Cara Mudah Gunakan Disk Cleanup Windows 10

Windows 10 memiliki banyak tools yang berguna, salah satu dari mereka adalah kaset pembersih atau disk cleanup.

Disk cleanup ini berguna untuk mendeteksi atau melakukan scanning pada kaset yang ada dikomputermu. Juga untuk membersihkan file tidak berguna.

Kamu akan merasakan kegunaan fitur disk cleanup ini ketika kamu mendapatkan notifikasi kalau komputermu berjalan dengan lebih lambat dari biasanya atau yang biasa kita sebut ngelag.

Ketika tools ini menghapus file tak perlu yang ada dikomputermu. Maka komputer akan berjalan mrnjadi lebih cepat. Hanya saja ketika kamu baru menginstall windows 10, kamu bisa menghapus software windows sebelumnya dan membuat RAM komputer lebih lega dan luas.

Jika kamu tidak yakin bagaimana cara menjalankan tools disk cleanup di windows 10 maka bacalah artikel ini sampai selesai.


Baca Juga :


Ada beberapa cara untuk membuka disk cleanup di windows 10, tapi kami akan memberikan cara paling mudah dan simpel. Hanya dengan mengklik di search boc dibagian paling kiri layar komputer. Dan ketik "Disk Cleanup".


Ketika disk cleanup muncul di list pencarian, langsung kalian klik.
Selanjutnya pilih drive yang di install di windows 10.
Biasanya berada di drive C, setelah kalian pilih drivenya. Klik OK

 Disk Cleanup akan mengkalkulasikan berapa banyak ruang bebas yang akan didapat dari drive C, biarkan toolsnya bekerja


Ketika jendela selanjutnya muncul, select file yang mau kamu hapus, sebagai contoh file internet yang tak terpakai lagi, dan temporary files. Jika ingin tahu lebih detail tentang files yang akan dihapus kamu bisa membaca deakripsinya yang akan muncul ketika kamu klik.

Jika sudah selesai memilih file yang akan dihapus maka klik OK

 Dikasus ketika kamu ingin ruangan penyimpanan yang luas dan lega, kamu bisa menghapus files sistem. Jika kamu ingin mencobanya maka berikut adalah caranya :

Di disk Cleanup, klik bagian system Files.

Setelah itu, kamu harus memilih drive C, sekarang klik OK. Disk Cleanup akan mengkalkulasikan lagi, berapa banyak kemungkinan ruangan yang bisa dibebaskan. Biarkan berjalan sampai selesai.

Kemudian pilih file yang ingin kamu hapus, ketiks kamu memilihnya kamu akan melihat deksripsi mengenai files tersebut.

Jika kamu ingin menghapus sistem instalasi windows sebelumnya, scroll kebawah dan pilih Previous Windows instalation. Dan temporary windows installation files.

Ketika kamu selesai memilih semua file yang akan dihapus, klik OK


Kamu akan ditanya apakah kamu ingin menghapus file secara permanen atau tidak, klik delete files

Selanjutnya, sistem akan menghapus dan membersihkan semua file yang telah dipilih dsn file tak berguna lainnya. Biarkan prosesnya berjalan sampai selesai.

Tab akan menghilang ketika proses pembersihan sudah selesai.

Seperti yang bisa kamu lihat, menggunakan tools disk cleanup untuk memberishkan file tak penting dan membebaskan ruang untuk ram sangatlah mudah dan simpel.

Yang paling penting yang harus kamu tahu adalah, setelah melakukan langkah diatas kamu tida perlu lagi untuk membersihkan ruang untuk mesin Komputer.

Komputermu akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya setelah membersihkan sampah file dengan disk cleanup ini di windows 10.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel