Cara Menggunakan Cat Besi, Kayu dan Tembok Yang Benar

Cara Mengecat Menggunakan Cat Besi ( Solvent Based ) dan Cat Tembok ( Water Based )



Mrngecat rumah adalah salah satu alternatif yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan tampilan rumah agar menjadi lebih menarik dengan harga yang bersahabat dan terjangkau.

Tetapi agar tampilan rumah menjadi cantik dan elegan memerlukan teknik dan cara pengecatan yang baik dan benar agar hasil yang diharapkan daoat terjadi dan tidak mengecewakan.

Selain itu pemilihan warna juga penting karena warna - warna yang ada dapat mempengaruhi mood orang yang melihatnya. Oleh karena itu baca lah artikel ini agar dapat mengecat dengan baik.

PANDUAN CARA MENGECAT DENGAN BAIK MENGGUNAKAN CAT TEMBOK, BESI DAN KAYU


Tips yang akan saya bagikan kali ini disesuaikan menurut klasifikasi pelarut catnya. Jangan lupa ketika ingin memulai pengecatan, gunakan alat alat yang memadai dan bermutu seperti kacamata pelindung, roll, kuas an juga sarung tangan.


CAT TEMBOK (WATER BASED)


Untuk awalan sebelum melakukan pengecatan, ada baiknya kalian mengamankan beberapa barang yang mungkin akan terkena cipratan cat, ataupun tidak sengaja terkrna cat seperti kusen pintu dan handle pintu. Kalian bisa mencoba menutupinya dengan koran dan lakban.

Baca : Waktu Yang Dibutuhkan Agar Cat Kering Sempurna

Perlu diingat bagian yang akan dicat haruslah dalam kondisi benar benar kering dan bersih dari debu dan kotoran agar hasil yang diinginkan tercapai. Apabila terdapat bekas cat lama, kalian bisa membersihkannya menggunakan kape ataupun amplas kasar.

Lalu apabila ada retakan ataupun celah kalian bisa menambal dan menutupinya menggunakan plamur agar menjadi rata.

Pada permukaan area yang baru, pasanglah cat dasar anti alkali atau wall sealer pada permukaan cat lama yang berguna untuk mrncrgah tumbuhnya garam alkali dan juga sebagai perekat antara lapisan cat lama dengan yang baru.

Bacalah petunjuk di label kaleng cat dengan seksama dan teliti. Jika sudah aduk cat hingga warnanya merawa, kemudian celupkan sepertiga bagian pada kuas cat lapisan pertama.

Lalu encerkan dengan air bersih sekitar 10% komposisi dari catnya, kemudian aduk lagi sampai merata sebelum dipasang sebagai lapis pertama.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal menggunakan cat TEMBOK  kalian bisa melakukan pengecatan sampai tiga kali dengan jeda wakgu 1-2 jam tiap lapisan.

Urutan pengecatan yan baik adalah sebagai berikut :

1. Atap - 2. Dinding - 3. Jendela - 4. Pintu - 5. Lantai



CAT BESI DAN KAYU (SOLVENT BASED)


Hal pertama yang hadus dilakukan yaitu memastikan permukaan area yang akan dicat benar benar kering dan juga bersih dari berbagai macam kotoran seperti debu, minyak ataupun lapisan cat lama.

Jika permukaan terdapat karat kalian bisa membersihkannya menggunakan amplas ataupun cairan pembersih karat.

Baca: Cara Ampuh Membuat Cat Tahan Lama dan AwetA

Untuk mengaplikasikan cat anti karat ( zinc chromate  sebagai cat dasar ( primer ). Tunggulah sampai kering sekitar 4 jam sebelum memasang cat pada lapis pertama.

Ketika ingin memasang cat pada lapisan pertama encerkanlah terlebih dahulu menggunakan thinner dengan komposisi sekitar 10%  kemudian aduk sampai merata sebelum anda aplikasikan ke permukaan yang akan dicat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal menggunakan cat kayu dan besi ini, kamu bisa melakukan pengecatan sampai tiga lapis dengan jeda waktu tiap lapisan sekitar 1-2 jam.

Baca : Cara Mencegah Cat Mengelupas Mudah!

Perhatian! Jangan lakukan pengecatan ketika cuaca sedang buruk karena cat jenis ini memerlukan waktu untuk pengeringan.

Tips mengecat yang baik cat besi dan kayu :

1. Mulai pengecatan di area yang sulit dijangkau.


Contohnya : bagian tepi dan sudut ataupun ornamen dan area yang tinggi.

2. Menggunakan tehnik Overlap ( tumpang tindih )



Ketika mengecat salah sagu area lakukan sapuan tanpa terputus.


 3. Gunakan teknik pengecatan satu arah



Gunakan teknik satu arah baik itu dari atad ke bawah atau kiri ke kanan. Gunakan tarikan yang halus dan merata ketika menggunakan kuas

4. Pengecatan minimal 2 lapis



Ketika memulai pengecatan minimal sampai 2 lapis agar warna yang dihasilkan sesuai ekspetasi.


5. Selesaikan semua bagian sebelum mengecat di lapisan kedua





Baik itulah tips dan trik melakukan pengecatan yang baik dan benar menggunakan cat kayu tembok dan juga besi, semoga artikel ini dapat membantu! :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel