10 Cara Mengatasi Speaker HP Mati Tidak Bersuara

Cara Memperbaiki Speaker Hp mati - speaker hp atau android yang rusak sangatlah menganggu apalagi ketika sedang ingin mendengarkan sesuatu seperti suara Voice Note, Musik dan yang paling parah ketika menelpon.



Speaker Hp yang rusak sangatlah berakibat fatal karena berbagai fitur dari android dan smartphonemu jadi tidak berguna dan harus segera di service.

Penyebab Speaker Hp rusak sangatlah beragam bisa karena korosi yang disebabkan oleh uap air karena keringat tangan yang menguap saat memegang hp, atau bahkan karena speaker hp yang masuk air. Ada juga yang speaker handphonenya rusak akibat terbentur dan hang.

Nah untuk kalian yang belum menyerah untuk memperbaiki speaker hp anda yang sudah rusak, anda bisa mencoba beberapa

Tips dan cara memperbaiki dan mengatasi speaker hp rusak.


Baca : Cara Membuat Baterai HP Awet

1. Mengeringkan bagian speaker


Untuk memperbaiki speaker hp tidak bunyi dan mengeluarkan suara, anda bisa mencoba untuk mematikan atau menonaktifkan handphone anda terlebih dahulu.

Cobalah untuk mengeringkan speaker bisa dengan di tiup atau di keringkan menggunakan hairdryer (pengering rambut ), jangan terlalu lama karena dapat membuat mesin dari hp anda terlalu panas.

Anda bisa mencoba mengeringkannya beberapa kali, dan ketika sudah terasa benae benar kering, cobalah hidupkan kembali hpnya dan tes apakah speakernya sudah berfungsi atau belum.

Baca : Cara Menggunakan Aplikasi PC di Android

2. Membersihkan dengan peniti atau klip kertas


​speaker tidak berbunyi atau tidak mengeluarkan suara bisa disebabkan oleh debu yang menempel di bagian lubang speaker.

Anda bisa mencoba membersihkan lubang speaker dengan menggunakan peniti atau klip kertas. Ketika sedang membersihkan speakernya, lakukan dengan halus dan perlahan jangan terlalu keras karena ditakutkan bukannya speaker kembali berfungsi malah semakin rusak.

Baca : Cara Menggunakan 2 Whatsapp di 1 HP


3. Masuk ke pengaturan volume


Untuk kalian pengguna Android dengan merk sepertu Xiaomi, Samsung, Asus dan merk Iphone anda bisa mencoba memperbaiki suara speaker hp yang tidak jelas dengan cara masuk ke pengaturan volume.

Ketika anda sudah masuk ke bagian pengaturan volume suara, cobalah untuk mengatur suara volume Handphone kalian ke pengaturan maksimalnya.

Kemudian tes dengan menyalakan musik atau rekaman, pokonya yang mengeluarkan suara, coba kamu dengarkan apakah muncul suara yang terdistorsi dan statis?

Jika terdengar maka anda harus menurunkan volume suara hpmu, juga lakukan sebaliknya jika tidak terdengar suara.

Baca : Cara Atasi Suara Headset Kecil


4. Memasukkan kode khusus


Cara yang satu ini cukup unik, anda bisa mencoba memperbaiki speaker hp anda yang rusak dengan menggunakan cara menginput kode khusus dari hpmu.

Kode khusus apa?

Kpde khusus ini adalah kode rahasia yang dirancang khusus untuk smua jenis android atau iphone yang sedang mengalami permasalahan tertentu seperti speaker hp yang rusak.

Anda bisa mencoba mencari kode khususnya di googls untuk merk hp atau smartphone mu, cari saja dengan kata kunci kode untuk cek informasi service info, software info dan service test.

Jika sudah menemukan kodenya masukan di menu aplikasi telepon dan masuklah ke bagian yang khusus mengatur bagian volume atau suara hp.

Carilah apa permasalahan dari speaker anda.

Baca : Cara Internetan Pakai Kuota Videomax

5. Reset HP


Cara yang satu ini tidak saya anjurkan tapi bisa kalian coba, tapi sebelum mereset hp anda. Anda harus membackup semua file yang penting dari hp anda ke memori eksternal.

Walaupun sudah ada merk handphone yang memberikan opsi backup otomatis sebelum mereset android atau iphone.

Perlu di ingat ketika sudah direset keadaan hp akan kembali seperti baru dan semua file baik video gambar aplikasi semuanya akan hilang.

Cara ini mungkin bisa mengatasi masalah speaker yang rusak, tapi bisa juga tidak. Jika speakermu rusak karena softwarenya yang bermasalah cara ini bisa dibilang efektif.

Tapi

Jika masalah speaker anda rusak karena hardwarenya yang rusak karena terbentur atau terken Air. Maka cara ini percuma dan lebih baik ke tukang service, baik tukang service lokal atau service center hpmu.

Baca : Cara Atasi HP Cepat Panas

6. Jemur dan Rendam.


Jika masalah Speaker hpmu rusak karena terkena air atau kemasukan air. Anda bisa mencoba menjemur hp di bawah sinar matahari, tapi jangan terlalu lama karena akan berakibat fatal. Jika dirasa cuaca sudah terlalu panas segera angkat dan bawa handphone kedalam tempat teduh.

Rendam
Rendamlah handphone kedalam beras, ingat yah beras bukan nasi!

Kalian bisa memasukan hp atau android kalian kedalam beras yang masih kering dengan membuka casing dari android dan baterainya. Jika hp anda menggunakan baterai tempel, langsung rendam saja dan diamkan beberapa jam.


7.  Memasang Headset


Seringkali handphone bisa mengalami bug, karena sudah berumur dan tidak pernah diservis. Sama halnya dengan kasus speaker hp yang tiba tiba, tidak mengeluarkan suara.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena sistem HP anda mengira masih menggunakan headset.

Cobalah mencolok dan mencabut headset ke HP anda secara berulang ulang. Dan tes lagi apakah speaker hp anda sudah berfungsi normal atau belum?.


8. Bluetooth


Masih dengan masalah bug sistem, kadang kadang ketika kita sedang menyambungkan handphone kita dengan speaker bluetooth atau device bluetooth lain.

Maka secara otomatis speaker hp kita kan dinonaktifkan. Masalahnya ketika bluetooth dimatikan. Hp yang lemot dan mengalami bug akan tetap mematikan speaker.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menyambungkan kembali handphone anda dengan device bluetooth yang sebelumnya anda gunakan. Jika sudah tersambung, matikan kembali lalu cek  apakah speaker yang rusak tadi sudah berfungsi lagi atau masih rusak.


9. Clear Cache


Penyebab lain kenapa speaker bisa tiba tiba mati dan tidak mengeluarkan suara, adalah karena cache di handphone anda terlalu penuh.

Cache yang penuh akan membuat kinerja dari handphonemu menjadi lambat dan lemot. Untuk mengatasi masalah speakerh hp mati karena cache adalah.

Dengan menghapus dan membersihkan semua cache di hpmu dengan masuk ke pengaturan telepon dan penyimpanan telepon.

Biasanya ada pilihan untuk clear cache di setiap jenis smartphone.



10. Bawa ke Service Center


Terakhir adalah cara yang bisa anda lakukan dengan membawanya ke tukang servis, biasanya

HARGA SERVIS HP
Untuk servis hp bagian sparepart seperti speaker harganya beragam dan tidak menentu tergantung merk dari hp yang anda gunakan.

Tapi biasanya tidak lebih dari 100rb rupiah. AKAN TETAPI jika mengganti sparepart yang baru dan orisinil harganya akan sedikit mahal dan bisa mencspai sekitar 200rb rupiah.



Sekian artikel ini mengenai cara memperbaiki dan mengatasi speaker hp yang rusak dan tiba tiba matu tidak mengeluarkan suara. Semoga artikel ini membantu dan dapat mengatasi masalah yang sedang anda hadapi sekarang.

Buat yang ingin bertanya seputar speaker mati, bisa ditanyakan melalui kolom komentar di bawah yang sudah saya sediakan. Sekian terima kasih



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel