Perbedaan Kamera DSLR VS Mirrorless Mana Yang Lebih Baik?

Saat ini banyak orang yang mulai menyukai fotografi terutama setelah aplikasi instagram menjadi aplikasi paling populer. Orang - orang berlomba menciptakan foto terbaik mereka, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan kamera.

Namun, masih banyak orang yang bingung ketika memilih kamera, yaitu kamera DSLR atau kamera mirrorless?, walaupun terlihat mirip kedua kamera ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup kontras.

Perbedaan Kamera DSLR VS Mirrorless Mana Yang Lebih Baik?


DSLR bukan satu-satunya jenis kamera dengan lensa yang dapat diganti. karena kamera mirrorless lensanya juga dapat diganti seperti kamera DSLR. Kamera mirrorless (ILC) yang lebih kecil baru-baru ini mulai muncul di pasar.

 Kamera mirrorless ILCs adalah model kamera baru yang populer karena ukurannya yang kecil dan bodi kamera yang berwarna-warni. Kamera mirrorless ILCs kebanyakan menggunakan tampilan layar sentuh dan teknologi maju lain yang membuat operasinya tampak sedikit lebih seperti smartphone dengan tetap menjaga kualitas gambar yang bagus.

Baca Juga : Perbedaan Kamera Pocket dengan Dslr

Jadi sebenarnya bagus mana kamera dslr atau mirroless? Baca sampai akhir biar tahu ya


DSLR Vs. ILC mirrorless

DSLR adalah singkatan dari kamera digital single lens reflex. Kamera DSLR menggunakan cermin didalamnya, Cahaya yang bergerak masuk melalui lensa akan menabrak cermin miring didalam kamera.

 di mana cahayanya terpantul ke jendela bidik (view finder = kotak kecil tempat mata untuk melihat pratinjau saat ingin memotret). Namun, ketika Anda menekan tombol rana, cermin akan membalik keluar dari jalannya, yang membuat cahaya berbelok melalui lensa dan memukul sensor gambar di belakang cermin. Sensor gambar yang terkena cahaya inilah yang kemudian dapat merekam foto.

 Itu tadi adalah mekanisme dasar bagaimana cara kamera dslr bekerja untuk menangkap gambar.

ILC atau kamera mirrorless adalah singkatan dari kamera lensa yang dapat diganti (interchangeable lens camera), dengan kata lain jenis baru dalam jajaran kamera canggih.

 Namun, ILC mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil dari kamera DSLR, karena ILC tidak menggunakan cermin miring untuk memantulkan cahaya menjadi gambar aktual dari lensa ke jendela bidik. Sebaliknya, kamera mirrorless memiliki desain berbeda yang hanya bekerja dengan kamera digital dan tidak akan bekerja dengan kamera film. Cahaya dari tempat Anda memotret akan secara langsung mengenai sensor gambar didalam kamera, tetapi kamera hanya akan merekam gambar saat Anda menekan tombol rana.

ILC juga dapat menggunakan jendela bidik elektronik untuk membantu Anda memotret gambar, meskipun beberapa kamera ILC mirrorless tidak memiliki jendela bidik, hanya menampilkan pratinjau gambar melalui layar LCD, seperti halnya kamera pocket.

Baca Juga : Perbedaan Kamera SLR dengan DSLR

Terkadang, kamera mirrorless ILC dapat disebut juga sebagai kamera EVIL (electronic viewfinder interchangeable lens) atau kamera DIL (digital interchangeable lens).


Ukuran DSLR Vs. ILC

Kamera DSLR memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada ILC karena didalam kamera DSLR terdapat cermin dan pentaprisme di bagian atas kamera yang memantulkan gambar lebih jauh ke arah jendela bidik. Kamera ILC dibuat lebih tipis daripada kamera DSLR.

Karena sensor gambar kamera ILC memiliki ukuran yang sama dengan kamera DSLR. Dan lagi ukuran fisik kamera ILC yang lebih kecil membuat sensor gambar dalam kamera mirrorless ILC dapat ditempatkan lebih dekat ke lensa. Hal Inilah yang memungkinkan lensa ILC dibuat lebih kecil dibandingkan kamera DSLR.

Beberapa produsen kamera mirrorless ILC memperluas ukuran bodi kamera mirrorless sedikit, hanya untuk memungkinkan cengkeraman tangan kanan dan tempat baterai, tetapi sebagian besar produsen mempertahankan body kamera Mirroless yang kecil.

Fitur DSLR Vs. ILC

Kedua jenis kamera ini menggunakan sensor gambar yang lebih besar daripada kamera pocket/digital, yang memungkinkan mereka mengambil foto dengan kualitas lebih tinggi. Mereka juga memiliki waktu respons yang lebih cepat daripada kamera pocket, sehingga memungkinkan mereka untuk menangkap gambar dengan lebih baik.

Beberapa kamera lensa yang dapat diganti memiliki fitur blitz internal, sementara kamera yang lain memerlukan blitz eksternal untuk dipasang ke hot shoe kamera. ILCs biasanya menawarkan tampilan layar sentuh dan Wi-Fi built-in. Namun kamera DSLR model lama tidak memiliki fitur ini, meskipun sekarang kamera DSLR menawarkan fitur-fitur jenis ini sekarang tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga : Cara mematikan fitur download otomatis di whatsapp

DSLR cenderung memiliki lebih banyak variasi dalam jenis lensa yang dapat diganti yang kompatibel dengan mereka dibandingkan kamera ILC mirrorless, dan DSLR biasanya memiliki opsi lensa telefoto maksimum yang lebih besar dibandingkan kamera mirrorless.

Kesimpulannya

kamera DSLR model lama tidak lebih bagus daripada kamera mirrorless sedangkan jika kamera mirrorless dibandingkan dengan kamera DSLR model terbaru. Maka fiturnya hampir sama namun kamera DSLR memiliki keunggulan kompatibilitas yang lebih banyak.

Maksudnya menggunakan kamera DSLR akan memberikan kalian banyak variasi aksesoris ketimbang menggunakan kamera mirrorless

Sedangkan kamera mirrorless sendiri lebih canggih daripada DSLR karena tampilannya yang sudah mirip smartphone dan juga ukurannya yang slim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel