Apakah Headset Bluetooth Bisa untuk Laptop? Ini Jawabannya!

Apakah headset bluetooth bisa digunakan di laptop? - kali ini saya akan membahas mengenai headset bluetooth untuk digunakan di laptop maupun PC,perlu kalian ketahui bluetooth sekarang ini sudah banyak mengalami perubahan. Terutama pada versi bluetoothnya.

Baca juga : Headset Bluetooth Bisa meledak?

Semakin tinggi versi bluetooth yang digunakan, maka akan semakin canggih pula teknologinya. Mulai dari kecepatan transfer data sampai dengan jangakauan sinyal yang dapat di tangkap.

Apakah headset bluetooth bisa digunakan untuk laptop dan pc?


Saat ini ketika saya menulis artikel ini versi bluetooth sudah sampai versi 5.0 yang kecepatan dan teknologinya jauh lebih canggih ketimbang versi  4.1.

Jadi apakah laptop atau PC bisa disambungkan dengan headset bluetooth?

Jawabannya BISA!

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa terhubung dan digunakan.

Apa syaratnya?

Jadi jika versi bluetooth kalian suda tinggi misal 5.0 itu tidak ada masalah karena akan tersambung dengan versi bluetooth yang lebih rendah ( biasanya )

Baca juga : Apakah Headset Bluetooth berbahaya?

Namun akan jadi masalah jika headset bluetooth kalian memiliki versi yang lebih tinggi tapi versi bluetooth PC atau laptop kalian masih rendah alias jadul.

Ex: headset bluetooth kalian memiliki versi 4.1 sedangkan laptop kalian versi bluetoothnya 3.0 maka besar kemungkinan tidak akan tersambung.

Jadi,

bagaimana cara mengubungkan headset bluetooth ke laptop / PC?


Disini saya akan memberikan contoh menggunakan windows 7, tapi bisa diterapkan di versi windows lain seperti windows 10 atau 8.


1. Buka Bluetooth Devices

Cara menghubungkan headset bluetooth ke laptopan pc

Pertama kalian klik ikon start lalu ketik bluetooth devices dan klik ikon tersebut.

Baca juga : Perbedaan Headset, headphone, earphone, handsfree dan handset

2. Nyalakan Headset Bluetooth


Pastikan untuk menyalakan perangkat bluetooth terlebih dahulu sebelum menuju langkah selanjutnya.

Baca Juga : 20 Headset dan Earphone Terbaik!

3. Add devices

Cara menghubungkan headset bluetooth ke laptopan pc

Lalu kalian klik ikon add device di pojok kiri atas, dan pilih add audio/video device.

Jika sudah mengklik ikon tersebut maka secara otomatis komputer akan melakukan pemindaian perangkat yang tersedia. Biasanya memerlukan waktu sebentar saja.

Baca : manfaat gunakan headset bluetooth

4. Pilih perangkat Bluetooth kalian

Cara menghubungkan headset bluetooth ke laptopan pc

Jika sudab selesai melakukan pemindaian biasanya muncul beberapa perangkat, kalian pilih perangkat beadset bluetooth kalian yang ingin disambungkan lalu klik Next



Biasanya pada tahap ini komputer akan menginstall driver baru tersebut dan akan memakan waktu beberapa menit. Tunggu proses tersebut sampai proses penginstalan selesai.


5. Playback Device

Cara menghubungkan headset bluetooth ke laptopan pc

Kemudian klik ikon speaker di pojok kanan bawah yang terletak didalam task bar


6.  Bluetooth Audio Renderer ( Ready )

Cara menghubungkan headset bluetooth ke laptopan pc

Namanya tidak selalu bluetooth audio rendere ( ready ), namun biasanya itu. Kalian pilih saja lalu klik set as default

7. Cek


Nah, jika sudah terakhir kalian tinggal melakukan check dengan mengklik kiri speaker apakah sudah terhubung atau belum. Jika sudah biasanya akan muncul ikon baru.


Headset Bluetooth saya sudah aktif tapi kok gak terdeteksi?


Untuk kalian yang headsetnya tidak terdeteksi berarti ada kerusakan pada bluetooth kalian entah itu di PC atau di Headsetnya.

Namun jika tidak terjadi kerusakan apapun berarti versi bluetooth kalian yang tidak cocok dan kompatibel sehingga tidak terdeteksi.


Solusinya bagaimana?

Solusinya ada dua, kalia mengganti perangkat bluetooth di laptp atau pc kalian, jika bisa tinggal upgrade saja drivernya

Kedua kalian ganti headset bluetooth kalian dengan headset yang versu bluetoothnya setara atau lebih rendah dari versi PC atau laptop kalian.


Oh iya jika kalian sudah tidak menggunakan headset bluetooh dan suara speaker dari PC dan Laptop kalian tetap tidak keluar. Kalian bisa mengganti pengaturan audionya di Playback device seperti langkah ke 5.


Bagaimana? Pertanyaan kalian sudah terjawab kan? Jika masih ada hal yang belum kalian paham, bisa ditanyakan lewat kolom komentar di bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel