Beli Mobil Bekas Kredit Atau Cash (Kontan) Lebih Baik Mana?

Banyak sekali orang yang bingung antara memilih mobil bekas atau mobil baru, sebenarnya lebih baik beli mobil bekas atau mobil baru?

Atau ada juga yang bingung dan melontarkan pertanyaan semacam ini " lebih baik beli mobil bekas secara tunai atau kredit?"

Karena itulah Anda harus tahu keuntungan dan kekurang membeli mobil bekas kredit vs cash atau tunai :
Beli Mobil Bekas Kredit Atau Cash (Kontan) Lebih Baik Mana?

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Secara Tunai!


 Lebih Hemat dan Tak Ada Bunga
Membeli mobil secara tunai atau cash tentunya akan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat, karena anda tidak perlu menyicil mobil tiap bulan.

Yang tentunya memiliki bunga, jadi jika Anda memang memiliki budget cukup, coba pikirkan untuk membeli mobil tersebut secara tunai / cash

 Tidak Ada Beban Bulanan
Walaupun mungkin, jika Anda membeli mobil secara tunai akan membuat uang simpanan Anda langsung habis atau tersisa sedikit. Tetapi sisi baiknya Anda ridak perlu memikirkan bayar cicilan mobil tiap bulannya.

Baca Juga : 15 Mobil Bekas Harga Dibawah 30 Jutaan!

Coba Anda bayangkan ketika harus membayar cicilan mobil. Ternyata ada hal lain yang mendesak untuk dibayar sehingga membuat Anda tidak dapat membayar kreditan mobil.


Kerugian Beli Mobil Bekas Secara Tunai

Kerugiannya sendiri sebenarnya hampir tidak ada, yang ada hanyalah masalah waktu, keputusan dan lain lain.

Misalnya Anda ingin membeli mobil dengan harga 100 juta, nah untuk mengumpulkan uang sebanyak itu tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit. Karena itulah banyak orang yang memutuskan membeli mobil secara kredit


Lalu tidak adanya asuransi,
Membeli mobil secara cash tidak akan mendapatkan asuransi jika Anda tidak mengajukannya sendiri, tidak seperti membeli mobil secara kredit yang dari awal pembelian harus menggunakan jasa asuransi mobil.


Keuntungan Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Ketika kita ingin membeli sesuatu tapi uang madih belum cukup, ada 1 cara untuk membawa pulang barang tersebut. Yaitu dengan cara membeli secara kredit.

Barang mahal seperti motor, mobil , rumah dll kebanyakan dibeli dengan cara kredit atau di cicil. Anda juga bisa membeli mobil bekas secara kredit.

Dapat Dibawa Pulang Dengan Uang Terbatas
Keuntungan pertama dari membeli mobil secara kredit pastilah karena kita dapat membawa pulang mobil tersebut hanya dengan membayar uang muka.

Baca Juga : Tipe Dan Jenis Mobil Yang Harus Anda Tahu

Hal inilah yang membuat banyak orang memilih membeli mobil secara kredit, selain tidak menghabiskan banyak uang. Juga solusi yang sangat baik untuk orang yang membutuhkan mobil dalam waktu cepat.

Syaratnya Juga Mudah
Syarat untuk kredit mobilnya juga terbilang mudah, tidak jauh berbeda dengan ketika ingin membeli barang lain secara kredit, berikut ini adalah berkas yang harus disiapkan untuk kredit mobil :

 fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), Slip Gaji, dan Rekening koran 3 bulan terakhir.

Berkas berkas tersebut, tentunya untuk menjadi bahan penilaian bagi pihak penjual, apakah Anda memang sanggup melakukan pembayaran cicilan mobil kedepannya dengan melihat slip gaji Anda.

Mendapatkan Asuransi
Keuntungan lain dari membeli mobil bekas adalah, biasanua asuransi mobil sudah berjalan. Jadi Anda hanya perlu melanjutkan pembayaran asuransi bulan depan.




Kerugian Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Jika ada keuntungan tentunya juga ada kerugian bukan? Berikut ini adalah beberapa kelemahan dan kekurangan membeli mobil secara kredit :

Harga Lebih Mahal
Membeli mobil bekas secara kredit akan membuat harga mobil tersebut menjadi lebih mahal.

Loh ko bisa?

Karena adanya bunga, bunga inilah yang akan membuat harga mobik menjadi mahal, misalkan jika Anda membeli kontan, harga mobil mungkin hanya sekitar 100 juta.

Dan jika dibeli kredit dengan jangka waktu satu tahun, bayaran perbulannya adalah 10 juta maka akan lebih mahal 20 juta, belum lagi ditambah DP mobilnya.


Pengeluaran Bulanan Meningkat
Jika biasanya pengeluaran bulanan Anda sedikit, itu mungkib karena Anda belum ada tanggungan apa - apa. Tapi setelah mengambil barang kreditan?

Beban hidup anda bertambah, biasanya inilah yang sering membuat orang stress karena tidak bisa membayar cicilan. Entah itu karena gara2 dipecat atau karena ada pengeluaran mendadak.

Mobil Bisa Disita
Ketika Anda membeli mobil kredit, tentunya sudah kewajiban Anda untuk membayar mobil tiao bulan.

Tapi jika anda menunggak?

Mungkin jika sebulan tidak apa-apa, tapi jika 3 bulan? Maka besar kemungkinan mobil akan disita oleh pemiliknya, alhasil anda tidak memiliki apa-apa.

Nah itulah keuntungan dan kerugian membeli mobil bekas kredit vs kontan , semoga artikel ini memberikan wawasan lebih pada Anda. Serta membuat Anda berpikir lebih matang sebelum memutuskannya

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel