Apakah Kucing Dan Anjing Boleh Memakan Cokelat?

Apakah kucing boleh makan cokelat?
Apakah anjing boleh makan cokelat?

2 pertanyaan di atas sudah sering saya jumpai dan masih banyak juga orang yang belum tahu efek dari memakan cokelat bagi kucing dan anjing.

Kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai apakah boleh kucing dan anjing memakan  cokelat?.

Berikut penjelasannya :


Faktanya : cokelat merupakan salah satu zat beracun bagi kucing dan anjing yang dapat membuat taring mereka rusak

Kandungan yang berbahaya tersebut adalah zat THEOBROMINE, zat tersebut tidaklah berbahaya bagi manusia karena manusia dapat mencerna dan memetabolisme zat tersebut dengan mudah, tetapi hal tersebut tidak berlaku terhadap kucing dan anjing,, merek tidak dapat mencerna zat tersebut secepat tubuh manusia. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh prof. Dokter hewan  di amerika.

"Itu bisa menyebabkan penyakit bagi hewan-hewan ini," kata Topper, dilansir dari Mental Floss, Rabu (6/9).

Efek toksik (racun) dari sistem pencernaan ysang lambat ini  dapat membuat hewan terkena penyakit sakit perut ringan., bahkan dapat membuat hewann kejang dan terkena gagal jantung, bahkan dapat menyebabkan kematian. Jika anjing atau kucing anda memakan cokelat mereka akan mengalami dehidrasi atau haus, diare, dan menjadi hyperaktif yang akhirnya dapat menyebabkan kejang kejang, aritmia, dan serangan jantung.

Kucing lebih sensitif terhadapa zat theobromine, kucing adalah hewan yang termasuk. Suka memilah milah makanan. Kucing juga tidak dapat merasakan makanan manis. Berbeda dengan anjing yang selalu meminta makanan apa saja yang dimakan manusia.

Racun yang berdampak pada anjing juga akan bervariasi tergantung dengan jenis cokelat yang dimakan, contohnya cokelat susu kandungan theobrominenya lebih rendah dibandingkan dark chocolate. Kondisi hewan juga akan semakin parah apabila hewan sudah memiliki penyakit bawaan seperti ginjal dan juga penyakit jantung.

Lalu bagaimana jika kucing atau anjing sudah terlanjur memakan cokelat?.

Sebaiknya bawa saja ke dokter hewan untuk jaga jaga, apalagi jika hewan tersebut sudah banyak m3makan cokelatnya.

Dokter hewan nanti akan memberikan cairan intravena yang berguna untuk membantu si hewan memuntahkan makanannya, sehingga dapat mencegah zat dalam cokelat (theobromine) merusak sistem pencernaannya.

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel