5 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan dan Resep Umpannya!

Bagaimana cara mancing ikan nila yang susah makan atau bahkan ikan nila yang sudah diberi makan?

5 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan dan Resep Umpannya!


Ikan nila sendiri adalah ikan yang hampir memakan segalanya, namun tidak semua yang diinginkan para pemancing dapat terwujud.

Kadangkala ada saja kejadian dimana ketika sedang memancing ikan nila, ikannya susah makan seperti orang yang sedang berpuasa wkwk.

Berikut ini adalah tips cara memancing ikan nilai yang susah makan agar mendapatkan ikan nila yang besar, penyebab ikan nila susah makan sendiri karena beberapa faktor seperti kondisi air atau cuaca yang buruk.


1. Buat Air Menjadi Keruh

5 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan dan Resep Umpannya!

Hal pertama yang harus coba Anda lakukan adalah mencoba membuat air menjadi keruh, kenapa? Karena habitat asli ikan nila adalah di sungai.

Sedangkan sungai sendiri cenderung keruh dan tidak bening seperti dikolam,

2. Perhatikan Umpan

Biasanya para pemancing yang sudah terbiasa memancing ikan nila, menggunakan umpan ulat pohon pisang atau yang biasa disebut hiled cau.

Kamu juga bisa mencoba menggunakan umpan dari lumut yang memang makanan favorit ikan nila, tapi ingat. Kamu harus memberikan essen atau cuka dan garam terlebih dahulu agar umpan ikan nila menjadi ampuh dan jitu.


3. Siapkan Joran Fleksibel

Untuk alat memancingnya cobalah untuk menggunakan joran pancingan yang mudah untuk melemparkan umpan, ukuran bandulnya sendiri jangan terlalu besar.

Gunakanlah bandul ukuran kecil, agar ketika umpan masuk kedalam air ikan tidak kabur karena mendengar suara hentikan dari bandul yang terkena air.

4. Teknik Melempar Umpan

Cobalah kamu lemparkan umpan ikan nila tadi meleeati kerumunan ikan nila targetmu, pastikan juga agar si umpan menyentuh dasar air,

Jika sudah tariklah umpan secara perlahan, dengan tarikan perlahan akan membuat umpan bergoyang dan menarik perhatian si ikan nila. Cara ini juga ampuh jika bau umpan menarik ikan nila seperti penggunaan essen tadi.


5. Waktu Memancing

Waktu yang tepat untuk memancing ikan nila adalah ketika kondisi cuaca sedang hujan, cobalah memancing ikan ketika mendung atau hujan tintik - rintik.

Kondisi hujan ini akan meningkatkan kadar oksigen dalam air sehingga membuat ikan mudah lapar, ikan nila yang lapar akan mencoba mencari makan kepinggiran sungai.

Racikan Umpan Memancing Ikan Nila Agar Cepat Disambar dan Dimakan

5 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan dan Resep Umpannya!

Sepert yang saya sebutkan sebelumnya, makanan favorit ikan nila adalah lumut, namun ada beberapa jenis dan racikan umpan yang ternyata juga ampuh untuk memancing ikan nilai.

1. Umpan Ikan Nila Dari Lumut

5 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan dan Resep Umpannya!

Umpan pertama yang paling Ampuh adalah menggunakan bahan alami yaitu lumut, lumut yang digunakan adalah lumut sawah, lumut dari bebatuan sungai atau selokan.

Saat ini ada banyak orang yang sudah memproduksi bahkan menjual lumut ini kepada para pemancing dengan harga murah,

Warna lumut yang hijau akan membuat ikan nila tertarik, apalagi setelah dicampurkan dengan garam dan sari pandan yang direndam selama 30 menit akan sangat efektif untuk memancing ikan.

2. Umpan Ikan Nila Dari Mie Instan

5 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan dan Resep Umpannya!

Cara memancing ikan nila selanjutnya adalah menggunakan mie instant, mungkin terdengar anrh dan tidak wajar ditelinga kamu.

Tapi cara ini sangat efektif, apalagi jika kamu sudah kehabisan umpan utama dan sulit mencari pakan untuk dijadikan umpan.

Cara menggunakannya juga mudah sekali :


  • Pertama, siapkan kuning telur ayam yang dicampur air hangat dan mie instant, 
  • Air panas ini akan membuat mie menjadi halus dan membuatnya jadi pulen dan mudah menempel ke kail pancing.
  • Kuning telur ayamnya berguna untuk membuat bau amis sehinggs menarik perhatian ikan nila liar.
  • Campurkan mie dengan kuning telur menggunakan air hangat sampai bisa dikaitkan ke kail pancing.



3. Umpan Ikan Nila Dari Cacing

Ikan nila yang termasuk ke jenis ikan omnivora, menggunakan umpan cacing akan sangat efektif apalagi jika digunakan untuk memancing ikan nila liar.

Kamu bisa menggunakan ulat pohon, cacing tanah atau sawah untuk memancing ikan nila.


4. Umpan Pelet

5 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan dan Resep Umpannya!

Umpan selanjutnya untuk memancing ikan nila adalah menggunakan umpan pelet, Kamu bisa menggunakan pelet serbuk yang dijual di toko pemancingan.

Cara mengolah dan membuat umpan ikan nila dari pelet :

Siapkan pelet serbuk dan tambahkan air panas secukupnya
Tunggu sampai pelet mulai mengembang
Remas remas adonan pelet sampai kalis dan mudah dibentuk
Pelet siap digunakan dan di pasang ke kail.


Kamu juga bisa menambahkan essen seperti kuning telur atau vanili agar aroma pelet lebih menarik perhatian ikan nila sehingga lebih mudah menangkapnya.


5. Umpan Telur Semut Kroto

Cara terakhir untuk mrmancing ikan nila sungai, danau, liar ataupun kolam adalah dengan menggunakan umpakln dari telur kroto.

Kamu bisa mendapatkannya dari pohon atau langsung membelinya di toko pancingan atau toko burung,

Agar lebih mudah dipasang ke kail dan tidak mubazir, telur krotonya bisa dicampur dengan getah pohon nangka, buah sukun atau dengan menggunakan kuning telur ayam yang sudah direbus.

Video Memancing Ikan Nila :


Nah itulah tips dan trik cara memancing ikan nila yang susah makan dan kenyang, semoga tips memancing ini dapat membantu Kamu untuk mancing ikan nila lebih mudah!

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel