Kelebihan Earphone Bluetooth Serta Tips dan Cara Menggunakannya

Dengan kemajuan teknologi di zaman milenial ini keunggulan dari earphone atau headset biasa sudah tertinggal oleh keunggulan earphone bluetooth terutama dari segi fungsi dan mobilitasnya.



Walaupun fungsi dari kedua jenis earphone ini tidak jauh berbeda tetapi ada banyak keunggulan dan kelebihan menggunakan earphone bluetooth atau headset bluetooth.

Terutama untuk orang orang yang pekerjaannya membutuhkan mobilitas tinggi dan membutuhkan headphone sebagai alat komunikasi. Maka menggunakan earphone bluetooth bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan untuk menghubungkan beberapa gadget menjadi satu dalam waktu yang bersamaan. Bluetooth juga mampu digunakan untuk bertukar dan mentransfer file dengan bentuk file apa saja.

Berikut ini adalah

Manfaat Dan Keunggulan Menggunakan Earphone Bluetooth 




1. Lebih Aman


Maksud lebih aman disini adalah, ketika kita sedang mengendarai sebuah kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Kadangkala ada saja yang menelpon kita. Dengan menggunakan earphone bluetooth.

Kita bisa fokus mengendarai dan tidak perlu repot repot, mengangkat telepon dengan cara manual. Selain itu bagi pengendara motor, hal ini menjadi lebih efisien karena dapat menerima telepon tanpa harus memegang handphone di tangan kirinya.

Baca Juga : Cara Atasi Speaker HP Bermasalah

2. Mudah Dan Praktis


Ketika kita hendak mendengarkan musik atau telponan. Biasanya sangat ribet dilakukan ketika sedang dalam perjalanan atau berjalan di luar.

Dengan adanya earphonr bluetooth ini anda tidak perlu lagi memegang terus menerus hanphone atau ribet karena terganggu oleh kabel yang melilit di tubuh.

Baca juga : 5 Cara Atasi Stress dalam 5 Menit

3. Kesehatan


Ketika menggunakan handphone, otomatis kita akan mendapat dan menerima radiasi handphone. Hal tersebut sangat berbahaya terutama ketika sedang menelpon. Jika terlalu lama menelpon dan dalam kondisi data menyala.

Kemungkinan terkena radiasi HP semakin meningkat dan langsung menuju telinga dan otak. Jadi dengan penggunaan earphone bluetooth ini dapat mengurangi resiko terkena radiasi hanphone secara berlebih.

Radiasi handphone yang diterima dalam jangka waktu yang lama dan selama bertahun tahun, dapat membuat resiko terkena kanker otak menjadi lebih tinggi.

Mungkin anda pernah ketika terlalu lama menggunakan handphone tiba tiba merasa pusing bahkan mengalami migrain dan demam.

Baca juga : Ini Dia ! aplikasi Terkecil di Android

4. Lebih Produktif


Ketika anda bekerja dan harus mengangkat telepon biasanya kita akan menggunakan 1 tangan untuk bekerja dan 1 tangan untuk memegang HP. Hal tersebut akan membuat hasil pekerjaan anda menjadi tidak maksimal.

Dengan adanya earphone bluetooth ini pekerjaan anda akan tetap maksimal karena tidak perlu mengorbankan satu tangan untuk memegang handphone

Ditambah dengan bekerja sambil mendengarkan musik, akan menjauhkan anda dari rasa jenuh dan tetap menjaga mood anda. Hal ini sangat membantu karena dapat membuat anda menjadi lebih semangat bekerja.



Kelemahan Earphone Bluetooth



1. Harus di Cas


Kelemahan paling fatal dari earphone bluetooth adalah harus di isi ulang karena daya listrik dari earphone menggunakan baterai. Sehingga sewaktu waktu dapat habis.

Hal ini bukan masalah besar jika anda sedang berada di dalam ruangan seperti rumah karena tersedia banyak tempat untuk mengisi ulang baterainya.

Tapi

Ketika sedang dalam perjalanan atau di luar ruangan, anda harus lebih memperhatikan baterai earphone sudah terisi penuh.

Memang earphone bluetooth model sekarang sudah menggunakan baterai dengan kapasitas yang mumpuni sehingga dapat digunakan dalam waktu lama bahkan sampai beberapa hari tanpa perlu dicas.

Baca Juga : 30 Game Terbaik di Android

2. Tidak dapat digunakan di perangkat tanpa bluetooth


Tentu saja bagi kalian yang menggunakan handphone atau gadget yang tidak mendukung fitur bluetooth, tidak akan pernah bisa menggunakan dan menyambungkan handphone dengan earphonenya.

Tapi sekarang ini hampir semua jenis perangkat smartphone sudah mendukung fitur bluetooth ini jadi sudah bukan masalah lagi.



Cara Menggunakan Earphone Bluetooth



1. Mengaktifkan Headset Bluetooth


Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menggunakan earphone/headset bluetooth adalah mengaktifkannya dengan cara menekan tombol power atau on di headset tersebut.

Apabila ada lampu LED yang berkedip itu artinya headset sudah aktif dan siap digunakan.


2. Mengaktifkan Mode Pairing


Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan mode pairing untuk menghubungkannya ke smartphonemu.

Caranya dengan menekan tombol on atau power selama beberapa detik dan tunggu sampai ada lampu LED yang menyala biasanya berwarna merah atau biru.


3. Mengaktifkan Mode Bluetooth


Kemudian anda bisa langsung mengaktfikan mode bluetooth di smartphone anda dengan cara masuk ke pengaturan dan menekan ikon bluetooth


4. Memindai Perangkat Bluetooth


Langkah berikutnya yang dapat anda lakukan setelah mengaktifkan bluetooth di smartphone adalah memindai perangkat disekitar.

Carilah nama dari earphone bluetooth anda,jika bingung carikah perangkat terdekat dengan sinyal yang paling kuat karena sudah pasti bluetooth dari headset anda yang paling dekat dan kuat sinyalnya.


5. Menyambungkan


Terakhir ketika sudah menemukan perangkat yang benar anda tinggal menyambungkan dengan menekan tombol connect dan tunggu beberapa detik sampai terhubung.

Apabila anda diminta nomor PIN isi saja dengan nomor 0000 lalu tekan OK.





Tips Membeli Eaephone Bluetooth 




1. Memeriksa Perangkat


Pertama periksa dulu apakah perangkat smartphone anda mendukung fitur bluetooth atau tidak. Apabila ada berarti tidak ada masalah.

Jangan sampai anda membeli earphone bluetooth padahal perangkat anda sendiri tidak mendukung fitur bluetooth.


2. Jangkauan


Ketika hendak membeli earphone bluetooth cobalah untuk menggunakannya dan menjauh dari handphone anda. Tes seberapa jauh earphone tersebut dapat menerima sinyal.

Apabila suara musik yang anda dengar sudah tidak jelas, patah patah dan berisik maka hanya segitu saja jangkauan untuk menangkap sinyalnya.

Semakin jauh semakin bagus, karena ketika earphone dapat menangkap sinyal bluetooth dengan cepat dan akurat artinya earphone tersebut berkualitas dan bagus


3. Desain Earphone


Carilah earphone bluetooth yang paling anda sukai bentuknya karena jika anda menggunakan earphone dengan ukuran atau bentuk yang tidak cocok dengan telinga anda. Yang ada anda tidak betah menggunakan earphone tersebut.



4. Volume Earphone


Ketika hendak membeli earphone test terlebih dahulu dengan menyalakan musik dan coba dengarkan apakah musik terdengar enak atau biasa - biasa saja.

Earphone yang bagus adalah earphone yang dapat membuat suara musik menjadi lebih bersih halus dan ngebass


5. Anti Air


Karena menggunakan earphone bluetooth anda tidak perlu lagi khawatir handphone anda terkena hujan ketika menelpon atau mendengarkan musik tidak khawatir lagi karena tidak menggunakan kabel.

Jadi carilah earphone bluetooth yang sudah waterproof sehingga aman digunakan saat hujan ataupun berolah raga agar tidak kenapa2 ketika terkena air keringat.



Itu tadi adalah penjelasan mengenai keunggulan kelemahan dan fitur juga tips yang berhubungan dengan headset atau earphone bluetooth, jika ada yang ingin di tanyakan anda bisa menanyakan hal tersebut melalui kolom komentar di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel