Cara Memperbaiki Jack Headset Rusak Tidak Berfungsi

Headphone jack tidak berfungsi? Berikut adalah 5 Cara untuk Memperbaikinya

Cara Memperbaiki Jack Headset Rusak Tidak Berfungsi


jack headphone tidak berfungsi
Ketika Anda dalam situasi di mana jack earphone milik Anda tidak berfungsi? Masalah jack headphone  yang tidak hidup pada ponsel tidak seperti yang Anda bayangkan. Masalah Ini  bisa terjadi pada banyak pengguna dan sangat membuat frustrasi, terutama bagi mereka yang secara teratur selalu mendengarkan musik, dan sebagainya yang memerlukan earphone.

Postingan ini akan memandu Anda memperbaiki headset/earphone/headphone yang tidak berfungsi dengan 5 cara.

 semoga dengan cara tersebut dapat menyelesaikan masalah yang Anda alami. Tanpa menunda lebih lama lagi, mari kita mulai.


1. Pastikan headset Anda tidak rusak

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi headset anda. Sangat mungkin penyebab masalahnya adalah karena memang headsetnya yang sudah rusak.

 Anda dapat memeriksanya dengan cepat hanya dengan menghubungkannya ke perangkat lain. tidak harus berupa smartphone. Bisa menghubungkannya dengan perangkat seperti Laptop, TV, atau perangkat lain yang dilengkapi jack 3,5 mm dan akan berfungsi.

Baca juga : Cara Membedakan Headset Samsung Palsu dan Asli

Jika Anda tidak dapat mendengar audio apa pun saat menggunakan headsetnya ketika sedang terhubung dengan perangkat lain, Anda sudah menemukan sumber masalahnya. Cukup ganti headset Anda dan Anda masalah selesai.

Tapi Jika headsetnya bekerja dengan baik ketika terhubung dengan perangkat yang berbeda, maka mungkin penyebabnya adalah port jack 3mm nya yang erro, Saatnya untuk mencoba salah satu cara yang tercantum di bawah ini.

Kami juga merekomendasikan untuk mencolokkan sepasang headset lain ke smartphone Anda sebelum menggunakan cara dibawah. Meskipun sangat jarang, masih ada kemungkinan bahwa headset Anda tidak kompatibel dengan ponsel milik Anda, meskipun mereka bekerja dengan perangkat lain.

2. Periksalah  apakah ponsel Anda terhubung ke perangkat lain melalui Bluetooth

Jika smartphone Anda dipasangkan dengan alat audio lain seperti, speaker, atau perangkat lain menggunakan Bluetooth, ada kemungkinan jack headset Anda dinonaktifkan.

 Biasanya, ketika Anda mencolokkan headset Anda, ponsel seharusnya mendeteksi perangkat baru yang dihubungkan dan semuanya harus berfungsi sebagaimana mestinya terlepas dari pengaturan Bluetooth. Namun, ada kasus dimana terjadi error dan tidak selalu selalu demikian.

Berikut Ini adalah solusi yang cepat dan mudah untuk mengatasinya, karena yang harus Anda lakukan adalah membuka menu pengaturan pada perangkat Anda, kemudian menemukan opsi Bluetooth, lalu memeriksa untuk melihat apakah bluetooth aktif. Jika altif, mungkin ponsel Anda sedang dipasangkan dengan salah satu perangkat lain yang Anda miliki di rumah Anda.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Headset yang tidak Bersuara

 Jika itu masalahnya, matikan saja fitur bluetoothnya, pasang headset Anda, dan lihat apakah headsetnya terhubung atau tidak. Jika masih tidak berfungsi, Anda harus beralih ke solusi berikutnya pada daftar ini.

3. Bersihkan jack headset Anda

Seperti yang dapat Anda pikirkan, banyak debu dan serat yang dapat masuk ke kabel jack headset Anda dari waktu ke waktu. Hal ini mungkin saja yanf menjadi penyebab masalahnya, karena kotoran tersebut dapat benar-benar menghalangi koneksi antara headset dan jack.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat ke dalam port jack di handphonrne Anda (lubang colokan) untuk melihat apakah kotor atau tidak. Anda mungkin memerlukan senter untuk melihatnya.

 Langkah selanjutnya adalah mencoba dan membersihkannya dengan berharap itu dapat menyelesaikan masalah. Ada banyak cara berbeda untuk membersihkan port jacknya, beberapa di antaranya bekerja lebih baik daripada yang lain. Salah satu caranya adalah dengan meniup port jack headsetnya,


Cara yang lebih baik adalah menggunakan cotton bud. Dorong cotton bud ke dalam jack dan putar sedikit agar debu dan serat keluar yang menempel bisa keluar. Berhati-hatilah saat melakukan ini, karena jika terlalu keras, bisa bisa port jack di ponsel anda rusak. Anda juga dapat membasahi kapas dengan alkohol lalu menggosok gosoknya, tetapi pastikan Anda tidak menggunakan alkoholnya terlalu banyak agar tidak basah.

Setelah selesai, lihat kembali jack headset Anda untuk memastikan apakah sudah bersih atau belum. Jika semuanya terlihat lebih bersih, pasang kembali headset Anda. Mungkin masalahnya sudah selesai sekarang.

4. Periksa pengaturan Audio di Ponsel dan Restart

Jika bukan karena headser yang rusak atau karena port jacknya yang kotor. Mungkin yang menjadi penyebab masalahnya adalah karena pengaturan Audio di ponsel anda yang salah. , Anda dapat mengatasi masalah ini dengan singkat. Buka saja pengaturan audio di perangkat Anda dan periksa level volume serta pengaturan lain yang mungkin membisukan suara Audio

Biasanya, tidak ada banyak pengaturan seperti ini di smartphone, jadi seharusnya mudah untuk memperbaikinya

Jika pengaturan volumenya sudah pada status maksimum, anda cobalah untuk mereboot atau restart kembali ponsel. Dengan merestart ponsel kadang-kadang dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan smartphone dan membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk melakukannya. Cukup tekan dan tahan tombol power, pilih opsi boot ulang, tunggu hingga perangkat menyala kembali, dan kemudian periksa untuk melihat apakah masalahnya masih ada.

5. Saatnya menelepon tukang service

Jika tidak ada solusi di atas yang dapat mengatasi masalah Anda, itu berarti masalahnya tidak sekecil yang kita kira. Jika perangkat Anda masih dalam garansi, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah  menghubungi produsen dan menjelaskan masalahnya,

Anda bisa mengirimkan ponselnya unntuk perbaikan atau minta diganti menggunakan garansi. Ini mungkin bisa memakan waktu yang cukup lama tetapi setidaknya anda akan membayarnya secara gratis.

Jika garansi telah kedaluwarsa tetapi Anda memiliki asuransi ponsel, buat saja klaim dengan penyedia asuransi Anda.

Solusi ketiga jelas solusi terburuk, yaitu memperbaiki ponsel Anda ke konter. Anda harus membayar untuk memperbaikinya, tetapi setidaknya Anda ll dapat menggunakan jack headphone lagi. Jika tidak ingin melakukannya, Anda bisa membeli sepasang headset Bluetooth nirkabel, yang tidak perlu menggunakan kabel jack

Itulah beberapa solusi yang bisa anda coba untuk memperbaiki ponsel atau smartphone yang jack headsetnya tidak berfungsi, sehingga headset atau earphone anda tidak hidup setelah dicolokan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel