5 Cara Memperbaiki iPhone Layar Putih Hang dan Blank

Kali ini kita akan membahas mengenai iPhone yang mengalami hang blank dan white screen atau layar yang berubah putih dan mati. Ada banyak sekali penyebab dan faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Tidak seperti kasus bluetooth atau wifi yang error, kasus layar putih atau yang biasa disebut juga white screen of death ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti, kegagalan saat sedang melakukan update software.

Bisa juga terjadi dikarenakan baterai yang mulai melemah karena berada di bawah 30%, atau karena kerusakan hardware dan benturan dengan benda keras. Banyak sekali penyebabnya.



Karena itulah ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah iPhone yang mengalami blank hang dan layar putih pada iPhonennya.

Biasanya ketika iPhone mengalami white screen ini. Hanya dengan me restart, suda bisa menyelesaikan masalahnnya. Tapi jika tetap tidak berhasil maka kamu harus mencoba cara berikut :



1. Trik 3 Jari

Sebelum menggunakan cara yang rumit dan sulit. Kamu bisa mencoba trik berikut ini. Ketika iPhone milikmu mengalami blank white screen cobalah untuk menekan layarnya dengan 3 jari dalam waktu yang bersamaan.

Mungkin ini terdengar sepele dan mustahil, tapi cobalah beberapa kali karena banyak orang yang sudah mencobanya dan ada beberapa yang berhasil!

2. Hard Reset

Ketika kamu mengalami kasus "white screen of death", pilihanmu untuk mengatasi dan memperbaikinya sangat terbatas karena kamu tidak bisa mengakses prngaturan iPhone.



Bagaimanapun juga cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan force restart. Ini bisa saja sangat efektif untuk mengatasi masalahmu, seperti kasus red screen pada iPhone.

Jangan khawatir karena data - data di hanphone milikmu tidak akan hilang atau terhapus.

Bagaimana cara melakukan Force Restart? :

Tekan dan tahan tombol power dan tombol home secara bersamaan, tahan selama 15 detik sampai muncul logo apple. Jika sudah muncul maka lepaskan jari kalian dari tombolnya


3. Hard Reset dengan 3 Tombol Bersamaan

Ada beberapa pengguna iPhone yang tidak bisa melakukan hard reset hanya dengan kombinasi tombol home dan power.

Maka solusinya adalah sebagai berikut :
Tekan dan tahan tombol power, tombol home dan tombol volume up dalam waktu yang bersamaan. Terus tahan sampai logo apple muncul atau keluar.

4. Matikan kecerahan otomatis

Jika kalian sudah berhasil menyingkirkan layar putih atau white screen dengan cara diatas. Cobalah untuk mematikan kecerahan otomatis.banyak yang mengatakan ketika mereka mematikan fitur ini. Mereka tidak pernah lagi mengalami kasus white screen



4. Lepaskan Baterai

Ketiks layar putih muncul atau white screen. cobalah lepaskan baterai iPhone milikmu. Kemudian masukan kembali, setelah itu nyalakan lagi.

Sebelum melepaskan baterai pada iPhone milikmu, kamu harus melepaskan beberapa baut yang menempel untuk membuka casingnya.

Jika kamu ragu melakukannya, maka lewati saja cara yang satu ini. Atau kamu bisa meminta temanmu yang sudha mahir melakukan hal ini.


5. Masuk ke mode DFU dan Restore iPhone

Jika dari semua solusi diatas tidak ada yang berhasil mengatasi masalahmu. Maka piluhan terakhir adalah dengan mencoba masuk kedalam mode DFU dan merestore iPhone untuk mrlakukan factory reset / settings.

Jika kamu tidak ingin kehilangan data file dan medianyang ada di memori iPhonemu. Maka langkahi cara yang satu ini dan segera pergi ke toko Apple terdekat atau menghubungi kontak Apple.

Jika kamu tetap ingin melakukan factory reset, harap ketahui. Kamu harus punya software atau aplikadi iTunes dengan versi terbaru sudah terinstall di komputermu.



Ikuti cara berikut ini:


  • Hubungkan iPhone ke komputer
  • Tekan dan tahan tomvol power kira - kira 3 detik
  • Sekarang tekan dan tahan tombol home dan powe secara bersamaan sekitar 10 detik.
  • Lepaskan tombol powernya tapi tetap tahan dan tekan tombol home sampai kira - kira 15 detik.
  • Ketika dilayar iPhone milikmu berubah hitam. Itu artinya kamu sudah masuk kode DFU
  • Pilih Restore
  • Ketika proses restore sudah selesai, settingan iPhonemu akan seperti iPhone yang baru.




Solusi terakhir ini bisa digunakan untuk  iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7 and iPhone 7 Plus.



Sebelum melakukan cara terakhir, ini cobalah untuk menggunakan beberapa cara sebelumnya. Karena cara terakhir akan menghapus semua data yang ada di iPhone milikmu.

Semoga artikel ini bisa membantu, dan apabila ada yang ingin kalian tanyakan. Kalian bisa menanyakannya di kolom komentar di bawah! See you di artikel taugakini selanjutnya



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel