Waktu Yang Dibutuhkan Agar Cat Kering Sempurna

Ketika selesai mengecat baik itu dinding maupun mengecat furniture kadangkala kita sering tidak sabar dan ingin cepat selesai menyelesaikan pekerjaan, tapi kita tidak tahu kapan si cat brnar benar mengering dengan sempurna.

 4 faktor utama yang menjadi penentu kapan cat mengering dengan sempurna


1. Jenis Cat


Cat memiliki beberapa jenis sepeeti cat minyak, cat latek dan jenis cat lainnya.

Baca juga : Cara ampuh agar cat tidak mengelupas

Cat minyak : biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 jam untuk kering dengan sempurna dan untuk pengecatan ulang yang kedua dilakukan setelah 24 jam.

Cat latek : biasanya cat latek membutuhkan eaktu sekitar saru jam untuk kering dan dapat di cat ulang setelah didiamkan selama 4 jam.

Untuk cat lain sebenarnya ada cara mudah untuk mengrtahuinya, biasanya di dalam kemasan ada informasi mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan agar cat mengering dengan sempurna, jadi lainkali bacalah dengan seksama dan teliti.

2. Teknik Mengecat


Teknik mengecat yang salah juga akan membuat cat lama mengering, contohnya ketika kamu menggunakan kuas yang tebal untuk mengecat, karena cat yang tebal menempel di dinding menyebabkan lama mengering

Baca Juga : Cara Ampuh Membuat Cat Dinding Tahan Lama

atau ketika kamu mengecat ulang padahal lapisan pertama belum mengering dengan sempurna, yang terjadi adalah cat akan menggumpal dan permukaan dinding tidak akan rata.

3. Suhu Udara dan Kelembapan


Suhu udara yang lrmbab atau hangat juga dapat mempengaruhi berapa lama cat mengering, ketika kamu mengecat furniture didalam ruangan, cobalah untuk menyalakan ac atau kipas angin untuk mendinginkan ruangan, tetapi hati hati dengan debu yang terbang

4. Saluran Udara Buruk


Ketika kamu mengecat ditempat yang terisolasi alias minim sirkulasi udara, kecepatah cat untuk mengering juga semakin lama. Jadi cobalah mengecat ditempat yang masih ada angin berhembus agar cepar kering



Perlu kalian ketahui untuk cat benar benar mengering mrmang membutuhkan waktu yang lama, jika kalian menunggu kapan cat benar benar kering dan siap dipakai, hawabannya untuk cat minyak sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari agar barang siap dipakai.

Sedangkan untuk cat latek membutuhkan waktu sekitar 30 hari agar cat benae benar kering dan siap pakai, jadi jangan menempatkan benda berar diatas benda yang baru dicat agar cat tidak rusak dan luntur juga menjadikan permukaan cat tidak rata

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai pertanyaan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar cat benar benar kering?, jadi sudah terjawab kan? Semoga jawaban tersebut dapat membuat kalian puas!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel