6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login / Masuk Akun BPJSTKU

Tidak bisa login ke aplikasi bpjstku?, kenapa ketika Anda mencoba login ke akun bpjstku gagal dan muncul pesan peringatan seperti ini

"Anda mempunyai alamat email atau nomor handphone lebih dari satu, silahkan pilih alamat email atau nomor telepon yang masih aktif, terimakasih."

Jika Anda mengalami error seperti itu, atau error lain yang menyebabkan Anda tidak dapat log in atau masuk ke akun bpjstku, maka Anda bisa mencoba beberapa tips cara untuk mengatasi tidak bisa log in ke akun bpjstku.
6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login / Masuk Akun BPJSTKU


Jadi kenapa aplikasi bpjstku tidak bisa login?  Penyebabnya mungkin dikarenakan aplikasinya yang error atau server yang sedang mengalami down.

Berikut cara mengatasi tidak bisa masuk dan login ke akun bpjstku :

1. Reinstall Aplikasi BPJSTKU 

Anda bisa mencoba menghapus aplikasi bpjstku di ponsel Anda dengan masuk ke pengaturan > aplikasi > aplikasi terinstall > bpjstku > copot pemasangan

Atau bisa juga dengan menekan ikon aplikasi bpjstku di beranda selama beberapa detik sampai muncul logo x atau tong sampah. Kemudian hapus aplikasinya.

Jika sudah, Anda coba pasang lagi aplikasi bpjstkunya dengan cara mendownloadnya di playstore lalu pasang.


2. Hapus Data dan Cache 

Aplikasi yang error biasa terjadi karena adanya penumpukan cache sehingga membuat kinerja aplikasi yang Anda gunakan menjadi lebih lambat.
6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login / Masuk Akun BPJSTKU

Cobalah bersihkan data dan cache yang ada pada aplikasi bpjstku, caranya mudah sekali. Anda tinggal masuk ke pengaturan > Aplikasi > Aplikasi terinstall > bpjstku > penyimpanan>  hapus cache dan data aplikasi

Anda juga bisa masuk ke opsi Izin Aplikasi di tab yang sama, lalu periksalah. Apakah aplikasi sudah diizinkan untuk berjalan atau belum. Jika belum, anda bisa mencentang semua izin yang ada.

3. Kirim Email Laporan ke customer Service

Jika kedua cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah yang Anda alami, Anda bisa mencoba mengirimkan email ke customer sercicenya di :

Alamat Email bpkstku : care@bpjsketenagakerjaan.go.id

Anda bisa menuliskan pesan laporan kepada pihak customer servicenya mengenai masalah yang Anda alami, Anda juga bisa meminta melakukan oengecekan akun bpjstku dengan mengirimkan biodata akun Anda seperti :


  1. Nomor referensi BPJS Ketenagakerjaan ( Nik Kartu Bpjs Ketenagakerjaan Anda) 
  2. Nama lengkap peserta ( Nama lengkap Anda ) 
  3. Tempat, tanggal, dan lahir 
  4. Nomor E-KTP ( Nik KTP Anda) 
  5. Nama ibu kandung ( Nama Ibu Kandung Anda) 
  6. Nama perusahaan ( Nama Perusahaan Anda Tempat Bekerja) 
  7. Kendala yang Anda Alami sejak.



Anda juga bisa melengkapi data permasalahannya dengan melampirkan pesan error atau kesalahan yang Anda terima dan menambahkan gambar screenshotnya.

Biasanya, pesan Anda akan langsung diterima dan ditinjau, tidak akan memakan waktu lebih dari 1 jam, tetapi ketika Anda mengirimkannya pada hari minggu. Biasanya akan ditinjau lebih lama dari hari biasa.

4. Tidak bisa login Karena salah memasukan Pin atau Password

Ketika Anda tidak bisa login ke akun bpjstku dan muncuk pesan kesalahan " pin yang anda masukan salah" maka ada satu cara untuk mebgatasinya.

Cobalah untuk mengganti kata sandi/password akun anda, dengan  cara menekan ikon lupa sandi pada halaman login akun bpjstku.

Lalu Anda isi email dan minta kode verifikasi, biasanya kode verifikasinya akan dikirim ke alamat email Anda atau jika Anda menggunakan nomor telepon akan dikirim melalui SMS

5. Periksa Jaringan Internet

Terkadang ketika Anda gagal masuk atau login ke akun BPJSTKU, hal itu mungkin disebabkan oleh jaringan internet Anda yang lelet atau sedang gangguan. Cobalqh alihkan jaringan internet Anda ke jaringan Wi Fi yang lebih cepat.


6. Restart Ponsel

Ponsel yang jarang dimatikan atau di restart biasanya lebih sering mengalami error dan bug, hal itu karena ponsel dituntut bekerja terlalu keras, padahal mereka juga butuh istirahat.

Cobalah Anda restart Ponsel Anda, matikan ponsel selama 10-20 detik lalu hidupkan lagi, setelah itu periksa apakah Anda sudah bisa login seperti biasa atau belum.

Nah itulah 6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Atau Masuk Ke Akun BPJSTKU dengan mudah dan cepat, semoga artikel ini dapar membantu Anda mebgatasi masalah oke!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel