5 Cara Membuka Jam Tangan Mudah (Tutup Belakang Jam)

Halo sobat taugakini?, kali ini saya akan membahas mengenai cara membuka tutup belakang jam tangan, Masih banyak orang di indonesia yang masih belum tahu bagaimana cara membuka tutup belakang jam tangan.

Padahal caranya ini mudah sekali, Ada beberapa cara yang hanya memerlukan barang dan alat reparasi dirumah yang bisa Anda gunakan untuk membuka tutup jam tangan.

Contohnya saja Anda bisa menggunakan gunting, obeng minus, silet, kater bahkan menggunakan handuk atau kuku.

Disini saya hanya akan membahas cara membuka tutup jam tangan yang menggunakan tutup tempel, karena tutup jam tangan sport biasanya menggunakan skrup dan mudah dibuka.

5 Cara Membuka Jam Tangan Mudah (Tutup Belakang Jam)


Oke langsung saja tanpa perlu berbasa basi lagi, berikut ini cara mudah membuka tutup belakang jam tangan :


1. Jempol Tangan

Ada beberapa jam tangan murah yang bisa dibuka hanya dengan mencongkelnya menggunakan kuku jempol tangan,

Baca Juga :  Cara Membuka Kunci Jam Apple Watch

Terutama jam tangan yang tidak waterproof, biasanya jam tangan yang dijual diemperan pinggir jalan seperti jam tangan anak, bisa dibuka menggunakan cara ini.

Biasanya untuk membukanya ada lekukan kecil untuk mencongkelnya, letakan kuku jari Anda dan angkat tutup jam keatas.

Jangan dipaksa jika tidak bisa dibuka, karena akan melukai kuku Anda, Anda bisa menggunakan cara lain seperti obeng minus atau koin logam untuk mencongkelnya

2. Pisau Dapur

Jika tidak ada lekukan pada jam tangan Anda, tapibada celah kecil yang memberikan ruang untuk dicongkel.

Cobalah untuk membukanya menggunakan pisau dapur yang cukup atau muat untuk mencongkelnya. Jangan lupa untuk menggunakan pisau dapur dari bahan yang kuat agar tidak patah.

3. Gunakan Bola Karet

Anda bisa membeli bola karet ditoko mainan, gunakan bola karet yang memiliki tekstur kesat sehingga bisa mencengkram tutup belakang jam.

Letakaj jam dipermukaan datar yang sudah ditutup oleh kain handuk yang halus, dengan permukaan tutuo jam menghadap keatas.

Lalu tekan tutup jam dengan bola karet sampai terasa sudah kuat an mencengkram tutupnya, lalu putsr kearah kiri ( arah berlawanan dengan jarum jam ), sampai tutup melonggar.

Jika sudah longgar, lepas bola karetnya dan buka menggunakan tangan Anda.

4. Gunting

Cara membuka jam tangan menggunakan gunting sangatlah mudah, Anda hanya perlu memasukan salah satu ujung gunting ke takik tutup jam tangannya (celah tutup jam tangan). Lalu gunakan ujung yang lain untuk memperkuat cengkeramannya.

Setelah itu putar kearah berlawanan dengan jarum jam, biasanya kearah kiri.


5.  Obeng Minus

Cobalah beli obeng minus ukuran kecil sehingga ujungnya semakin tipis, setelah itu masukan ujungnya ke celah tutup jam tangan dan congkel hingga terbuka.

Baca Juga : Cara Mengatasi Speaker HP Mati

Anda bisa mencongkelnya dengan meletakan jam tangan dengan posisi terbalik dipermukaan datar yang sudah diberi alas handuk halus agar tidak merusak jam tangan.

Note :
Jika Anda menggunakan jam tangab mewah atau mahal, saya sarankan untuk membawanya ketukang servis jam terpercaya agar jam tidak rusak dan menurun kualitasnya.

Oke, itulah 5 cara membuka jam tangab dengan mudah dan simpel seperti tukang servis jam. Walaupun ada beberapa tukang servis jam yang sudah memiliki alat khusus untuk membukannya.

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel