6 Penyebab Aplikasi Tidak Muncul di Playstore/Appstore

Ketika anda sedang mencari suatu aplikasi seperti pokemon go, pubg atau bahkan game terkenal lainnya di playstore atau App store dan ternyata game tersebut tidak ada pasti anda bingung kan?



Kok game tidak ditemukan di playstore?
Kenapa Game tidak ada di playstore?
Kenapa Aplikasi tidak ditemukan di playstore?

Maka pertanyaan pertanyaan seperti diatas akan bermunculan, padahal teman saya main game ini tapi gamenya gak ada pas saya cari di playstore.

Lalu sebenarnya apasih?

 Penyebab Game atau Aplikasi Tidak Ditemukan di Playstore?



1. Aplikasi tidak Kompatibel dengan perangkat anda


Gambar game yang tidak muncul di playstore karena tidak kompatibel denhan HP
Contoh Game Yang Tidak Muncul Karena tidak Cocok dengan HP saya Karena Tidak Support Vulkan

Penyebab pertama aplikasi atau game tidak dapat kalian temukan di playstore adalah karena perangkat atau HP anda tidak cocok ataupun tidak memenuhi syarat menggunakan aplikasi dan game tersebut.

Contohnya ketika saya menggunakan HP asus zenfone C saya tidak bisa menemukan aplikasi pokemon Go karena tidak kompatibel dengan HP saya. Pokemon Go memerlukan sensor Gyro dan prosesor selain intel untuk memainkannya.

Baca Juga : Aplikasi Terkecil diDunia

Atau ketika saya ingin memainkan game Ark Survival di HP Vivo V5s game tidak dapat ditemukan padahal spek sudah cukup lumayan Ram 4GB da Rom 64GB.tapi game tersebut tetap tidak dapat ditemukan di playstore karena HP saya tida memiliki sistem Vulcan.

Lalu bagaimana cara mendownload aplikasi yang tidak ada di playstore?

Kalian bisa memintanya ke teman kalian atau mendownloadnya secara manual di Google Chrome. Walaupun mungkin aplikasi tersebut akan crash saat dijalankan seperti force close atau layar yang blank hitam.

Untuk memastikan apakah aplikasi yang kalian cari kompatibel atau tidak, kalian bisa melihat minimum spesifikasi yang dibutuhkan aplikasi tersebut agar bisa jalan di google. Lalu kalian bandingkan dengan spek dari HP anda.


2. Aplikasi Tidak Tersedia di Lokasi Anda

Untuk masalah yang kedua ini biasanya terjadi karena game ayau aplikasi belum diluncurkan di server Asia atau hanya baru dilancarkan di beberapa negara tertentu.

Contohnya ketika game Pokemon Go diluncurkan, game tersebut hanya bisa dimainkan di wilayah jepang saja dan masih open Beta.

Baca Juga : 30 Game Terbaik di Android

Nah kemungkinan jika aplikasi yang kalian cari tidak ditemukan padahal spek HP kalian cukup berarti bisa saja Aplikasi tersebut belum tersedia di Indonesia.

3. Aplikasi Belum di Luncurkan

Gambar game yang tidak ada di playstore karena belum diluncurkan oleh pihak developer
Nah, ini contoh game yang belum diluncurkan, biasanya kalau dicari di playstore tidak akan muncul

Ketiga penyebab aplikasi tidak dapat ditemukan di playstore atau appstore adalah karena belum dirilis atau diluncurkan. Biasanya aplikasi seperti ini akan membuat pengumuman jadwal release dan memberikan sistem pra registrasi.

Baca Juga : 20 Earphone Terbaik Yang harus kamu Cobain!

Sistem pra registrasi ini berfungsi untuk memberikan info bagi orang yang mendaftar kalau aplikasi sudah benar benar diluncurkan. Biasanya orang yang mendaftaf akan diberikan bonus seperti diamond sast bermain game itu.


4. Aplikasi sudah di Blacklist

Aplikasi yang dibanned atau diblacklist biasanya aplikasi yang melanggar kebijakan pihak google playstore, contohnya aplikasi p*r*o dan aplikasi lain yang merugikan pihak lain seperti hack dan crack

Baca Juga : Cara Mudah Download Video Youtube

Nah jika aplikasi yang kalian cari ini termasuk kedalam aplikasi yang melanggar pihak lain, jangan harap bisa menemukannya di playstore.

 5. Aplikasi di Hapus

Gambar game yang tidak ada dan tidak muncul karena sudah di hapus dari playstore
Kalau tidak salah, game ninja heroes dulu pernah ada di playstore tapi sekarang sudah tidak ada. Tapi kalau mau download di google masih ada

Kemungkinan aplikasi yang kalian cari tidaj ada, bisa saja karena sang developer ini menghapus aplikasinya di playstore, untuk mengetahui hal tersebut kalian bisa mengecek di situs resmi mereka.

Jika tidak di hapus kemungkinan aplikasi tidak ada karena masalah terakhir yaitu

6. Aplikasi Memang Tidak Ada

 Terakhir, kemungkinan yang menyebabkan aplikasi atau game yang kalian cari tida ada di playstore adalah karena aplikasi tersebut memang tidak pernah ada.

Hah?

Kemungkinan ini bisa terjadi apabila aplikasi hanya diluncurkan pada OS iphone sehingga hanya cocok untuk iphone dan tidak bisa untuk android jadi aplikasi hanya ada di Appstore.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel