun akan berbeda beda. Langkah dan cara ini juga sangat dianjurkan oleh para dokter untuk mencegah dan menurunkan resiko terkena tenggorokan gatal :

1. Berhenti Merokok
Untuk kalian para perokok sebaiknya berhenti melakukan hal tersebut walaupun sangat susah karena dampak negatifnya sangat buruk dan salah satunya dapat menyebabkan tenggorokan gatal.

2. Minum Banyak Air Putih
Meminum banyak air putih akan menghindarkan kita dari dehidrasi dan mulut kering, hal ini juga dapat membantu kita mencegah terjena tenggorokan gatal.

3. Hindari Kafein dan Alkohol.
Menghindari konsumsi kafein seperti kopi dan menghindari meminum atau memakan sesuatu yang mengandung alkohol.

4. Mencuci tangan dengan rutin ketika memasuki musim penyakit Flu

5.  Menghindari membuka jendela dan terlalu sering keluar rumah ketika sedang musim alergi tiba


Kapan kalian harus pergi ke Dokter?
Nah untuk kalian yang hanya mengalami tenggorokan gatal ringan dan biasa saja, sebenarnya tidak perlu memeriksakan diri ke dokter ataupun pergi ke rumah sakit. Apalagi tenggorokan gatal cara mengobati dan mengatasinya sangat mudah seperti yang sudah saya tuliskan di atas. Namun kalian harus bahkan wajib untuk memeriksakan diri ke dokter jika gatal tidak kunjung hilang setelah lebih dari 1 minggu, jika kalian tidak pergi ke dokter takutnya tenggorokan gatal akan semakin parah dan malah berujung infeksi , kalian juga harus memeriksakan diri ke dokter apabila terdapat gejala-gejala seperti dibawah ini ketika mengalami tenggorokan gatal




1. Kesulitan bernapas
2. Mengi
3. Gatal gatal pada kulit atau mulut
4. Terjadi pembengkakan pada bagian wajah
5.  Sakit tenggorokan yang parah
6. Disertai demam
7. Sulit menelan makanan

Nah jika kakian mengalami gejala gejala diatas, maka diperlukan penanganan medis agar tidak terjadi kesalahan yang hanya akan membuat kondisi kalian semakin parah.
Jangan sampai salah mengkonsumsi obat antibiotik, sebaiknya segerakan ke dokter agar tahu cara mengatasinya yang lebih aman

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel