Ini Perbedaan USB 3.1 dengan USB Tipe C

Balik lagi dengan saya eko wardani admin blog taugakini, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai perbedaan USB  3.1 dengan USB type - C. Berikut adalah infonya, simak info berikut dengan seksama bro.

USB yang kepanjangannya Universal Serial Bus merupakan sebuah protokol komunikasi yang biasa digunakan dalam koneksi, transfer data dan juga mensuply daya atau energi. Didalam kehidupan sehari hari kita sering mendengar dan pastinya kalian juga sudah mengenal istilah kabel USB, FLASHDISK, CHARGER USB, PORT USB , MINI USB, MICRO USB, USB HUB, DAN BERBAGAI MACAM sambungan USB lainnya. Kinj Usb sudah menjadi standar Universal komunikasi didalam perangkat komputer dan aksesorissnya, ( mouse, printer dan keyboard merupakan salah satu contohnya yang menggunakan driver usb ini ).


USB tidak hanya ada satu macam saja melainkan ada berbagai macam, mulai dari USB  1.x, USB 2.0, sampau dengan USB 3.0 . Standar USB ini mengarah kepada Spesifikasi teknis dari tiap tiap versi USBnya. Kita juga sudah mengenal berbagai macam type USB seperti type USB A ( contohnya slot USb Pada komputer), Mini A, Micro A dan juga Type B ( yang biasa digunakan di printer dan kamera ), Mini B , Micro B,Tipe USB ini mengacu kepada konektor USB. Sekarang standar USB telah mencapai USB versi 3.1 dan tipe terbaru dari USB nya sendiri adalah type USB C.

Lalu apasih kehebatan dan perbedaan USB Tipe C dengan USB 3.1

Berikut ini adalah kelebihan dari USB 3.1

- Kecepatan transfer dari USB 3.1 generasi ke 2 ini adalah sekitar 10Gbps ( jadi USB ini dapat mentransfer File berukuran 50GB hanya dalam waktu kurang lebih 40 detik saja )
Dibandingkan dengan USB 2.0 yang hanya mampu mentransfer file dengan kecepatan 480Mbps dan USB 3.1 Generasi 1 hanya mampu mentransfer file dengan kecepatan 5Gbps saja.

Usb ini juga kompatibel alias bisa digunakan di port usb 3.0 dan juga 2.0 tentunya kecepatan mentransfer filenya akan ikut berkurang alias menurun sesuai dengan port yang digunakan. Usb 3.1 ini juga dapat menggunakan konektor tipe A , B , ataupun C


USB tipe C

Usb ini merupakan usb dengan desain terbaru yang akan menggantikan usb versi sebekumnya, usb ini juga dikembangkan bersamaan dengan usb 3.1. Usb tipe c ini memiliki ukuran yang cujup kecil hanya berukuran 8.4mm x 2.6mm serupa dengan ukuran micro usb. Namun lebih tipis dan memiliki 24 pin yang tersusu di jalur atas dan bawah.

Kemampuan  usb tipe c ini adalah reversibel yang memudahkan kita saat menghubungkan usb ke perangkat kabelnya tanpa harus khawatir kabel usb terbalik karena usb ini akan otomatis mengurutkan kabel sehingga sesuai. Berbeda dengan usb tipe sebelumnya yang mengharuskan kita untuk teliti saat menghubungkan kabelnya agar tidak salah atau terbalik. Selain itu usb tipe c ini juga sudah support usb power delivery 2mp, yang memungkinkan melewatkan tegangan 5V  5V (2A, 10W), 12 V (1.5/3/5A, 18/36/60W) dan 20V (3/5A,60W/100W).

Usb ini juga telah support dengan tipe A dan B , yang twntunya dengan menggunakan adapter tambahan. Selain itu fitur usb tipe c ini juga adalah support dengan HDMI/MHL, VGA, Serial/Parallel port dan DVI.

 USB tipe c ini juga m3miliki komabilitas dengan OS (OPERATING SYSTEM ) windoes 8m1/10, OS X, Androud 6, dan juga telah diterapkan pada netbook, tablet dan smartphone, media penyimpanan, dan beberapa kabel adapter seperti USB Tipe C (USB tipe A, VGA, HDMI).

Jadi sudah jelas kalau usb 3.1 dengan usb tipe c itu berbeda kalau usb 3.1 lebih mengacu pada konektor tiprnya sedangkan  usb tipe c  menggunakan adapter agar dapat terhubung dengan konektor tipe a b dan c.

Kesimpulan, tentunya dengan menggunakan kedua kabel usb diatas yaitu USB 3.1 dan USB tipe C akan memudahkan kita dalam hal konektivitas dan transfer data karena fitur fitur dari kedua usb tersebut sangat hebat.

Sekian informasi mengenai perbedaan USB 3.1 dengan USB tipe C semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda, wasalam….

0 Response to "Ini Perbedaan USB 3.1 dengan USB Tipe C "

Posting Komentar

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel