Bagaimana Cara Memancing Ikan Kerapu Yang Baik?

Bagaimana caranya memancing ikan kerapu?

Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh beberapa orang yang ingin memancing ikan kerapu,

Sebelum membahas umpan untuk memancing ikan kerapu, kalian harus tahu dulu spot dan tempat memancing ikan kerapu yang baik.

Tempat mancing ikan Kerapu

Kerapu sendiri biasanya tinggal diantara betu - batu karang, mereka biasanya akan masuk ke sela-sela bebatuan karang ketika tertancap kail sehingga mampu memutuskan benang pancing.

Dimana tempat tinggal ikan kerapu lebih jelasnya?


Mereka sering ditemui ditempat seperti di pinggiran laut, di kolam, dermaga, pantai dan bebatuan. Konon kabarnya ikan kerapu ini lebih mudah ditangkap ketika malam hari.

Bentuk ikan Kerapu

Umpan memancing ika kerapu terbai

Kerapu sendiri memiliki kulit tubuh yang bisa membuatnya menyamar diantar bebatuan karang, pasir dan sejenisnya. Sehingga caranya memangsa adalah dengan menyergap. Hal inilah yang membuat ikan kerapu sering tertancap kail.

Alat Pancing atau Joran Untuk Menangkap Ikan Kerapu

Untuk memancing ikan kerapu kalian harus menggunakan riil dengan drag yang besar. Joran kaku dengan panjang sekitar 180-210cm dan kisaran 10-20lb. Benangnya minimal 15-20lb dengan leader 40-50lb.

Itulah spesifikasi joran atau pancingan standar minimal menangkap ikan kerapu, karena menggunakan joran yang kurang dari itu, akan menyulitkan kalian nanti saat streak.

Umpan untuk menangkap Ikan Kerapu yang paling jitu

Untuk umpannya sendiri kalian bisa menggunakan lure, umpan hiduo ataupun umpan mati. Namun umpan terbaik untuk menangkap ikan kerapu adalah umpan hidup.

Kalian bisa menggunakan umpan hidup dengan aroma amis yang cukup untuk menarik ikan kerapu. Seperti ikan kerapu kolam, sunu, muara,kerapu monster,bara, air payau, air tawar dan kerapu naga.

Misalnya kalian menggunakan cumi sebagai umpan, biasanya jika cumi berukuran kecil bisa kalian langsung pakai sebagai umpan, namun cumi ukuran besar harus dipoting2 terlebih dahulu untuk memudahkan si ikan kerapu memakannya.

Atau bisa juga kalian gunakan umpan dari ikan tongkol,


Tips memancing Ikan Kerapu

Karena tempat tinggal dan habitat ikan kerapu adalah bebatuan dan karang, maka sebaiknya pastikan umpan pancing Anda mencapai lapisan laut yang lebih dalam menggunakan metal jig, atau gunakan plug berwarna cerah dengan kemampuan menyelam yang baik. Peralatan kelas medium heavy untuk bottom fishing merupakan cara terbaik yang sering digunakan pemancing

Itulah tips dan trik cara memancing ikan kerapu dari taugakini, semoga artikel ini bermanfaat san menambah wawasan kita bersama. See you!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel