7 Cara Mengatasi Samsung Galaxy S10 Overheating Mudah

 Ada banyak penyebab yang bisa membuat handphonemu menjadi panas - bermain game untuk waktu yang lama, menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan, atau kenonton video secara online / streaming.

Terkadang, kesalahan atau error aplikasi bisa menjadi salah satu penyebabnya. Disini kami akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki Samsung Galaxy S10 overheating atau cepat panas.


Baca Juga : atasi samsung galaxy s9 overheating


Bagaimana Cara Memperbaiki Samsung Galaxy S10 Cepat Panas Atau Overheating issues?



1. Buka Casing HP

Ketika kamu menemukan Samsung Galaxy S10 milikmu tiba - tiba menjadi panas bahkan untuk disentuh. Cobalah buka casing hp, terkadang hp milikmu tidak mengrluarkan suhu panas dan malah menyimpannya didalam.


2. Tutup Semua Aplikasi Yang Berjalan

Setelah kamu selesai menggunakan aplikasi pada smartphonemu. Aplikasi tersebut akan tetap berjalan di background atau latar belakang dan terud mengupdate contentnya.

Ini akan berimbas pada RAM dan menjadi salah satu penyrbab overheat. Tekan recent Apps Key di bagian paling kiri bawah hpmu, lalu tekan tombol Close All.


3. Matikan Fitur dan Service Tak Terpakai

Blutetooth, GPS, dan WiFi akan berpengaruh terhadap overheat issues di galaxy S10 milikmi. Sama saja seperti aplikasi yang berjalan di latar belakang. Semua fitur yang kamu biarkan hkduo akan terus mengupdate konten, hanya matikan fitur dan services ini ketika kamu memang tidak memerlukannya.


4. Soft Reset

Reset ringan atau reboot hp bisa memberikan awalan yang segar. Cara ini akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan dan memberikan ruang yang kosong untuk ram. Jadi, melakukan soft reset bisa menjadi solusi yang berpotensi untuk mengatasi overheat pada samsung galaxy s10 milikmu.

Tekan dan tahan power button untuk mematikan daya handphone. Tunggu sampai temperature dari handphonemu turun dan kembali dingin. Baru kamu nyalakan kembali.

5. Boot Di Mode Aman

Kesalahan aplikasi bisa menjadi faktor utama, terjadinya pemanasan mesin di hp Samsung Galaxy S10 karena bisa membuat pekerjaan processor bekerja terlalu berat.

Untuk mencari aplikasi penyebab overheat ini, kamu bida me reboot hp milikmu ke mode aman, periksa jika samsung galaxy s10 milikmu tetap mengalami overheat di mode aman.

Maka uninstall aplikasi yang menjadi penyebab hp anda cepat panas. Biasanya aplikasi yang didownload dari google dan bukan dari playstore.

Bagaimana caranya?


  • Tekan tombol power sampai muncul pesan di layar hp
  • Tekan dan tahan ikon power off sampai muncul pesan Safe Mode di layar
  • Tekan tombol safe mode dan biarkan prosesnya berjalan
  • Ketika prosesnya sudah selesai, kamu akan menemukan tulisan safe mode di bagian bawah kiri Galaxy S10mu
  • Jalankan handphonenya untuk bebetaoa menit
  • Lalu periksa info history



Kebanyakan penyebab hp samsung galaxy s10 mengalami overheating atau panas berlebih pada mesin disebabkan oleh kesalahan atau error pada aplikasi. Seperti aplikasi yang mengalami kerusakan, malware atau bahkan virus dan sejenisnya. Kamu bisa memeriksa history aplikasi di galaxy s10.

Dengan cara membuka pengaturan, temukan device care lalu klik. Tekan titik tida di bagian atas kanan layar hapemu kemudian pilih issue history dibagian bawah.

6. Update Software (pembaruan sistem)

Beberapa bugh bisa menjadi penyebab overheating issue di hapemu. Software update bisa menjadi salah saru fitur yang dapat memperbaiki bugs ini, jika tersapat versi software yang baru.

Cobalah download dan install, kamu bisa memeriksa  ketersediaan software uodate di galaxy s10 dengan membuka pengaturan. Scroll lebawah sampai kamu menemukan bagian pembaruan sistem (software update) kemudian klik ikon tersebut. Selanjutnya tekan download dan install

7. Reset Ke Setelan Pabrik (Factory Data Reset)

Cobalah untuk melakukan reset ke setelan pabrik jika semua cara diatas tidak bisa mengatasi masalahmu. Sebelum kamu melakukan reset cobalah untuk membackup semua data penting yang ada di hp seperti foto, musik, media video dan berkas penting lainnya.

Karena dengan melakukan reset pabrik ini akan menghapus semua data yang ada di hp sampai ke virus dan bugs.


  • Pergilah ke pengaturan, lalu pilih Pengaturan Umum (general management)
  • Scroll kebawah sampai kamu menemukan ikon reset
  • Kamu mungkin akan dimintai password hp untuk memastikan kepemilikan hp
  • Lalu tekan Delete All




Itulah ke 7 cara untuk mengatasi Samsung Galaxy S10 yang mengalami Overheating dengan mudah dan simpel1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel