Cara Mengatasi Masalah Kartu SD Yang Error dan Corrup/Korup

Catatan: tujuan dari artikel ini adalah untuk mengungkap fakta kartu SD yang mengalami masalah corrupt dan semua kemungkinan cara untuk memperbaikinya, bacalah dengan seksama cara memperbaiki kartu SD yang corrupt / korup

Sekarang ini kita sudah berada di era teknologi yang kian hari semakin canggih, penyimpanan media juga ikut berkembang semakin besar namun ukurannya semakin portabel.

Cara Mengatasi Masalah Kartu SD Yang Error dan Corrup/Korup


Terutama dalam hal penyimpanan data pribadi, di mana biasanya orang mengandalkan kapasitas penyimpanan data portabel seperti kartu SD dan kartu memori.

Dorongan dalam digitalisasi telah mengubah kartu SD menjadi media penyimpanan yang paling nyaman dan murah.

Ini memberikan penyimpanan volatile serta kemampuan enkripsi untuk konten yang dilindungi juga. Kartu SD versi terbaru lebih cepat dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi.

Mereka secara universal digunakan dalam camcorder, pemutar musik, smartphone android, tablet, kamera digital, dan perangkat portabel lainnya.

Namun, kartu SD rentan terhadap korupsi error corrupt, pemformatan atau kerusakan yang tidak disengaja, yang menyebabkan hilangnya semua foto, video, dan file audio yang tersimpan di Windows dan Mac.

Biasanya, situasi ini dimulai dengan pesan kesalahan (pesan error). Jika tidak ditangani dengan cepat, ini akan menyebabkan semua data hilang dan kesempatan memperbaiki kartu SD menjadi lebih sulit.

Selain itu, kartu memori memiliki masa pakai yang terbatas, jadi setelah digunakan untuk waktu yang lama kartu memori akan rusak atau kualitasnya menurun.

Berikut ini adalah gejala - gejala kartu SD Anda rusak 


Kartu SD Anda dianggap rusak jika Anda menemukan tanda-tanda di bawah ini di sistem PC dan Android anda :


error dan layar hitam muncul

 bersamaan dengan munculnya pesan kesalahan 'kartu SD tidak dapat diakses. File atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca. ('the SD card is not accessible. The File or directory is corrupted and unreadable. ')

foto di kartu SD Anda hilang

Kebanyakan file di kartu SD Anda hilang secara tiba - tiba

Muncul tulisan no folder

 Ketika Anda mencoba membaca kartu SD melalui komputer atau android, folder tidak muncul, atau folder tidak dapat terbuka dan menampilkan pesan kesalahan - 'Baca / Tulis kesalahan pada kartu SD' yang menunjukkan tidak dapat membaca kartu di perangkat tersebut.

memory-card-error

Anda mendapatkan pesan kesalahan yang muncul 'kesalahan kartu memori' atau 'kartu memori rusak' ketika mencoba mengakses foto atau video berharga Anda yang tersimpan di kartu.

terproteksi

Anda dapat melihat isi file kartu SD Anda di kamera Anda juga di android/pc Anda, tetapi Anda tidak dapat menyalin file atau memindahkannya. dan mendapatkan pesan kesalahan bahwa disk tersebut ‘dilindungi penulisan. '

Kartu SD Anda dikenali oleh PC Anda,

tetapi Anda tidak dapat melihat foto atau video yang tersimpan. Menampilkan pesan error 'kartu SD tidak diformat. Apakah Anda ingin memformatnya sekarang? '

Kartu SD tidak dapat diakses

dan Anda tidak dapat menambah, menghapus, menyalin atau menyimpan apa pun di kartu SD Anda.

Itulah beberapa gejala kartu SD yang mulai rusak.



Tidak ada jaminan bahwa Anda dapat memulihkan data Anda kembali. Dalam kasus kerusakan fisik, Anda mungkin tidak dapat memperbaikinya, tetapi jika kesalahan software mungkin dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana.


Tentukan jenis kartu SD Anda; maka mungkin diperlukan perangkat SDHC untuk membacanya. Terkadang, beberapa perangkat seperti cardreader dan kamera mungkin perlu mengunduh perangkat lunak untuk membaca kartu SDHC.

Oleh karena itu, buka situs web produsen perangkat kartu anda dan cari tahu syarat untuk membaca kartunya.

7 cara memperbaiki Kartu SD dan memulihkan Foto yang Rusak (foto crash dan hilang)


Gunakan cara dibawah ini untuk memperbaiki kartu SD anda dan cari mana yang berhasil, karena beberapa orang berhasil memperbaiki kartunya dengan salah satu cara dibawah.

1). Hubungkan kartu SD ke perangkat lain

Kadang-kadang, perangkat mungkin tidak membaca kartu SD karena ketidak cocokan atau masalah terkait drivernya.

 Dalam kasus tersebut, coba sambungkan kartu SD Anda ke perangkat lain di komputer, Android atau laptop.

2). Coba perintah chkdsk untuk memeriksa kesalahan kartu memori


  • Ketik "chkdsk" diikuti dengan huruf drive, titik dua dan / f pada prompt perintah:
  • Masukkan kartu SD yang korup ke card reader dan sambungkan ke komputer/laptop Anda.
  • Klik opsi "Start" di taskbar Windows Anda dan kemudian pilih opsi "Computer".
  • Cari kartu SD Anda di bawah "Perangkat dengan Penyimpanan yang Dapat Dilepas" dan catat huruf drive yang ditetapkan.
  • Selanjutnya, klik opsi "Start" lagi dan ketik "cmd" di kotak "search".
  • Klik kanan "cmd" dan kemudian pilih opsi "Run as administrator".
  • Jendela perintah akan terbuka, dan Anda dapat memperbaiki kartu memori Anda yang rusak dari sini.
  • Selanjutnya, ketik "chkdsk" diikuti dengan huruf drive yang sesuai dengan kartu SD anda, lalu dengan titik dua dan / f.
  • Setelah Anda menekan "enter", Chkdsk akan memeriksa kemungkinan kesalahan dan mencoba untuk memperbaiki kartu SD yang rusak.
  •  Ikuti petunjuk pesan selanjutnya.
  • Terakhir, periksa huruf drive yang ditugaskan ke kartu SD Anda untuk memverifikasi apakah file tersebut sudah dipulihkan atau belum.


3). Tetapkan huruf drive baru ke kartu SD yang tidak dapat dibaca

Sambungkan kartu SD Anda ke card reader ke komputer,
Jika komputer Anda tidak mendeteksi ada perangkat baru yang tersambung.
 maka itu artinya komputer tidak membacanya atau kartu tidak dapat dibaca.

 Dalam beberapa kasus, komputer akan membacanya dan mungkin diberikan huruf drive, tetapi Anda akan mendapatkan pesan "Silakan masukkan disk ke drive E:"

yang menunjukkan bahwa ia tidak dapat membaca kartu. Untuk mengatasi masalah ini, berikan huruf drive baru ke Kartu yang terhubung ini melalui pengaturan sistem operasi Anda.

4). Gunakan solusi bawaan Sandisk untuk mengembalikan file yang terhapus dari kartu SD

Jika tidak ada file yang terbaca, maka mungkin direktori akan mencantumkan nama file, tetapi file tidak dapat diakses.

Anda dapat mengklik kanan pada huruf drive dan memilih "Properties." Jika Anda dapat melihat ruang yang digunakan pada kartu dan jika itu menunjukkan semua atau hampir semua ruang kosong,

maka semua file telah terhapus, atau direktori telah terhapus. Dalam kasus ini, Anda dapat menggunakan solusi bawaan Sandisk yang mungkin mengembalikan semua file yang terhapus dengan mudah.

5). Format kartu SD

Jika kartu Anda dapat membaca semua file tetapi tidak dapat menyimpan file baru, maka kartu Anda mungkin dalam mode terproteksi. Buka kunci proteksi untuk menyimpan atau memodifikasi file pada kartu.

Jika, Anda masih tidak dapat membaca file atau menyimpan file ke kartu SD, maka kemungkinan file Anda hilang atau menjadi tidak dapat diakses.

 Untuk memperbaikinya, Anda perlu menggunakan alat diagnostik disk yang dapat bekerja pada kartu memori juga

 Meskipun Anda juga bisa mendapatkan akses ke kartu Anda dengan memformatnya ulang, tapi itu akan menghapus semua file yang ada di kartu

 Karena itu, pastikan Anda telah membackup semua file yang disimpan dan menyalin semuanya ke drive lain sebelum melakukan format SD Card.

Untuk kamera pada ponsel android, Anda perlu menggunakan software untuk memulihkan kartu SD karena sebagian besar file yang disimpan pada kartu SD Anda akan terkait dengan foto dan file media lainnya. Ada beberapa alat pemulihan kartu SD yang tersedia secara online untuk PC dan Mac yang cukup efisien untuk menawarkan hasil pemulihan terbaik dan akurat.

Anda hanya perlu memilih alat yang tepat dan memiliki rating yang bagus untuk mencoba mengembalikan file Anda yang hilang, terhapus, dan tidak dapat diakses dari kartu SD.

6). Instal ulang driver

Anda dapat mencoba menginstal ulang driver dengan mengikuti langkah-langkah berikut:


  • Pergi start klik kanan pada My Computer / PC ini. Klik opsi Kelola.
  • Klik opsi Device Manager di sebelah kiri.
  • Opsi Disk Drive Klik-dua kalo dari daftar. Kemudian Klik Kanan pada nama drive yang dapat dilepas.
  • Klik Uninstall dan klik Ok.
  • Putuskan koneksi media penyimpanan Anda dan nyalakan kembali PC Anda.
  • Sambungkan kembali kartu SD Anda lagi. Nanti PC Anda akan mendeteksi kartu SD anda yang sebelumnya belum terdeteksi.



7). Tidak ada yang berhasil? Ya, software Pemulihan adalah solusi Anda!

Setiap kali kartu SD tidak dapat diakses atau diformat, sebagian besar data yang disimpan akaj hilang. Namun, semua file alan tetap pada posisi yang sama pada kartu dan dapat dipulihkan oleh software pemulihan foto.

Stellar Photo Recovery Software dirancang khusus untuk mengambil semua foto yang hilang dan file media lainnya dari tempat mereka yang sebenarnya dan membuatnya terlihat. Untuk mengembalikan semua file yang hilang dari kartu SD, pastikan kartu tidak rusak secara fisik. Selain itu, hentikan penggunaan kartu SD Anda sebelum pemulihan.

Langkah Pemulihan untuk mendapatkan kembali file memory Anda!


  • Download untuk (PC) atau (Mac) sesuai komputermu dan instal aplikasi pemulihan Stellar Photo
  • Hubungkan kartu SD ke sistem Anda untuk memulai pemulihan foto / musik / video dari kartu SD.
  •  Di layar beranda perangkat lunak - Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan.
  •  Klik Selanjutnya ..Selanjutnya, 
  • pilih lokasi drive kartu SD dari tempat yang ingin anda pulihkan filenya
  • Klik Pindai untuk memulai proses pemindaian. 
  • Anda juga dapat mengklik Pengaturan Lanjut untuk mengatur pemindaian hanya file yang diperlukan untuk mengurangi waktu pemindaian.
  • Opsi 'Pemindaian Lanjutan' memungkinkan Anda memilih file tertentu untuk dipindai dari daftar file seperti 'Foto', 'Audio', atau 'Video'.
  •  Selain itu, Anda juga dapat memilih rentang data dari media penyimpanan. Opsi ini memungkinkan Anda menyesuaikan proses dan meminimalkan waktu pemindaian.
  • Setelah memulai pemindaian, Anda akan dapat melihat proses di bilah proses pemindaian.
  •  Semua file yang ditemukan akan dicantumkan dalam format struktur mirip pohon di panel jendela sisi kiri.
  • Sekarang, Anda dapat melihat pratinjau item yang terdaftar dengan mengkliknya. 
  • Di sini, Anda juga dapat memilih file yang diinginkan dan klik tombol 'Pulihkan' untuk memulai pemulihan.
  • Jendela berikutnya akan meminta Anda untuk memilih lokasi untuk menyimpan file multimedia yang telah dipulihkan. 
  • Pilih lokasi yang diinginkan dan simpan file yang dipulihkan.


Hal-hal yang Harus Ingat untuk Melindungi Kartu SD Anda!


Jangan pernah mengeluarkan kartu memori saat menghidupkan / mematikan kamera Anda atau perangkat lain.
Jangan pernah mengeluarkan kartu memori Anda saat menyimpan dan melihat foto.

Jangan mengambil atau melihat gambar baru pada mode rendah baterai.

Jangan pernah mengganti kartu memori Anda saat kamera aktif.

Gunakan kartu SD dari merek-merek terkenal seperti SanDisk, Panasonic, Sony, Kingston, Lexar, Olympus, dll.

Kartu SD yang didukung untuk Windows dan Mac:


Stellar Photo Recovery Software mendukung hampir semua jenis kartu memori, seperti SD, SDHC, SDSC, SDXC, SDIO, Mini SD, Micro SD, kartu memori bersama dengan SSD, MMC, CF, XD, kartu memori ponsel, kartu memori kompak, yang digunakan dalam kamera digital, camcorder, ponsel, pemutar MP3 dan kartu media jenis lainnya, dll.

Tentang kapasitas kartu SD:

Kapasitas kartu SD tergantung pada model mereka, seperti kartu SDSC (SD) mulai dari 1 MB dan naik hingga 2 GB, di mana beberapa dari mereka mulai dari 4 GB dan naik hingga 32 GB. Terlepas dari SDHC ini mulai lebih dari 2 GB dan naik hingga 32 GB dan SDXC mulai lebih dari 32 GBdan naik hingga 2 TB.

 Semua kartu SD berfungsi dengan semua perangkat host yang mendukung kartu SD, SDHC, atau SDXC. Kartu SD digunakan oleh hampir semua gadget yang memiliki slot memori eksternal seperti kamera digital, camcorder, konsol video game, ponsel android, dan semua komputer genggam.

Slot kartu SD? Apakah perangkat saat ini membutuhkan itu?

Seiring dengan berbagai kelebihannya, kartu SD juga memiliki beberapa kekurangan yang mendorong OEM untuk mengganti slot kartu SD dengan port USB dan memori internal pada perangkat portabel.

Tetapi bagaimana jika Anda kehilangan data berharga dari perangkat semacam itu yang tidak memiliki slot kartu SD, misalnya Seperti iPhone?

Dalam hal itu, Anda dapat memulihkan data yang hilang atau dihapus dari perangkat iOS, menggunakan cadangan iCloud dan cadangan iTunes dengan bantuan softwarw pemulihan data iPhone.

Perangkat lunak ini dapat memulihkan data yang hilang atau dihapus karena perangkat iOS Jailbreaking,

iPhone yang Rusak / rusak / hilang / dicuri, kerusakan karena air, iPhone yang terjebak dalam mode pemulihan, terjebak di layar logo Apple, loop reset pabrik, serangan virus, blano layar hitam / layar putih, error saat update iOS, dll.

Selain itu, jika Anda kesulitan mengekstraksi informasi dari iTunes dan cadangan iCloud atau cadangan iTunes / iCloud rusak atau tidak kompatibel, Anda dapat dengan mudah memilih informasi dengan selektif dan mengambilnya dengan cara yang sederhana dan aman.

 Semua ini sebenarnya hanya untuk keperluan bisnis, karena produsen ingin mengurangi kompleksitas perangkat portabel dengan melepas baterai yang dapat dilepas dan mengganti slot kartu SD dengan memori internal yang lebih banyak.

 Perubahan ini tidak hanya mengurangi banyak hal yang melekat pada perangkat portabel tetapi juga meningkatkan harga perangkat keras.

Penyimpanan internal yang terbatas tidak mengurangi penggunaan data seluler, tetapi meningkatkan penggunaan penyimpanan cloud dan layanan online, dll. Di mana baterai yang tidak dapat dilepas membuat perangkat menjadi barang sekali pakai.

Sesi Tanya Jawab Pertanyaan yang Sering Diajukan


T: Apakah Cloud menjadi lebih populer daripada kartu SD?

Menjawab:

Pasar kartu SD dibanjiri dengan kartu berharga murah dan off-merek di berbagai sumber.

 Ada banyak kartu SD yang mengklaim memiliki kapasitas lebih tinggi daripada mereka.

Sistem file yang tidak dapat diandalkan, lambat, dan tidak perlu izin pengguna untuk membuka
Kartu SD relatif lebih lambat dan tidak dapat diandalkan daripada chip memori.

Penyimpanan cloud lebih baik daripada perangkat penyimpanan portabel ini karena mereka menawarkan opsi penyimpanan yang lebih baik karena penyimpanan cloud  lebih layak dan lebih mudah untuk menggunakan sumber penyimpanan sepanjang waktu.

Streaming data dan penyimpanan cloud menghasilkan banyak uang

Kartu SD juga membutuhkan ruang fisik di perangkat
Sehingga Opsi penyimpanan yang lebih besar di ponsel membutuhkan lebih banyak uang

T: Saya tidak dapat memformat kartu SD 16 GB saya. Saat diformat menunjukkan pesan untuk memformatnya kembali. Apa yang harus saya lakukan sekarang?

Jawab: Pertama-tama, cobalah untuk mengubah cardreader atau menghubungkannya ke perangkat lain

 Jika masih ada masalah, kartu Anda mungkin rusak, dan Anda mungkin memerlukan software pemulihan untuk memulihkan data.

T: Bagaimana cara mentransfer foto dari ponsel saya ke kartu SD eksternal saya?

Jawab: Buka opsi pengelola file di ponsel Anda. Dari sana salin foto Anda dan rekatkan ke foto Anda

T: Dapatkah saya memulihkan foto mentah dari kartu SD yang rusak di Mac?

Jawab: Ya, dengan Stellar Photo Recovery Software, Anda dapat memulihkan gambar RAW dari semua jenis kartu SD

T: Apa yang harus saya lakukan setelah saya mendapatkan pesan kesalahan 'kartu SD tidak diformat' saat memasukkan kartu SD pada Kamera?

Jawab: Cobalah untuk memformat kartu SD Anda di dalam kamera itu sendiri jika Anda siap dengan kehilangan file yang sudah ada sebelumnya.

 Jika masih belum terpecahkan, maka cobalah software pemformatan kartu SD untuk memformatnya tetapi untuk memulihkan data Anda kembali, coba gunakan Stellar.

T: Kamera saya menunjukan pesan "kartu memori terkunci" ketika saya memasukkan kartu SD ke dalamnya.

Jawab: Silakan periksa dengan sakelar kunci pada kartu SD. Perbaiki dan masukkan kembali.

T: Kartu SD tidak dapat dikenali oleh PC. Apa yang harus saya lakukan sekarang?

Jawab: Kartu SD yang tidak dikenali, bisa jadi akibat dari banyak faktor. Periksa kembali koneksi. Kadang-kadang membersihkan slot cardreader dapat memecahkan masalah.

Jika tidak, lakukan pembaruan driver untuk card reader Anda mungkin menjadi solusinya.

 Untuk memperbarui, buka bagian "Pengelola Perangkat" dari bilah tugas PC Anda. Dari sana, perbarui driver secara online. Alasan lain dapat disebabkan oleh kartu yang rusak / rusak.

T: Dapatkah saya juga memulihkan tulisan saya, seperti file excel dokumen menggunakan software pemulihan kartu SD?

Jawab: Tidak, software pemulihan kartu SD, yaitu aplikasi Stellar Photo Recovery hanya memulihkan file Foto, Video, & Musik dari hard drive, Kartu SD, Kartu Memori Flash, Pen Drive atau media penyimpanan eksternal lainnya.

Anda perlu melihat softeare Pemulihan Hard Drive untuk memulihkan dokumen Anda atau data lain yang hilang dari media penyimpanan apa pun.

T: Saya menerima pesan kesalahan "kartu memori ini tidak dapat digunakan. Kartu mungkin rusak. Masukkan kartu lain" di kartu Nikon D3200 SD. Bagaimana cara memperbaiki dan memulihkannya?

Jawab: Dalam jenis kasus seperti ini, kartu SD dapat berfungsi di PC, jika tidak bisa berfungsi di DSLR Anda. Cobalah untuk mentransfer foto Anda ke PC Anda jika memungkinkan atau mengambil bantuan software pemulihan kartu SD yang disebutkan di atas untuk membuat cadangan foto Anda. Selanjutnya, coba format kartu SD Anda di DSLR itu sendiri.

: Macbook saya tidak dapat membaca kartu SD. Saya telah mencoba berbagai metode, tetapi sepertinya tidak ada yang berhasil. Tolong bantu

Jawab: Coba tools pemulihan kartu SD kami untuk memulihkan data Anda. Terkadang, itu bukan masalah sistem atau kartu SD. Mungkin juga karena slot kartu SD. Slot kartu SD mungkin macet atau tersumbat oleh debu atau sesuatu yang lain juga. Kadang-kadang, membersihkannya dengan meniupkan udara ke dalamnya atau dengan kertas lipat juga dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.

T: Apa yang harus dilakukan ketika Anda melihat pesan “Kartu SD dipasang hanya-bisa dibaca” pada perangkat Anda.

Jawab: Kadang-kadang Anda harus memperbaiki FAT dan untuk melakukan ini, pertama Anda harus menghubungkan perangkat Anda ke komputer terlebih dahulu.

 Setelah itu buka Windows Explorer dan kemudian klik kanan pada drive yang terdaftar ke kartu SD Anda.

 Setelah itu pilih> Properties> Tools> Check Now untuk secara otomatis memperbaiki kesalahan sistem file

. FAT akan diperbaiki. Anda sekarang dapat memutuskan koneksi perangkat Anda dari komputer dan kartu SD Anda tidak akan menampilkan pesan "Mounted read-only" mulai dari waktu berikutnya dan seterusnya.

T: Mendapatkan kesalahan "Kartu SD tidak dimasukkan" atau "tidak ada kartu memori"?

Jawaban: Kartu SD kadang-kadang berkinerja buruk. Yang penting untuk diingat adalah kartu masih dapat digunakan dan data dapat dipulihkan.

Masalah ini dapat diatasi dengan menghubungkan kartu ke komputer menggunakan pembaca kartu eksternal. Jika kartu dikenali saat terhubung ke komputer menggunakan pembaca kartu eksternal, buat cadangan semua file dan data pada kartu dan format kartu menggunakan komputer. Sambungkan kembali kartu ke perangkat. Setelah kartu dikenali, format kartu di perangkat.

Jika kartu memori Anda terdeteksi di komputer, tetapi tidak ada data yang ditampilkan, Anda dapat mencoba perangkat lunak Stellar Photo recovery untuk memulihkan semua file multimedia Anda.

T: Bagaimana cara memperbaiki kesalahan "Kartu SD yang tidak terduga dihapus" pada Ponsel Anda?

Jawaban: Anda dapat mencoba metode sederhana ini untuk menyelesaikan kesalahan.

Lepas dan pasang kembali kartu SD setelah mem-boot ulang ponsel cerdas Anda. Anda juga dapat mencoba memasukkan kartu SD Anda ke perangkat lain untuk memeriksa apakah kesalahannya muncul atau tidak.
Anda dapat mencoba memformat kartu SD karena kartu SD mungkin memiliki beberapa sektor yang buruk atau rusak
Anda juga dapat memilih opsi "Ubah Huruf dan Jalur Drive" di bawah opsi "Manajemen Disk"
Anda dapat Mengembalikan Pengaturan Pabrik
Terkadang, menekan tombol daya dengan lama dapat menyelesaikan kesalahan semacam itu.

Jika tidak ada metode yang berfungsi maka kartu SD mungkin rusak dan Anda memerlukan software pemulihan untuk memulihkan file Anda kembali (lihat infografis)

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel