7 Cara Menolak Tawaran Pekerjaan Dari Perusahaan Yang Baik


Bagaimana cara menolak tawaran kerja?

Ketika kita melamar ke berbagai perusahaan di waktu yang bersamaan, lalu ada lebih dari 1 perusahaan yang menerima kita setelah melakukan interview.

Maka sebaiknya kita menolak salah satu tawaran kerja tersebut dengan sopa dan baik,

Biar apa?

Yang jelas, karena posisi kita sebagai pelamar. Kita harus menjaga nama baik kita sebaik mungkin, agar dilain waktu jika ingin melamar, kita punya citra nama yang bagus.
7 Cara Menolak Tawaran Pekerjaan Dari Perusahaan Yang Baik

Lalu bagaimana cara menolak tawaran pekerjaan yang kurang cocok dengan kita? Baik karena gajinya yang kurang sreg, atau karena kantornya dan bidang pekerjaannya.



1. Memberikan Keputusan As Soon As Possible (ASAP)

Maksud kata As Soon As Possible adalah, ketika Anda selesai melakukan wawancara pekerjaan. Seharusnya Anda sudah tahu seperti apa gambaran jika bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga : Teknik Mencapai Target Hidup Menggunakan Metode SMART

Karena itulah buat keputusan secepat mungkin, ingin menolak tawaran kerja tersebut atau ingin mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Jika ingin dipertimbangkan, buatlah usulan tenggat waktu kapan anda akan memberikan keputusan, agar si perusahaan bisa menunggu dengan jelas.

Misalkan diberi waktu tenggat 3 hari, maka tepatilah janji tersebut dan berikan keputusan Anda.

Janga membuat pihak perusahaan menunggu tidak jelas, padahal Anda memang sudah berniat menolak pekerjaan tersebut.

2. Menunjukan Rasa Terima Kasih Pada Perusahaan

Walaupun tawaran pekerjaan yang diberikan pada Anda tidak sesuai dengann bidang keahlian Anda. Jangan lupa untuk tetao mengucapkan rasa terima kasih karena sudah menawarkan pekerjaan.

Yang artinya, Anda sudah dipercaya untuk memegang tanggung jawab tersebut, seperti apa contoh ucapan terima kasih untuk menolak pekerjaan?

Saya sangat berterima kasih, karena telah diberikan peluang untuk mengisi posisi jabatan yang telah diberikan oleh perusahaan kepada saya, saya juga berterima kasih karena sudah diberi tawaran kerja tersebut.

Atau bisa juga seperti ini :

Terima Kasih atas kesempatan wawancara kerja yang dilakukan 3 hari lalu, saya sangat berterima kasih karena dapat mengetahui perusahaan ini lebih jauh dan melihat semangat kerja di perusahaan ini. 


Kata terima kasih diatas juga bisa Anda gunakan untuk menolak tawaran kerja via Email, Sms atau whatsapp. Setelah Anda melakukan wawancara sebelumnya.


3. Memberikan Alasan Yang Jelas

Untuk menolak penawaran kerja dari suatu perusahaan, diperlukan alasan yang jelas, Anda tidak bisa menolak dengan mengatakan " Gak tau kenapa pengen nolak aja"

Baca Juga : Pengalaman Melamar Kerja di Alfamidi

Harus Ada alasan yang jelas, Anda tidak perlu menceritakan secara detail apa yang membuat Anda mengambil keputusan untuk menolak pekerjaan tersebut, katakan saja intinya tapi jangan terlalu jujur juga.

Misalkan " gajinya kekecilan" itu tidak boleh dan tidak sopan.

Contoh alasan yang baik dan benar untuk tolak tawaran kerja :

Terima kasih karena telah memberikan tawaran kerja ini kepada saya, namun setelah dipertimbangkan secara matang. Mohon maaf karena saya tidak bisa memenuhi panggilan pekerjaan di perusahaan ini krena bidang pekerjaannya tidak sesuai dengan bidang keahlian saya.

Atau Bisa juga seperti ini :

Terima kasih karena telah meluangkan waktunya kepada saya dalam sesi Interview / wawancara. Namun setelah saya pertimbangkan secara matang, mohon maaf karena saya belum bisa memenuhi panggilan kerja ini karena tidak sesuai dengan visi misi serta tujuan karir saya.

                                       
Perlu Anda ketahui, lebih baik menggunakan kata "terima kasih" daripada kata " maaf ". Karena walaupun tujuannya sama yaitu untuk menolak pekerjaan.

Namun jika menggunakan kata terima kasih, kesannya, si perusahaan ini dianggap telah berjasa dan memberikan nilai positif.

4. Gunakan Telepon Jika Bisa

Ketika Anda ingin menolak tawaran pekerjaan dari suatu perusahaan, cobalah tolak tawaran tersebut lewat telepon daripada lewat SMS, Whatsapp atau email.

Kenapa?

Karena menggunakan telepon akan membuat perusahaan kendapatkan informasi lebih cepat dan akurat. Tentunya juga lebih sopan, karena bisa berbincang terlebih dahulu walau singkat

Jika menggunakan email, ada kemungkinan pesan tidak terbaca, dan malah tenggelam oleh pesan baru yang datang ke perusahaan tersebut.

5. Selalu Ingat Menolak Bukan Berarti Putus Hubungan

Walaupun Anda menolak pekerjaan tersebut, sebisa mungkin cobalah untuk tetap menjalin dengan perusahaan tersebut.

Kita tidak tahu kan? Apa yang akan terjadi di masa depan nanti, mungkin saja Anda kan berhubungan lagi sebagai mitra kerja atau sebagainya.

6. Jangan menjelekan perusahaan

Ketika memberikan penjelasan mengenai alasan kenapa Anda menolak tawaran kerjanya. Jangan sampai Anda mengatakan keburukan perusahaan tersebut walaupun hal itu benar adanya.

Misalkan ketika Anda menelpon HRD perusahaan tersebut dan ditanya " memangnya ada yang membuatmu tidak suka dengan perusahaan ini atau semacamnya?" atau pertanyaan mirip seperti itu.

Katakanlah alasan yan baik dan tidak mengungkap sisi buruk perusahaan atau, keburukan perusahaannya

7. Jangan Over Atau Berlebihan

Ketika Anda menolak tawaran pekerjaan katakanlah sesuatu yang normal, jangan terlalu lebay.

Menyanjung perusahaan tersebut agar tidak kecewa dsb. Hanya akan membuat kesan Anda jelek dan mengurangi wibawa Anda.

Katakanlah dengan sopan, dan tidak berlebihan,

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel