5 Tips Cara Mencapai Target Dan Tujuan Dalam Hidup

Mencapai target pribari atau goals layaknya mendapatkan banyak perayaan tetapi mwmbuat target ini menjadi Tujuan adalah prestasi besar dalam dirinya sendiri.

Sementara target yang besar berfungsi sebagai tujuan, perjalanan mencapai tujuannya mungkin merupakan bagian terpenting seperti proses. Target Anda akan mencerminkan kemajuan yang akan Anda alami, pertumbuhan Anda, dan kemampuan Anda mengendalikan dan mengarahkan hidup Anda menuju perubahan yang lebih positif.
Tips Cara Mencapai Target Dan Tujuan Dalam Hidup

Apa pun tujuan Anda, apakah itu mendapatkan penghasilan puluhan juta atau bahkan belajar bahasa baru, akan selalu ada sejumlah langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapainya. Setelah Anda memfokuskan pandangan ke tujuan pribadi anda, tahap berikutnya adalah mengambil jalan tegas mencari jalan bagaimana Anda akan sampai di sana.

Tujuan artikel ini adalah untuk membimbing Anda melalui cara mengambil tindakan yang tepat terhadap target / Goals Anda dengan cara yang akan membantu Anda mencapainya secara strategis dan sukses.

1. Buat Menjadi sangat spesifik

Ketika Anda sedang menetapkan tujuan pribadi Anda, membuatnya menjadi spesifik sangat penting untuk kesuksesan.

Sudah menjadi hal umum untuk memiliki gagasan luas tentang ke mana Anda ingin pergi atau apa yang ingin Anda capai, tetapi hal ini dapat membuat upaya Anda memakan waktu dalam jangka panjang.

Perjelas apa yang Anda inginkan agar sasaran Anda terlihat sehingga Anda dapat membuat langkah-langkah yang kuat dan tepat untuk mencapainya.


Katakanlah Anda memiliki visi an tujuan untuk pensiun sedini mungkin. Sasaran ini terasa menyenangkan bagi Anda dan Anda dapat membayangkan mengisi hari-hari Anda dalam kehidupan bebas kerja dengan petualangan duniawi dan waktu bersama orang-orang yang Anda kasihi.

Jika pensiun dini adalah target pencapaian yang serius untuk Anda, Anda harus memasukkan jangka waktu. Jadi tujuan Anda telah berubah dari "Saya ingin suatu hari pensiun lebih awal dan berkeliling dunia" menjadi "Saya akan pensiun pada usia 50 tahun dan berkeliling dunia".

Ini mungkin tidak tampak signifikan, tetapi menciptakan perubahan ini dalam tujuan Anda dengan menentukan waktu yang pasti, akan membantu menciptakan dan menyusun langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya dengan cara yang lebih terarah.

Jangan membuat target seperti "saya ingin sukses dan memiliki rumah mewah" tapi buatlah menjadi " diusia saya yang ke 35 tahun saya harus sudah sukses dan memiliki rumah mewah"

2. Identifikasi persiapan yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda

Sangat mudah untuk menetapkan tujuan dan penuh semangat akan hal itu, namun tanpa persiapan melangkah mencapainya? Hal tersebut akan sia - sia

Jadi setelah Anda membuat Target dan pencapaian yanga Anda inginkan, sekarang saatnya mencari cara atau persiapan yanv dibutuhkan untuk hal tersebut.

Anda harus benar-benar memikirkan apa yang perlu Anda lakukan untuk membuat tujuan ini menjadi mungkin. Semua orang sangat ingin targetnya tercapai, tetapi jika Anda hanya duduk dan berharap Anda akan sampai di sana suatu hari tanpa melakukan apapun?  Anda hanya akan menghasilkan kekecewaan.

Mengelola sendiri tujuan Anda adalah langkah penting dalam proses. Hal ini melibatkan pengendalian tujuan Anda, memiliki dan memastikan Anda berada dalam posisi yang tepat untuk mewujudkannya.

Dalam contoh pensiun dini, ini berarti Anda harus memikirkan situasi keuangan Anda.


Seperti apa idealnya keuangan Anda jika Anda pensiun dini dan  bisa berkeliling dunia? Berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk dana pensiun Anda hingga pensiun pada usia 50? Berapa banyak penghematan tambahan yang Anda perlukan untuk mendukung perjalanan Anda? Anda juga dapat mulai meneliti tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi dan berapa lama Anda ingin bepergian.

Menjabarkan faktor-faktor ini akan sangat berpengaruh. tidak hanya membuat tujuan Anda tampak lebih nyata, tetapi juga membuat perubahan pikiran menjadi gerakan yang lebih maju. Melihat langkah-langkah lebih jelas akan membantu Anda membuat rencana tindakan yang lebih berguna dan melihat tujuan Anda sebagai kenyataan dan mungkin untuk dicapai.

3. Buatlah Lebih Rinci setiap langkah untuk mencapai tujuan Sehingga lebih mudah dikelola

Rahasia untuk mencapai tujuan Anda adalah menciptakan tujuan yang lebih kecil dalam setiap langkah dan mengambil tindakan tersebut. Ingat, jika Anda mencari kemajuan, sekecil apa pun manfaatnya, jika bisa membantu anda mencapai target maka tidak salah untuk mengambilnya.

Langkah-langkah kecil ini akan membangun dan membawa Anda ke puncak. Dengan melakukan ini, Anda juga membuat seluruh proses menjadi tidak terlalu menakutkan dan membuat Anda kewalahan.

Dalam skenario pensiun dini, ada beberapa tujuan yang lebih kecil yang dapat Anda terapkan di sini:

Memutuskan untuk membuat janji dengan penasihat keuangan dan menanyakan opsi keuangan apa yang tersedia bagi Anda jika Anda akan memasuki masa pensiun dini dan bepergian keluar negeri.

Mintalah saran tentang seberapa banyak Anda perlu menambah dan menyiapkan dana Anda untuk mencapai tujuan tepat waktu.

Atur dan mulai lakukan pembayaran ke dana pensiun.
Meneliti rekening tabungan dengan tingkat bunga yang baik dan berkomitmen untuk menyetor jumlah tertentu setiap bulan.
Pastikan Anda bertemu dengan penasihat keuangan Anda setiap tahun untuk memastikan program pensiun Anda tetap yang terbaik untuk Anda. Meneliti rekening tabungan baru untuk memindahkan uang Anda ke dalam untuk menuai hasil terbaik dalam suku bunga.
Mulailah berinvestasi dalam buku-buku perjalanan, membangun perpustakaan yang mencakup ke mana Anda ingin pergi.
Pikirkan tentang memulai kursus bahasa yang akan membantu Anda memaksimalkan pengalaman perjalanan Anda.

4. Mulailah perjalanan

Setelah Anda selesai menyiapkan tujuan dan Target, lalu melakukan riset persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut. Maka sekarang adalah momentum anda untuk mencapainya!

Buat jadwal dan mulai dengan menulis kapan Anda akan memulai tugas pertama dan pada hari apa. Berkomitmen untuk menyelesaikan tugas kecil ini dan rasakan sukacita saat mencoretnya dari daftar Anda. Lakukan ini dengan setiap langkah kecil sampai tujuan mini pertama Anda tercapai.


Dalam contoh pensiun dini, jadwalkan pertemuan dengan penasihat keuangan. Itu dia sangat Mudah.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini mungkin terlihat seperti langkah kecil tetapi merupakan momentum yang merupakan elemen paling penting di sini.

 Setelah Anda mencoret daftar tugas, Anda dapat fokus pada pertemuan itu sendiri, kemudian setelah mencentangnya, Anda berada dalam posisi memulai dana pensiun yang menguntungkan ... dan momentumnya akan terus berlanjut. Anda sekarang sedang dalam perjalanan untuk mencapai tujuan impian Anda.

5. Buat ulasan tahunan

Mengevaluasi kinerja setahun sekali, setelah anda memulai proses untuk mencapai tujuan anda, kurang lebih selama setahun. Maka saatnya anda melakukan evaluasi, apakah semuanya sudah sesuai rencana?

Jika belum, berarti anda harus mengevaluasi dan mencari tahu dimana letak kesalahannya. Dan jangan diulangi ditahun yang baru.

Buatlah waktu satu hari setiap tahunnya untuk duduk dan melihat kemajuan Anda selama setahun terakhir. Rayakan pencapaian Anda dan seberapa jauh Anda sudah melangkah. Tetapi pikirkan juga tentang mengubah langkah-langkah yang tersisa sehubungan dengan keadaan baru.

Apakah ada yang berubah? Mungkin Anda mendapat promosi di tempat kerja dan Anda merasa dapat menambahkan lebih banyak dana ke tabungan bulanan Anda sehingga prosesnya akan lebih cepat.

Apakah Anda masih menginginkan hal yang sama tentang tujuan Anda? Karena sudah wajar jika keinginan kita itu berubah dari waktu ke waktu dan tujuan pribadi kita juga mungkin berubah seiring perbuhahan yang terjadi.0

Mungkin Anda ingin membawa seseorang yang baru bersama Anda dalam perjalanan dan Anda perlu mempertimbangkan ini tentang jadwal dan waktu. Apakah ada langkah baru yang ingin Anda tambahkan di target Anda?


Berusaha keraslah untuk menjadi penentu tujuan terbaik yang Anda bisa capai.
Memiliki tujuan pribadi dapat memberi Anda tujuan dan perasaan menjadi diri Anda yang lebih baik.

Tetapi langkah-langkah kecil dalam tujuan besar inilah yang benar-benar penting pada pertumbuhan dan pencapaian anda :

Apa pun tujuan Anda, pastikan Anda menentukan secara spesifik kapan Anda ingin mencapainya. Ini membantu Anda fokus pada langkah-langkah yang diperlukan dengan lebih efisien.

Teliti langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil akhir dan ...
Buatlah targetnya langkah langkah yang lebih kecil dan mudah dikelola.

Buat jadwal harian atau mingguan untuk sasaran yang lebih kecil ini dan mulailah momentum positif.

Renungkan setiap tahun perjalanan dan tujuan tujuan Anda, sesuaikan kembali langkah-langkah sesuai dengan perubahan keadaan atau keinginan.

Teruslah berjalan dan selalu  miliki tujuan akhir yang terlihat. Ingat 'alasan' di balik tujuan Anda untuk membuat Anda tetap termotivasi dan positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel