13 Cara Menjadi Atlet Esports Profesional Pro Gamer!

Langkah Awal Untuk Menjadi Pro Gamer Esports Profesional



Memiliki pekerjaan yang kerjaannya hanya main game ditambah lagi bermain game adalah hobby an keseharian kita. Maka cabang olahraga esport sudah tidak bisa kita panfang sebelah mata.

Bisa dilihat dari total hadiah turnamen The International punya Game Dota2 dan juga Major League Gaming dari game CS:GO yang hadiahnya bukan jutaan lagi tapi sampai milyaran rupiah!

Sekarang olahraga esport ini sudah masuk kerambah atlet profesional dan tak bisa diremehkan lagi. Bahkan mungkin kedepannya dengan teknologi yang semakin canggih, olahraga esport ini akan semakin berkembang.

Di negara kita sendiri olahraga esport ini sudah mulai diakui dengan dibentuknya organisasi pemerintah yang bertugas mangakomodir kebutuhan duniat esport di indonesia yaitu IeSPa. Ditambah semakin banyaknya turnamen dan kompetisi dibidang esport ini.

Kesempatan kalian untuk menjadi atlet esport profesional di indonesia sendiri cukup besar, karena baru sedikit atlet esport asal indonesia yang sudah diakui.

Saya Harus Ngapain Dulu Biar Jadi Atlet Esport?


Langkah Pertama Saya Apa Untuk Terjun Ke Dunia Esport?


Pertanyaan tersebut sering kali dilontarkan oleh orang yang baru mau menekuni bidang esport ini. Karena itulah saya membuat artikel ini untuk membantu kalian!


Baca Juga: Tips Menjadi Master Game MMORPG

1. Memilih Game 


Sebelum memulainya kalian harus memilih game yang akan kalian tekuni, sudah banyak sekali game yang sudah menjadi cabang esport.

Semakin terkenal dan populer sebuah game maka akan semakin besar tantangan dan kesulitan yang akan kamu hadapi. Kamu bisa memilih game sesuai passion kamu.

Co/ Moba, FPS, Fighting dan Olahraga.

Perlu di ingat sebaiknya kamu hanya memilih satu gane untuk benar2 ditekuni agar bisa fokus melatih skill bermain game tersebut.

Jika kalian punya uang kalian bisa memilih game esport yang berbayar seperti call of duty atau fifa agar saingan kalian berkurang.


30 Game Offline Android Terbaik 2019

2. Melatih Skill Bermain


Untuk menjadi seorang atlet profesional bukanlah suatu hal perkara mudah. Kamu harus rajin berlatih dan mengorbankan waktu untuk mencapai level profesional

Dengan banyak bermain dan mengetahui setiap trik dan tips bermain game tersebut ditambah sudah memiliki teknik bermain sendiri bisa menjadi langkah awal untuk memasuki dunia esport ini.

Teruslah berlatih secara rutin dan menciptakan atau mencontoh teknik dan taktik pemain profesional sampai kamu bisa mengubah dan menciptakan teknikmu sendiri.


7 Game Android Yang Menghasilkan Uang

3. Siapkan Mental


Suatu waktu ketika kalian latihan nanti pasti akan muncul rasa jenuh ditambah dengan kemampuan kamu yang semakin sulit berkembang.

Namun ketika hal tersebut terjadi jangan PATAH SEMANGAT, kalian sudah memantapkan hati di awal tadi untuk menjadi atlet esport profesional.

Cobalah mencari motivasi dengan mengincar berbagai turnamen dengan hadiah besar agar kalian semakin semangat berlatih!

Jika kalian ingin sebuah contoh orang sukses yang berhasil dan tetap semangat dan pantang menyerah, kalian bisa mencoba untuk menonton film pendek Free To Play persembahan Dota2

Yang isinya berisi kisah para pemain pro Dota2 seperti Dendi yang sudah memenangkan berbagai turnamen dengan hadiah uang bermilyar - milyar!



4. Gaya Hidup Sehat


Perlu kamu ketahui semua atlet profesional tidak 24 jam bermain gamr tanpa adanya istirahat,


para atlet tersebut memiliki jadwal istrahat menu makan sehat dan selalu berolahraga teratur untuk menjaga krsehatanya.

Nah untuk kamu yang bahkan belum memiliki penghasilan dari game,

sebaiknya jangan terlalu FOKUS, pada game kamu juga harus selalu menjaga krsehatan dan membagi waktu dengan pekerjaanmu.

Jangan SAMPAI!


karena terlalu termotivasi kamu menjadi seorang penyendiri yang kerjaannya hanya bermain GAME dan selalu memakan makanan junkfood juga tak pernah olahraga. Itu hanyalah sosok PECUNDANG!

JADI 


Sangat penting mrmiliki jadwal kegiatanmu sehari2 selama seminggu 4 kali.



5. Masuk Komunitas


Saat kamu sudah mulai mahir mrmainkan gamr tersebut, kamu bisa mencoba untuk mencari dan masuk kesebuah komunitas.

Baik itu komunitas di sosial media seperti facebook, twitter , whatsapp atau bahkan didunia nyata

Atau kamu bisa mencoba bergavung di komuntas internasionalnya di forum esport terbuka Reddit dan forum milik ligagame indonesia IeSPA.

Disana kamu bisa bertanya seputar tips dan trik juga bisa bertemu berbagai macam orang yang sudah lebih dulu bergelut dibidang game tersebut



6. Belajar dari Senior


Mempelajari sesuatu dari ahlinya adalah salah satu cara paling efektif untuk menjadi seorang pemain pro.

Nah jika kamu belum memiliki seorang yang kamu krnal ataupun belum masuk komunitas,

 kamu dapat memulainya dengan menonton tayangan ulang ataupun live streaming pertandingan turnamen para pemain yang sudah pro di Youtube.


7. Prepare Your Gear


Yang penting itu skill bukanlah alatnya, alat secanggih apapun kalau dipakai pemain noob tetap saja akan noob.

Itu adalah ungkapan untuk orang yang tidak mampu membeli peralatan gaming karena harganya yang memang mahal.

Yah walaupun tidak penting tapi penting juga jika kamu sudah serius bergelut di bidang olahraga esport ini.

Dengan menggunakan alat yang dapat mendukung kamu seperti headset mouse dan keyboard kamu bisa memaksimalkan skill bermain kamu

Tidak perlu alat gaming mahal seperti yang orang lain pakai, cukup headset keyboard dan mouse standar yang membuatmu nyaman memakainya.



8. Cari atau Bentuk Teammu


Setiap game online biasanya memiliki sistem peringkat baik itu peringkat lokal maupun global.

Jika peringkatmu sudah cukup baik di peringkat lokal, kamu bisa memulai membentuk sebuah tim atau mencoba masuk kedalam tim seseorang.

Kamu bisa mempromosikan dirimu di grup atau komunitas game yang kamu ikuti, tapi kalau kamu memiliki teman yang tujuannya sama - sama ingin jadi atlet esport.

Kamu bisa mencoba mengajaknya membuat tim dari awal




9. Mengikuti Sebuah Turnamen


Jika kamu sudah memiliki sebuah tim, maka sekarang saatnya mengetes kekompakan tim barumu dengan mengikuti sebuah turnamen kecil atau lokal yang dekat denganmu.

Jangan mencoba langsung mengikuti sebuah turnamen besar, selain biaya pendaftarannya yang mahal , kesempatan untuk menang pun sedikit karena biasanya pesertanya sangat banyak.

Tapi jika kamu sudah pernah memenangkan turnamen lokal beberapa kali, kamu bisa mencoba mengikuti turnamen besar sekaligus mencari pengalaman baru.

Jika kalian sudah bisa masuk 10 besar saja atau bahkan 3 besar di turnamen besar, nama tim mu pasti akan menjadi lebih populer dan akan diperhatikan banyak orang.




10. Mencari Manajer dan Sponsor


Jika kamu sudah memiliki banyak kemenangan dalam turnamen dan juga sudah populer, kamu bisa mengajukan penawaran sponsor untuk tim milikmu.

Kamu juga harus memiliki seorang manajer untuk mengatur jadwal pertandingan dan turnamen yang akan kamu ikuti.

Bisa dengan menyewa atau biasanya ada yang mengajukan sendiri ke tim esportmu. Kamu juga bisa menunjuk teman atau dirimu sendiri sebagai manajer.

Kedua hal tersebut merupakan hal penting jika kamu ingin tim esport mu ini menjadi besar seperri tim esport terkenal di indonesia.

Manajer yang berfungsi sebagai pengatur jadwal, melakukan promosi, penengah konflik dan juga mencarikan turnamen dan sponsor untuk tim.

Sedangkan sponsor adalah pihak yang akan memenuhi perlengkapanmu dan juga memberikan keuntungan lebih dengan membuat tim milikmu lebih populer.






11. Membangun reputasi baik


Hal penting lain yang harus kamu perhatikan adalah membangun sebuah reputasi yang baik, jika kamu sudah memiliki sebuah tim.

Maka tim milikmu akan disukai banyak orang dan menjadi terkenal, TAPI jika kamu belum memiliki sebuah tim. Hal yang terjadi adalah kamu akan dilirik tim profesional dan kemungkinan akan di REKRUT!




12. Menjadi pemain yang baik untuk tim


JANGAN bersikap egois dan merasa paling hebat jika kamu sudah memiliki sebuah tim, karena hal tersebut hanya akan mempengaruhi kekompakan tim kamu.

Karena tanpa sebuah tim kamu hanya akan menjadi pemain biasa. Jadi ber etika baiklah walaupun ada beberapa anggot timmu yang membuatmu kesal.

Jika kamu sebagai ketua tim, kamu juga harus memiliki jiwa pemimpin agar motivasi dan mood tim milikmu selaku terjaga.


13. Jangan pernah berbesar hati


Hal terakhir yang harus kamu ingat adalah tidak boleh berbesar hati dan tetaplah rendah hati walaupun kamu sudah mencapai beberapa prestasi yang mebgagumkan.

Karena bukan tidak mungkin jika dimasa depan nanti kamu gagal dan malah tidak ada yang menolong karena perilaku sombong mu dahulu.



Akhir Kata


Itu tadi adalah beberapa tips dan langkah awal untuk menjadi atlet esports profesional yang kamu dambakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan kamu motivasi :v

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel