Cara Memperbaiki Headset HP yang Tidak Bersuara

Halo sobat taugakini, kali ini saya akan memberikan tips untuk kalian yang senang berhemat dan tidak ingin mengeluarkan uang banyak untuk membeli headset atau handsfree baru. Yaitu Cara Memperbaiki Headset yang rusak sebelah ataupun dua duanya.
Gambar Handsfree HP rusak

Dengan menggunakan cara ini kalian hanya perlu mengeluarkan beberapa ribu rupiah saja jika memang sudah memiliki alatnya.

Apa saja alatnya?

Cara memperbaiki handsfree rusak mati sebelah dengan mudah
Sumber : leskompi


  • Pisau / Gunting
  • Solderan ( Oposional kalau dibutuhkan )
  • Korek Gas
  • Lakban Hitam dan Bening
  • Headset Rusak



Jadi bagaimana cara memperbaiki headsetnya?

Santai, pertama kalian harus tahu dulu kenapa headsetnya bisa rusak baik hanya sebelah ataupun keduanya.

Biasanya penyebab headset rusak dan mati ini ada 2 yaitu, karena kabel yang menyambung ke konektor putus. Hal ini biasanya bisa terjadi karena kabel yang tertekuk atau kepala headser yang terbentur benda keras sehingga kabel terlepas dari konektor. Alhasil suaranya tidak akan keluar.

Kedua, biasanya karena kualitas kabel yang buruk sehingga mudah putus, biasanya karena tertekuk atau terlilit kabel menjadi putus.

Kabel yang putus ini biasanya sering terjadi pada headset murah yang berharga kisaran 20rb sampai 30rb. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau headset original juga rusak karena putus kabelnya

Jadi Gimana Caranya?

Pertama saya akan memberikan tips :

 cara memperbaiki headset yang kabelnya putus.


1. Kabel Putus

Pertama kalian coba hubungkan headsetnya dengan HP kalian lalu setel musik apa saja yang kalian mau.
Kemudian coba tekuk kabel dari mulai awal kabel sampai ujung kabel, ceklah oleh kalian dengan seksama dibagian kabel mana yang ketika kalian tekuk headset mengeluarkan suara.

Jika sudah tahu letak bagian kabel yang putus, saatnya menguliti kabel. Kalian bisa membuka kulit kabel dibagian tersebut atau langsung memotongnya terserah.

Cara memperbaiki Headset yang Rusak
Ini contoh kabek yg sudah dibuka, jika yang kalian hanya ada 2 kabel tipis gapapa


Biasanya kabel headset HP atau Handsfree ini ada dua kabel didalamnya yaitu warna merah dan hitam. Untuk membuka lapisan tersebut gunakan korek agar mudah setelah dipotong dengan gunting ataupun pisau.

Lalu coba sambungkan tembaga tersebut yang ada didalam kabel dengan sambungan yang lain, contohnya kabel merah dengan merah dan hitam dengan hitam, kalian bisa melilitkannya agar kuat atau dengan menggunakan solder.

Pastikan tidak ada tembaga dari kabel merah yang bersentuhan dengan tembaga dari kabel hitam. Lalu tutup dengan lakban, boleh gunakan lakban bening atau hitam.

Tes apakah suara headset sudah menyala atau belum, jika belum buka lagi sambungannya dan cek apa benar benar tersambung dengan baik atau tidak.

Gan pas saya tekuk suaranya gak muncul?

Berarti masalah headsetnya bukan karena kabel yang putus tapi karena kabel yang lepas dari konektornya.


2. Kabel Ke Konektor Lepas

Nah untuk membetulkan headset yang kabelnya lepas ke konektor ada 2 cara yang mudah dan yang sulit. Pertama saya akan jelaskan cara mudahnya terlebih dahulu.


CARA PERTAMA ( mudah )

Kalian siapkan konektor headset yang masih bagus, kalian bisa menggunakan headset rusak yang lain. Lalu potong kabelnya, beri jarak cukup panjang untuk disambungkan dengan kabel headset yang konektornya putus.

Hah?

Gak paham?

Jadi disini kalian menggunakan 2 buah headset rusak, dengan cara menumbalkan headset rusak yang konektornya masih bagus untuk ditambal ke headset yang kabelnya lepas.

Untuk menyambungkannya sama seperti tadi, kalian hanya perlu menguliti kabel dan menyatukan tembaganya dan menutupnya kembali dengan lakban.


CARA KEDUA ( SULIT )

Cara yang kedua kalian membuka tutup kepala kabelnya, bisa menggunakan kater, pisau, silet ataupun gunting kuku untuk melepasnya.

Kemudian cek oleh kalian dibagian mana kabelnya lepas, jika sudah ketemu kalian tempelkan dan solder kembali.

Terakhir kalian tinggal menutupnya kembali dengan tutup  kepala headsetnya, apabila susah menempel, bisa diberi lem power blue.

Gan pas udah dibuka gak ada yang lepas? Tapi kabelnya juga gak putus? Gimana dong?

Berarti masalah headset kalian ini bukan karena kabel yang lepas atau putus melainkan karena hardwarenya mrmang suda rusak, mungkin karena terbentur atau terkena air

Perlu kalian ketahui kalau Headset , Headphone , Earphone, handsfree dan handset itu berbeda. Jadi jangan salah sebut lagi ya. Dan yang kalian pakai itu handsfree

Kenapa saya dari tadi menggunakan kata headset? Karena orang indonesia akrab dengan sebutsn itu, sama halnya air mineral disebut aqua

Gimana mudah sekali bukan?, apabila penjelasannya kurang jelas, kalian bisa menanyakannya lewat kolom komentar yang ada dibawah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel