Cara Foto Panorama Di Android dan iPhone Yang Benar!

Cara Mendapatkan Foto Panorama Yang Sempurna di Android dan iPhone

Jika Anda pernah mencoba mengabadikan pemandangan pasti ingin foto tersebut mengambil seluruh bagian pemandangan yang indah. Dan salah satu caranya adalah dengan memotret foto menggunakan mode panorama.

 Dengan mode Panorama foto akan diperpanjang sampao bidang tampilan Anda terambil seluhnya, sehingga Anda dapat mengabadikan seluruh bagian foto.

Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara mengambil foto panorama yang benar agar hasil foto bagus dan tidak ngeblur. Apalagi sekarang ini Sebagian besar model Android dan iPhone yang lebih baru seperti iphone 7,samsung, oppo, vivo dan xiaomi sudah memiliki mode panorama yang terpasang di dalam kamera bawaanya.

 Anda bisa mengeceknya dengan membuka kamera bawaan di ponsel Anda lalu cari mode panorama, jika tidak ada, coba anda geser seperti di IG layar hp anda ke kanan atau ke kiri.

Jika memang masih tidak ada, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi ketiga yang bisa Anda download di playstore atau app store.

Cara mengambil foto panorama di Android dan iPhone Anda:

Cara Foto Panorama Di Android dan iPhone Yang Benar!


  • Buka kamera ponsel Anda dan masuk ke dalam mode panorama (atau buka aplikasi foto panorama yang telah Anda unduh)
  • Pegang telepon secara vertikal untuk panorama horizontal, atau horizontal untuk panorama vertikal.
  • Pengguna iPhone dapat mengetuk panah untuk mengubah arah panorama. Pengguna Android dapat bergerak ke kiri atau kanan tanpa menentukan arahnya.
  • Ketuk tombol rana untuk memulai panorama Anda.
  • Gerakan ponsel secara perlahan untuk menangkap adegan yang diinginkan, jaga ponsel agar  tetap stabil.
  • Setelah selesai, ketuk tombol rana untuk selesai (Anda bisa mengetuk tombol rana walaupun garis belum terisi semua)
  • Jika Anda mencapai ujung garis / kotak yang ditampilkan pada ponsel Anda saat mengambil panorama, secara  otomatis akan berhenti mengambil foto dan menyimpannya.
  • Buka galeri Kamera / Foto Anda untuk melihat hasil foto panorama.
  • Sekarang setelah Anda menguasai dasarnya, 



Mengambil foto dengan Lambat dan mantap akan menghasilkan foto panorama yang sempurna, Tetap di garis pemandu saat mengambil panorama, atau foto Anda mungkin memiliki tepi bergerigi dan bagian hitam.

Baca Juga : Cara Mengambil Foto 360 derajat

Bagian tersulit dalam mengambil foto panorama adalah menjaga ponsel Anda tetap stabil dan bergerak pada kecepatan yang tepat. Itu juga yang paling penting, karena gerakan yang salah menghasilkan bagian hitam yang bergerigi yang membuat bagian tepi panorama Anda terlihat sobek.

Tipsnya adalah gerakan ponsel secara terus menerus dan lancar tanpa berhenti, jika Terlalu lambat, maka foto Anda bisa tumpang tindih hasilnya akan aneh. Jika terlalu cepat, foto Anda mungkin akan membelok saja atau berakhir dengan foto buram.

iPhone dan sebagian besar kamera Android memiliki garis yang membantu Anda menuntun agar berada di garis yang tepat. Menggunakan Tripod kecil dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik.


Tips Memotret Foto Panorama atau 360 derajat di Android dan iPhone

Cara Foto Panorama Di Android dan iPhone Yang Benar!

Sebelum Anda mulai memotret foto panorama, cobalah untuk melihat ke objek foto dan sekeliling Anda. Pastikan daerah sedang steril dan tidak ada orang yang lewat atau hal semacamnya. Agar hasil foto tidak buram dan ngeblur.

Kecuali kecepatan foto Anda (shutter speed kamera) sudah sangat tinggi hingga tidak peduli orang sedang bergerak tetap akan bagus gambarnya.

Ingatlah semakin panjang foto panorama yang Anda ambil maka foto anda akan semakin bengkok seperti menggunakan fish eye.

Jangan Menyerah Jika Gagal

Foto Panorama yang sempurna jarang terjadi pada pengambilan pertama, jadi cobalah untuk tidak frustrasi jika Anda harus melakukannya beberapa kali sebelum hasilnya sempurna.

Jika ketika Anda berada di tengah pemotretan panorama dan panahnya tiba-tiba melompat kembali ke awal garis pemandu, itu artinya ponsel Anda membatalkan pemotretan karena saat Anda mengambil gambar lengan tidak stabil alhasil foto terlalu membelok dan hancur. Biasanya ini terjadi cukup sering ketika Anda pertama kali mulai mengambil foto panorama.


Menjadi kreatif

Cara Foto Panorama Di Android dan iPhone Yang Benar!

Ciptakan foto panorama lentur realitas seperti gambar langit-dan-daratan melingkar ini.

Setelah Anda menguasai semua aturan foto panorama, cobalah untuk berkreasi, Menggerakkan ponsel Anda sedikit ke atas dan ke bawah dapat menghasilkan tampilan foto yang kreatif dan lentur.

Panorama vertikal adalah cara terbaik untuk menangkap keindahan cahaya yang datang melalui cabang-cabang pohon.

Menggunakan foto panorama vertikal sangat cocok untuk menangkap benda benda tinggi seperti pohon, bangunan dan tower.
Cara Foto Panorama Di Android dan iPhone Yang Benar!

Jadikan subjek foto Anda muncul beberapa kali dalam foto panorama Anda dengan meminta mereka bergerak.

Cara lain yang tidak biasa untuk menggunakan fitur panorama adalah dengan mengkloning subjek Anda , cara ini berfungsi ketika subjek Anda adalah manusia, atau hewan peliharaan yang berperilaku sangat baik. Tempatkan mereka di awal pemotretan, dan kemudian setelah Anda menggesernya, minta mereka bergerak mendekati titik akhir. Boom! Hasil fotonya akan sangat keren!
Cara Foto Panorama Di Android dan iPhone Yang Benar!


Perbaiki dengan penyesuaian warna
Satu masalah panorama yang umum adalah pencahayaan. Saat Anda memindahkan ponsel Anda melalui pemandangan, jumlah cahaya di setiap bagiannya mungkin tidak akan sama persis. Jika bagian dari foto panorama Anda tampak terlihat agak terlalu gelap atau hilang sebagian, Anda bisa mengeditnya di aplikasi editor seperti picmonkey


Itulah cara memotret foto panorama menggunakan vivo, oppo, samsung, xiaomi, iphone dan berbagai merk hp lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel