Cara Mengatasi Error “Unfortunately, Settings has stopped working” Di Android


Banyak sekali pengguna android yang mengeluh karena mengalami masalah dengan handset ketika mereka mencoba untuk membuka pengaturan option. Karena muncul pesan "Unfortunately, settings has stopped working".

Itu adalah error paling banyak dan sering ditemui oleh para pengguna android, terutama saat Os KitKat baru rilis. Bagaimanapun juga error Unfortunately, settings has stopped working ini tidak selalu karena kesalahan software. Kamu bida mencoba menggunakan beberapa solusi yang akan kami berikan dibawah untuk mengatasi masalah ini.




Baca Juga: cara atasi iphone blue screen

Cara Mengatasi Error “Unfortunately, Settings has stopped working” Di Android



 1. Restart Smartphone

Unfortunately, settings has stopped working adalah masalah kecil yang bisa kamu atasi hanya dengan merestart handphonemu. Tekan dan tahan tombol power, lalu pilih opsi restart / boot

2. Clear Cache di Handphone

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus cache yang menumpuk di Android Device kalian. Cara ini alan menghapus semua cache yang ada di device kalian.

Pergi ke pengaturan > penyimpanan > tekan clear cache / clean cache

3. Hapus cache partition

Jika android kalian tidak bisa melakukan cara kedua dan belum menghapus cache, kalian bisa menggunakan cara ini untuk menghapusnys. Masukalah kedalam mode recovery kemudian select opsi " wipe cache patition".

Bagaimana cara mengakses mode recovery?


  • Pertama matikan dulu hp kaljan
  • Lalu tekan tombol kombinasi, tombol kombinasi bisa berbeda tergantung jenis handphonrnya, contoh samsung : tombol home, power dan volume ditekan bersamaan LG: Power and Volume Down buttons; Nexus: Volume Up, Volume Down, Power button; HTC: Volume Down and Power button;)




  • Tekan tombol kombinasi diwaktu yang bersamaan, setelah itu kamu akan menemukan ikon recovery di layar hpmu.  Ketika ikon recovery muncul, gunakan tombol volume untuk mengarahkan ke opsi wipe cache partition. Pilih opsi tersebut dengan tombol power.
  • Ketika sudah selesai,  tekan opsi reboot


4. Uninstall dan Reinstall Google Plays Store Update

Cara ini mungkin sudah tua dan klasik, tapi mungkin bisa berhasil mengatasi masalah Unfortunately, settings has stopped working.

Yang harus kalian lakukan adalah pergi ke pengaturan, aplikasi, semua, lalu cari google play store dan hapus cache.

Jika sudah pilih opsi uninstall updates. Jika sudah selesai, lalu reboot tau restart hp kalian. Setelah itu buka aplikasi google playstore, tekan garis tiga diatas lalu tekan settings, scroll kebawah dan pilih build version.

Kamu akan menemukan pesan " A new Version Of Google Play store will Be Downloaded and Installed" tekan OK


5. Boot dveice ke mode aman

Banyak sekali penyebab error Unfortunately, settings has stopped working, dan salah satunya adalah karena pengaruh aplikasi ketiga.

Kamu bisa mencoba boot device kalian ke mode aman, ketika kamu melakukan hal tersebut, kamu akan bida menggunakan android kalian tanpa ada aplikasi ketiga.

Karena semuanya akan di disabled, jika error sudah tidak muncul lagi. Berarti benar penyebabnya adalah karena pengaruh aplikasi ketiga. Maka yang harus kalian lakukan adalah menghapus aplikasinya.

Bagaimana masuk ke mode aman?



  • Tekan dan tahan tombol power
  • Ketika pilihan menu muncul, tahan tombol power offnya
  • Kamu akan ditanya apakah kamu ingin me reboot device ke mode aman?
  • Tap OK.


Kamu akan menemukan semacam watermark dibagian bawah kiri yang berbunyi safe mode.
Jika kamu tetap menemukan pesan error Unfortunately, settings has stopped working, berarti masalahnya bukan karena aplikasi ketiga.

Tapi jika pesan tidak muncul, berarti penyebannya memang aplikasi ketiga. Cara menghapusnya gimana? Dimulai dari menghapus aplikadi yang paling baru kalian install.


Baca Juga : cara Mengatasi Iphone Blank


6. Factory Reset ( Reset Ke Setelan Pabrik )

Melakukan reset factory akan menghapus semua data di smartphonemu. Jadi sebelum mulai melakukannya, pastikan untuk membackup semua data penting yang ada di handphone kalian.

Ada beberapa cara untuk mrmbackup data kalian

Cara pertama adalah dengan menggunakan google account, masuk ke pengaturan > Umum > backup dan reset, itu akan menunjukan 2 opsi yang bertuliskan backup my data dan otomatis restore.

Atau kalian juga bisa menggunakan akun hp kalian seperti samsung account. Tapi lebih baik kalian backup manual ke komputer atau laptop kalian.

Jika sudah membackup, bagaimana caranya melakukan factory reset?

Pergi ke pengaturan
Klik backup dan reset.
Selanjutnya tekan factory data reset
Tekan reset phone/ tablet

Jika error masih tetap muncul dan kamu tidak bisa melakukan factory data reset, ikuti langkah berikut :

6. Turn off Device

Selanjutnya tekan tombol home, power dan volume up secara bersamaan untuk beberapa detik sampai muncul logo androud di layar hp kalian.

Jika kamu tidak menggunakan samsung, sebaiknya cari tahu dulu kombinasi tombol yang benar.

Lepas tombolnya jika sudah muncul logo android. Gunakan tombol volume down untuk memilih opsi dan tekan tombol power untuk melakukan klik dan confirm.


  • Pilih opsi factory reset option dan confirm dengan tombol power.
  • Selanjutnya pilih " delete all user data" dan konfirm lagi.
  • Tunggu untuk beberala detik sampai melihat "reboot sistem now" jika sudah ada tekan lagi. 
  • Hape kalian akan direstart secara otomatis dan tunggu sampai prosesnya selesai.


Baca Juga : mengatasi red screen iphone


 Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah error yang muncul ketika membuka pengaturan atau aplikasi Unfortunately, settings has stopped working


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel