15 Cara Memilih Laptop Berkualitas Dengan Harga Terbaik

Tips dan trik membeli laptop dengan harga murah dan kualitas terjamin - laptop adalah salah satu gadget paling banyak dimiliki dan dibeli setelah handphone atau smartphone.



Tentu saja hal tersebut karena fungsi laptop yang sangat fungsional mulai dari untuk bekerja, untuk mendengarkan musik bahkan sampai bermain game.

Intinya hampir semua hal yang dapat dilakukan oleh pc atau komputer dapat dilakukan laptop dan kelebihannya karena laptop adalah gadget sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana saja.

Baca : Tips Membuat Laptoo Awet Dan Tahan Lama

Karena keistimewaannya itu banyak sekali produsen yang berlomba - lomba memasarkan dan menciptakan laptop dengan berbagai kualitas dan harga.

Lalu bagaimana cara mengetahui dan memilih merk laptop yang bagus kualitasnya?

Gimana Cara memilih laptop dengan harga murah yang bagus?

Nah karena itulah saya membuat artikel ini agar kalian dapat memilih laptop yang kalian inginkan dengan harga paling murah dan kualitasnya tetap bagus dan awet ketika digunakan.

Tips ini juga bisa kalian gunakan untuk memilih notebook, netbook, ultrabook, All in One PC, tablet, dan smartphone. Merknya juga terserah kalian, mau Apple, Dell, Asus, Lenovo, MSI, HP, Microsoft, Acer, Samsung dan Toshiba, atau merk lainnya. Yang penting tinggal disesuaikan saja.

Tips Membeli Laptop Murah Berkualitas dan Tidak Mengecewakan


1. Ketahui kebutuhan dengan tepat

Tadi di awal sudah saya sebutkan kalau laptop ini fungsional dan bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari untuk bekerja dan sebagai hiburan.

Untuk pekerjaanpun tugasnya berbeda beda, ada yang digunakan untuk mengetik saja bahkan ada yang digunakan untuk pekerjaan berat seperti editing. Atau hiburan juga sama ada yang berat ada yang ringan gamennya.

Baca : Tukang Kuli Ini Dapat Ribuan Dollar dari Google

Jadi sebelum membeli laptop, ketahui dulu untuk apa anda membeli laptop, apa hanya untuk melakukan pekerjaan ringan seperti mengetik atau digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti editing.

Loh emang apa hubungannya?

Jelas ada, karena setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda ada yang khusus untuk pekerjaan berat, ada juga yang hanya digunakan sehari hari.

Kan tinggal beli laptop yang bagus repot amat?

Tentunya jika budget anda banyak tidak masalah membeli laptop dengan spek dewa. Tapi hal tersebut akan mubazir jika hanya digunakan untuk mengetik, menonton video dan hal sederhana lainnya.



2. Cek harga pasaran laptop di toko online

Bagi kalian yang masih awam dan pertama kali membeli laptop, cobalah mengecek harga pasarannya di toko online yang terpercaya.

Kalian juga bisa menanyakan teman kalian yang sudah paham seluk beluk laptop agar tidak tertipu dengan penjual laptop abal abal.

Baca : Cara Mudah Download Musik Dan Video di YouTube

Saya harus cek laptop apa? Sedangkan saya gak tau mau beli laptop jenis apa?

Buat kalian yang masih belum tahu mau membeli laptop merk dan jenis apa, kalian bisa cek laptop dengan merk merk yang sudah terkenal seperti Asus, Acer lenovo dan merk lainnya.

Tentunya cari laptop dengan spesifikasi yang kamu butuhkan, saya sarankan minimal membeli laptop dengan prosesor core i3.

Anda juga jangan hanya mengecek di satu jenis toko online, ceklah sebanyak mungkin dan lihat rata2 pasaran harganya berapa.



3. Sesuaikan budget atau anggaran

Siapkan uang dan hematlah agar cukup untuk membeli laptop yang diidamkan, kalian bisa menabung terlebih dahulu agar tidak terpaksa membeli laptop murah.

Saya sarankan untuk langsung membeli laptop dengan spesifikasi yang lumayan karena akan berguna nantinya.

Tapi jika hanya membutuhkan spesifikasi standar yah silahkan membeli laptop biasa, tapi jika untuk mengedi foto atau video bahkan koding sebaiknya kalian membeli laptop dengan spesifikasi yang cukup daripada harus membeli laptop standar.

Baca : 3 Aplikasi Keren Di Android

4. Pilih merk dan tipe yang tepat

Sebelum membeli laptop ada baiknya anda mengetahui kekurangan dan kelebihan masing - masing merk laptop.

Hal ini karena setiap merk laptop memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Antara merk laptop satu dengan lainnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan tipe laptop berfungsi sebagai pembeda dari spesifikasi merk tertentu.

Saran dari saya belilah laptop dengan merk terkenal seperti asus, kenapa? Karena sudah terbukti kualitas dari laptop tersebut mulaindari hardware dan sparepartnya yang bukan abal abal sehingga laptop dapat bertahan dengan awet.

Baca : 3 Cara Ampuh Buat Kuota Dan Baterai Awet

5. Belilah spesifikasi tertinggi yang mampu kita beli

Membeli laptop dengan spek tertinggi yang mampu kita beli, ini merupakan antisipasi agar ketika anda membeli laptop anda tidak menyesal.

Selain itu perkembangan laptop sama cepatnya dengan hp, anda membeli laptop model terbaru sekarang. Dalam waktu satu tahun akan bermunculan berbagai tipe dengan spek dan keunggulan yang lebih bagus dari laptop anda dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Jadi jika anda membeli laptop dengan spek tertinggi yang mampu dibeli, setidaknya anda tidak perlu memeli laptop baru untuk beberapa tahun kedepan.

Baca : Tips Atasi Android Lemot Dan Ngelagg

Percayalah, walaupun anda akan mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih besar dari yang seharusnya. Anda tidak akan menyesal karena akan dirasakan oleh anda sendiri.


6. Manfaatkan momen promo dan pameran

Untuk kalian yang tidak membutuhkan laptoo dengan segera, anda bisa mencoba trik ini.

Belilah laptop ketika hari besar seperti hari raya dan harbolnas yang menyediakan banyak promo atau saat hari jadi dari perusahaan laptop tertentu karena pastinya akan ada promo menarik.

Selain akan mendapatkan laptop dengan harga miring ,anda juga dapat mendaptkan bonus seperti modem mouse dan screen protector.

Anda bisa mencari promo dari situs situs resminya atau mencari pameran yang diadakan dekat dengan tempat anda berada.

Ketika melaunching laptop model terbarupun biasanya akan ada promo, jadi jangan sia siakan momen yang bagus seperti ini.

Jika anda membeli barang bagus dengan harga yang cukup wow, jangan malu untuk menanyakan bonus kepada penjual. Karena biasanya jika produk mereka terjual dengan harga bagus tidak heran jika mereka memberikan bonus.



7. Desain Laptop

Desain dari sebuah laptop juga sangat penting untuk kita, mulai dari casing ukuran sampai dengan desain laptopnya.

CASING
Pertama untuk casing laptop biasanya ada dua jenis yaitu besi dan plastik, keduanya memiliki kelebihan masing masing.

Untuk yang besi biasanya lebih awet dan tahan lama tapi kekurangannya memberi beban yang berat ketika dibawa. Jujur saja ketika saya membawa laptop ditas rasanya membuat punggung jadi lebih cepat pegal. Apalagi ketika mengendarai motor.

Nah untuk yang dari plastik biasanya jauh lebih ringan ketimbang laptop dengan casing besi. Hanya saja kekurangannya casing dari plastik tidak terlalu awet dan kuat.

UKURAN LAPTOP
nah ukuran laptop sangat penting, terutama untuk yang bekerja dengan editing dan desain. Ukuran laptop yang pas menurut saya sekitar 14-15 inch

Untuk ukuran segitu bisa dibilang cukup untuk desain dan kegiatan sehari hari, selain itu tidak terlalu berat dan ribet ditambah jika kalian membeli ukuran 16-17 inch. Biasanya sulit membawanya di ransel karena kadang untuk tempat laptop diransel tidak muat.

DESAIN LAPTOP
untuk desain laptop kalian pasti bingung kenapa ini juga penting padahal desain laptop hanyalah masalah selera.

Anda tidak salah jika berpikiran seperti itu karena memang benar, hanya saja desain yang saya maksud adalah desain laptop YANG bisa berubah bentuk.

Sekarang ini sudah banyak laptop 2 in 1 yang bisa berubah bentuk menjadi tablet. Saya sarankan jangan membeli laptop ini,

Kenapa?

Karena biasanya boros baterai dan tidak awet, walaupun terlihat keren dan fungsional biasanya jenis laptop ini hanya mementingkan desain saja tanpa mementingkan kualitas.


8. Dapat di Upgrade

Ini sangat penting karena saya merupakan korban dari masalah ini.

Maksudnya apa dapat di upgrade?

Maksudnya ketika kita membeli laptop biasanya ram  bawaan dari laptop hanya 2 sampai 4 gb, tapi bisa di upgrade sampai 16gb bahkan lebih. Karena itu carilah laptop yang dapat di upgrade.

Contoh laptop yang tidak dapat di upgrade adalah asusx450ca yang hanya memiliki 1 slot ram jadi hanya bisa mencapai 8gb saja ramnya. Karena memang belum ada ram yang langsung 16 atau 32gb perkepingnya.


9. Harga Jual Kembali

Ketika membeli laptop baru, biasanya dalam waktu 1 sampai 2 tahun kita ingin membeli laptop baru karena sudah ketinggalan dengan model yang baru.

Nah untuk itulah harga jual kembali penting, saya sarankan untuk membeli laptop dengan merk terkenal dan tidak terlalu sering mengeluarkan model baru jika memang dalam waktu dekat ingin menjual laptopnya.

Kenapa harus yang jarang mengeluarkan seri baru?

Karena ketika seri baru muncul dengan harga yang relatif sama namun spesifikasinya jauh berbeda akan sulit menjual laptop bekasmu dengan harga yang bagus.


10. Garansi dan Service

Garansi sangatlah penting, bukan hanya sebagai asuransi tapi juga sebagai acuan apakah laptop itu berkualitas atau tidak.

Loh?

Bingung kan?, jadi ketika sebuah laptop diberikan garansi dengan jangka waktu yang lama, itu artinya laptopnya sangat kuat dan awet sehingga produsen dapat dengan berani memberikan service dan garansi dalam waktu yang sangat lama.

Contohnya laptop ASUS memberikan garansi 2 tahun, jadi prediksi mereka jika laptopnya digunakan dengan normal dan baik maka laptop tersebut dapat dipastikan akan tahan sampai 2-3 tahun kedepan bahkan mungkin sampai 5 tahun.

Adalagi laptop merk DELL yang sangat percaya diri dengan memberikan garansi, jika laptopnya rusak maka akan digantikan dengan yang baru.



Nah itu tadi adalah tips untuk mengetahui dan memilih laptop yang murah tapu tetap berkualitas. Nah untuk tips cara membeli laptop agar tidak tertipu dan salah beli saat di toko laptop anda bisa meneruskan membaca artikel ke bawah.



11. Baru Atau Bekas

Ketika anda mengunjungi toko laptop tentunya banyak pilihan, jika anda datang ke toko laptop biasanya ada 2 pilihan laptop baru atau bekas.

Menurut saya lebih baik membeli laptop baru karena terjamin kualitasnya dan garansinya masih fresh. Sedangkan untuk yang bekas walaupun harga murah belum tentu keadaannya masih bagus.

Bisa saja ketika dicek tidak ada masalah, ehh pas sudah pemakaian 1-2 bulan malah error dan banyak terjadi masalah, seperti keyboard yang tidak berfungsi atau ram yang rusak.


12. Touchpad dan Keyboard

Untuk kalian yang pekerjaannya menulis seperti saya , lebih baik mencari laptop dengan desain keyboard yang enak digunakan.

Lalu ketika hendak membeli alangkah baiknya mencoba mengetik menggunakan demua tombol untuk meminimalisir cacat, coba juga touchpadnya apakah nyaman ketika dipakai atau tidak.


13. Baterai Laptop

Baterai sangat penting untuk kalian terutama yang pekerjaannya lama didepan laptop, sebaiknya carilah laptop dengan kapasitas yang ketika dipakai bekerja dapat bertahan minimal 2 jam agar tidak kecewa. Karena harus mencolok sakelar dan selalu menggunakan charger padahal tidak baik jika menggunakan laptop sambil dicas.

Biasanya ketika laptop dinyalakan dan kursor diarahkan ke ikon baterai akan muncul daya tahan baterai. Namun jangan terlalu berpegang teguh pada hal tersebut karena tidak akurat.

Lihatlah spesifikasi laptop tersebut dan cek kapasitas baterainya berapa Mah.


14. Kelengkapan Laptop

Maksud dari kelengkapan laptop ini adalah, laptop yang lengkap semua aksesorisnya mulai dari setiap sambungan yang ada dilaptop seperti cd driver, colokan kabel lan, hdmi, video, usb dan lain lain.

Ohh iya tips. Dari saya carilah laptop dengan colokan usb yang lebih dari 2 agar tidak ribet ketika menggunakan alat eksternal seperti printer  flashdisk, keyboard dan mouse secara bersamaan.



15. Check and recheck

Tips terakhir untuk kalian khusus yang membeli laptop dengan COD, jangan cepat percaya ketika seseorang dari internet atau medsos mengatakan kalau barang milik mereka itu no minus dan masih mulus ples segelll.

Tetap coba untuk cek dari kelengkapan mulai dari tombol keyboard aksesoris, speaker, internet, ram dll

Jangan terburu buru ketika anda pergi cod ajak saja penjualnya ketemuan di warkop agar enak dan tidak kesal menunggu anda mengecek barangnya.

Terakhir bawa teman ketika hendak COD, agar ketika menemui minus dari laptop tersebut, anda dapat dengan santai menolak dan menggagalkan transaksi tersebut. Tentunya hal ini hanya berlaku ketika si penjual berbohonh mengenai status barang mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel