10 Cara Mencapai Tujuan/Target (Goals) dan Meningkatkan Peluang Sukses

Apakah Anda pernah merasakan hal-hal yang ingin Anda selesaikan selalu berakhir tertunda ? Jika jawaban untuk pertanyaan itu adalah "ya," Anda tidak sendirian. Ada sekitar 33% orang yang secara konsisten bekerja menuju tujuan mereka. Dalam beberapa kasus, tujuan mereka mungkin terlihat terlalu tinggi untuk dicapai, atau mereka tidak yakin bagaimana membuat rencana mereka tercapai.
10 Cara Mencapai Tujuan/Target (Goals) dan Meningkatkan Peluang Sukses

Jika Anda tidak membuat langkah konkret untuk mencapai tujuan Anda, cita - cita Anda hanya akan tetap menjadi mimpi. Tidak ada yang salah dengan menjadi pemimpi, tetapi mampu mengubah impian Anda menjadi tujuan yang dapat Anda capai bahkan mencapainya adalah suatu prestasi dan kebahagiaan yang sangat besar.

Kabar baiknya, Anda dapat mewujudkan hampir semua mimpi ketika Anda memanfaatkan metode penetapan tujuan yang tepat.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mencapai tujuan dan lebih dekat untuk mencapai kesuksesan Anda.

1. Hancurkan mimpi Anda menjadi langkah-langkah spesifik yang terukur

Kami tidak dapat berbicara tentang penetapan tujuan tanpa menyebutkan target.

Sasaran yang spesifik, terukur, dan dapat ditentukan, realistis, juga terkait dengan waktu.

Langkah spesifik dan terukur sangat penting karena jika kita tidak tahu apa target kita, bagaimana kita bisa mencapai itu?

Ambil semua mimpi indah yang Anda miliki untuk diri sendiri dan jadikan itu menjadi hal yang benar-benar dapat Anda lakukan. Jika Anda ingin menjadi pengusaha, misalnya, langkah untuk mewujudkan impian Anda mungkin adalah meneliti apa yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda dari nol.

Intinya : Anda harus membuat mimpi anda yang besar menjadi pecahan - pecahan kecil, yang bisa anda selesaikan satu persatu.

Contohnya, misalkan mimpi anda adalah menjadi seorang pengusaha sukses, maka anda harus mulai memikirkan ide bisnis, cara memulai bisnisnya, mengumpulkan modal sampai mencari momentum yang tepat untuk memulai bisnis anda.

2. Memiliki setidaknya satu tujuan yang jelas untuk setiap minat dan peran dalam hidup Anda

Sangat mudah untuk menjadi puas diri atau mandek. Kita sering berpikir bahwa karier kita adalah satu-satunya tempat di mana kita perlu menetapkan tujuan, tetapi kita tidak hanya melakukan apa yang kita lakukan.

Untuk memaksimalkan hidup Anda, lakukan pendekatan yang selalu Anda pelajari dan kembangkan dalam segala hal yang Anda lakukan. Apa pun yang layak dilakukan harus Anda lakukan dengan baik.

Tetapkan tujuan apakah Anda mensponsori kegiatan untuk anak Anda, mengambil kursus gitar atau mencoba membuktikan nilai Anda di tempat kerja.

Anda akan melihat bahwa pendekatan ini memaksa Anda untuk terus mengembangkan keterampilan baru. Bisa juga membuat Anda untuk lebih fokus dan menghargai semua bidang dalam kehidupan Anda — bukan hanya yang berhubungan dengan karier saja.

3. Sejajarkan tujuan Anda dengan misi, target, dan gairah hidup Anda

Ambil kesempatan untuk melakukan pencarian tentang jiwa. Apa yang ingin kamu lakukan dengan hidupmu yang berharga ini?

Apakah hanya bekerja saja?

Apa pun yang bertentangan dengan tujuan hidup Anda pasti akan menyebabkan ketidakpuasan. Tetap dalam hubungan yang buruk, melakukan pekerjaan yang bertentangan dengan nilai-nilai Anda, atau mempertahankan status quo hanya karena merasa nyaman bukanlah pilihan yang baik bagi Anda.

Memikirkan tujuan Anda dengan cara ini dapat membantu Anda menghilangkan hal-hal dalam hidup Anda yang tidak sesuai dengan prinsip Anda. Ini membebaskan ruang mental yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal-hal yang paling Anda pedulikan.

Banyak dari kita berjuang untuk menemukan waktu untuk bekerja pada tujuan kita, tetapi strategi ini memungkinkan Anda untuk membuat lebih banyak waktu untuk bekerja dengan apa yang kita mau.

4. Buat tujuan yang memicu semangat Anda dan menginspirasi Anda untuk mengambil tindakan

Jika Anda tidak bisa bersemangat tentang tujuan Anda sejak awal, mereka mungkin itu bukan tujuan yang baik untuk Anda.

Jalan menuju kesuksesan seringkali sangat sulit. Anda akan mengalami saat-saat ketika Anda mungkin merasa lelah atau putus asa.


Anda perlu dorongan yang cukup sampai terinspirasi sehingga Anda dapat mengatasi hambatan saat Anda menghadapi berbagai kesulitan dan akhirnya dapat bangkit kembali.

Jika apa yang Anda lakukan dapat memotivasi Anda untuk menjadi diri yang lebih baik, maka lakukanlah dan Anda akan menjadi jauh lebih tangguh.

5. Tuliskan semua tujuan Anda dengan detail spesifik dan terukur

Ini adalah peta jalan Anda untuk menjadi seperti apa kesuksesan Anda nantinya. Semakin Anda menentukan apa yang Anda inginkan dari produk yang sudah jadi, semakin besar peluang Anda untuk mencapai visi itu.

Saat Anda menuliskan target hidup Anda, Anda perlu membuat dokumen yang dapat Anda kunjungi kembali untuk memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar untuk mencapai target.

Saat Anda sedang berusaha mencapai tujuan besar, mungkin sulit untuk melihat apa yang benar - benar bekerja untuk mencapai hal tersebut. Hal-hal yang Anda tulis dalam langkah ini akan membantu Anda tetap berada dijalan kesuksesan.  Sehingga tujuan yang ada dipikiran Anda bisa pindah kedunia Nyata.

Jangan hanya menuliskan tujuan Anda dan menyimpannya di folder di suatu tempat. Ambil langkah ekstra untuk menempatkannya di suatu tempat di mana Anda akan melihatnya selalu.

Jika Anda memiliki terlalu banyak tujuan untuk diletakan di meja Anda, tulis ringkasan atau pilih satu atau dua langkah untuk dikerjakan pada hari itu. Hanya dengan melihatnya akan membuat mereka tetap berada di depan pikiran Anda, sehingga bisa menjadi prioritas.

6. Berkomitmen untuk mencapai setiap target Anda tanpa terkecuali

Anda tidak akan membuat sebuah target jika Anda merasa itu tidak perlu. Pertahankan diri Anda yang bertanggung jawab karena mengambil langkah-langkah untuk berhasil perlu sebuah komitmen dan konsistensi.

Kita sering membuat alasan untuk menyerah ketika kita lelah atau kewalahan. Singkirkan opsi untuk membuat alasan. Anda hanya akan puas dengan upaya terbaik dari diri Anda sendiri, jangan sampai Anda berhenti ditengah jalan.

7. Bagikan tujuan Anda dengan orang lain untuk saling memotivasi

Ada hubungan yang sangat kuat tentang orang yang saling berbagi  tujuan dan impian mereka. Saling berbagi dan mrmotivasi akan memberikan suara kepada sebagian dari tubuh kita yang  tetap tersembunyi (dan karena itulah kesuksesan tidak pernah tercapai).

Ketika orang lain tahu tentang tujuan Anda, mereka dapat mendukung Anda dan meminta pertanggungjawaban Anda. Ketika orang-orang membagikan visi mereka kepada Anda, Anda dapat melakukan hal yang sama untuk mereka.

Strategi ini sangat bermanfaat ketika Anda mencoba mengembangkan kebiasaan sehat. Posting tentang latihan Anda di media sosial, atau lakukan tantangan makan sehat bersama sahabat Anda. Anda akan cenderung malas saat godaan muncul, dan Anda mungkin akan mendorong orang lain untuk meraih tujuan mereka juga.

Namun jika kalian melakukannya tidak sendiri?, itu akan membuat beban kalian lebih ringan. Dan kalian juga akan terpacu untuk tidak menyerah ketika teman kalian masih bersemangat. Sebaliknya jika teman kalian menyerah, kalian bisa memberikan motivasi untuknya agar bangkit.

8. Menetapkan serangkaian tujuan harian, dan Deadline

Banyak tujuan yang tidak pernah mencapai kenyataan hanya karena mereka tidak sempat memeriksa kemajuan mereka. Orang-orang cenderung lupa apa yang harus mereka lakukan, atau tujuan mereka dipenuhi oleh kewajiban lain.

Paksalah diri Anda untuk meninjau kembali tujuan dan target Anda secara berkala lalu memecahnya menjadi langkah-langkah kecil dan buat memo untuk mengingatkan Anda agar selalu memikirkannya.

Memberikan tenggat waktu (deadline) reguler untuk tugas-tugas kecil yang berhububungan dengan tujuan Anda juga membantu Anda merenungkan strategi Anda. Anda akan mencari tahu apa yang berfungsi untuk Anda, apakah timeline Anda realistis, dan apakah Anda memerlukan bantuan tambahan atau tidak untuk tetap di jalur menuju kesuksesan.

Selain itu, merayakan kemenangan kecil membantu Anda tetap termotivasi.

9. Luangkan 10 menit setiap hari untuk membayangkan betapa hebat rasanya mencapai tujuan Anda

Visualisasi adalah alat yang sangat kuat. Beberapa atlet, selebritis, dan pebisnis paling sukses meluangkan waktu setiap hari untuk memikirkan bagaimana penampilan dan perasaan kesuksesan bagi mereka.Membayangkan kesuksesan Anda dimasa depan, perasaan puas dapat menjadi motivator yang hebat.


Ketika Anda benar-benar memenuhi tujuan Anda, luangkan waktu untuk bersyukur. Berterimakasihlah pada diri sendiri karena telah muncul dan melakukan pekerjaan. Bersyukurlah ketika bintang-bintang sejajar dengan benar untuk membantu Anda maju ke langkah berikutnya.

Bukan hanya sampai ke tujuan tujuan Anda yang penting. Bagaimana Anda melakukan perjalanan untuk mencapai kesuksesan juga penting.

10. Ambil langkah tindakan untuk mencapai tujuan Anda setiap hari

Tujuan Anda dapat dengan mudah terkubur dalam kesibukan dan kesibukan harian Anda. Bahkan langkah terkecil ke arah yang benar masih menggerakkan Anda ke depan.

Terus bekerja di tempat kerja setiap hari dan tak lama, Anda akan mulai melihat mimpi-mimpi itu menjadi hidup.

Mungkin Anda tidak memulai bisnis Anda hari ini tetapi Anda merancang logo yang akan ditampilkan di situs web dan kartu bisnis Anda. Melakukan tugas itu dengan baik akan sangat membantu Anda dalam jangka panjang.

Tindakan konkret hari demi hari menarik impian Anda keluar dari ketidakjelasan dan ke dunia nyata.

Konklusi
Mimpi dapat menginspirasi dan membanjiri pikiran kita. Dengan mengubah impian kita menjadi tujuan yang bisa kita capai, kita meningkatkan peluang keberhasilan kita. Hal-hal yang dulu tampak mustahil tiba-tiba dapat dijangkau.

Saatnya untuk mulai mengubah impian Anda menjadi tujuan dan tujuan Anda menjadi kenyataan. Perubahan akan dimulai hari ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel