Cara Mendapatkan Foto Yang Bagus ketika Berlibur Sendirian

Kalian pasti pernah mengalami masa ketika sedang berlibur sendirian atau solo travelling. Kesulitan untuk mengabadikan diri Anda diantara pemandangan indah seperti pantai dan gunung kan?.

Nah, karena itulah taugakini menulis artikel ini untuk membantu Anda, agar tidak kesulitan lagi mendapatkan foto diri sendiri yang bagus ketika tidak ada teman


Tips Memotret Diri Sendiri Bagi Kalian Yang Solo Travelling!

Tips Memotret Diri Sendiri Bagi Kalian Yang Solo Travelling!

1. Gunakan Tripod

Untuk hasil terbaik saat mengambil foto diri Anda, kami sarankan menggunakan tripod. Dengan Ini akan memungkinkan Anda untuk memposisikan kamera dengan benar, menggunakan jenis kamera apa pun yang Anda miliki baik itu kamera DSLR ataupun ponsel bisa menggunakan tripod.(dudukan smartphone tersedia untuk tripod), dan biasanya  hasil fotonya sesuai yang Anda inginkan.

Untuk hasil terbaik saat menggunakan tripod, Anda akan memerlukan cara untuk memicu kamera dari jarak jauh seperti rana pelepas jarak jauh contohnya say chesee atu scan telapak tangan,
Tips Memotret Diri Sendiri Bagi Kalian Yang Solo Travelling!

Tapi tidak semua kamera memiliki fitur tersebut sehingga kalian harus memilih opsi lain yaitu menggunakan timer.

 Ini memungkinkan Anda mengatur kamera untuk mengambil sejumlah foto pada beberapa waktu, sehingga Anda dapat mengambil beberapa foto dan kemudian memilih yang terbaik.

Cara Mengambil Gambar diri sendiri yang Baik seorang diri

Jelas ada beberapa kelemahan ketika menggunakan tripod. Mereka berat untuk dibawa-bawa (walaupun ada tripod mini yang ringan) butuh waktu untuk menyiapkannya, dan Anda tidak bisa meletakkannya di mana-mana.

Selain itu, selalu ada kekhawatiran bahwa seseorang mungkin mencoba mengambil dan membawanya kabur, atau menabraknya hingga terjatuh, jadi menggunakan tripod kadang tidak cocok untuk beberapa situasi.

Namun kegunaanya sangat banyak sekali terutama dalam bidang videografi dan fotografi agar lebih stabil dan menghindari hasil foto yang kabur.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Angle Terbaik Untuk Foto Diri Anda!


2. Seimbangkan kamera Anda di suatu tempat

Saran saya yang berikutnya cukup mirip dengan menggunakan tripod, tetapi alih-alih menggunakan tripod yang asli, Anda bisa mencoba untuk menemukan tempat yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan kamera. Seperti, batu besar, dan rak buku,

Sangat Jelas jika cara ini tidak sempurna karena Anda dibatasi oleh ketersediaan objek di sekitar Anda, dan masalah seperti mendapatkan kamera yang terjatuh menjadi resiko yang tinggi. Salah satu tipsnya adalah, selalu membawa ransel atau tas Anda saat berpergian agar bisa menahan kamera Anda menggunakan tas.

Cara memotretnya mirip seperti menggunakan tripod yaitu menggunakan fitur timer.

3. Gunakan kamera dengan layar yang dapat dibalik

Jika Anda ingin tetap memegang kamera Anda, maka opsi terbaik untuk mendapatkan foto diri Anda adalah menggunakan kamera yang layarnya bisa menghadap ke depan. Jelas, sebagian besar ponsel cerdas akan masuk dalam kategori ini karena hampir semua ponsel memiliki kamera depan, yang berarti Anda dapat menyusun pose Anda dengan lebih mudah.
Tips Memotret Diri Sendiri Bagi Kalian Yang Solo Travelling!

Namun ketika kaliaj menggunakan kamera DSLR untuk selfie, akan sangat sulit. Apalagi jika jenis kamera anda tidak mendukung layar yang bisa dibalik.


4. Gunakan tongkat selfie / tongsis

Jika Anda ingin mendapatkan gambar diri Anda yang lebih baik,  Anda juga memotret dengan menggunakan smartphone, maka sebaiknya Anda membi tongsis. Ini akan memungkinkan Anda memegang kamera pada jarak yang lebih jauh dari tubuh Anda, memberi Anda lebih banyak kontrol atas angle dan background yang bisa diambil.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Foto Selfie yang Bagus!

Ini juga akan membantu mengurangi efek karikatur yang mrmbuat salah satu bagian tubuh menjadi lebih lebar dan nampak aneh seperti efek yang sering terjadi ketika memegang kamera terlalu dekat dengan wajah Anda.

Ada banyak tongsis di pasar. Kami sarankan Anda membeli tongsis yang kuat menahan kamera Anda dengan aman, dan menawarkan tombol jarak jauh sehingga Anda dapat mengambil gambar dengan menekan tombol pada tongsis daripada harus menggunakan timer.

Kami telah menggunakan dan merekomendasikan tongsis dari Anker untuk sementara waktu sekarang, dan menganggapnya sebagai salah satu pilihan terbaik di pasar saat ini. Pastikan bahwa yang mana pun yang Anda pilih berfungsi dengan ukuran dan model ponsel atau kamera spesifik Anda.



5. Minta orang asing untuk mengambil foto Anda

Jika Anda menginginkan gambar dengan kualitas yang lebih baik daripada yang bisa Anda dapatkan dengan memegang kamera, tetapi tidak memiliki tripod yang praktis, Anda dapat mempertimbangkan meminta orang asing untuk mengambil foto Anda.

Ini bisa menjadi strategi yang efektif. Terkadang saya mendapat hasil yang bagus dengan meminta orang lain untuk mengambil foto saya, dan di waktu lain, tidak begitu bagus karena yang mengambil gambar tidak mengerti seni fotografi. Tentu saja, apa pun hasil akhirnya, bayarlah dengan sopan dan berterima kasih kepada siapa pun yang mau mengambilkan foto, juga selalu menawarkan untuk membalas memotretnya

Untuk hasil yang lebih baik, saya sarankan Anda mencari seseorang yang sepertinya tahu apa yang mereka lakukan saat mengambil gambar (saya sering didekati ketika bepergian karena biasanya saya membawa sepasang kamera DSLR yang besar!) Dan beri mereka sedikit instruksi tentang gambar seperti apa yang Anda inginkan - sesuatu seperti  “jika Anda bisa cobalah tangkap seluruh Menara Eiffel, dan hanya bagian atas tubuh saya ”. Intruksi seperti ini Lebih disukai,

Karena itu, janganlah menjadi orang yang menyebalkan. Saya tidak punya masalah memotret orang asing, tetapi setelah mereka meminta pemotretan ulang beberapa kali dan dengan sudut yang sedikit berbeda, saya akan mulai agak jengkel. Jangan lupa bahwa Anda meminta bantuan orang asing dan mereka mungkin memiliki hal lain untuk dilakukan. Jadi, ambil satu atau dua gambar saja dan ucapkan terima kasih. Jika hasilnya tidak bagus - Anda bis mencoba meminta kepada orang lain!



6. Gunakan drone

 Saat ini banyak sekali jenis Drone yang ada dari yang mahal sampai yang murah!, karena harga drone menjadi lebih terjangkau, dan mereka menjadi lebih kecil, menggunakan drone untuk mengambil selfie yang bagus untuk diri Anda sebenarnya menjadi alternatif yang layak untuk semua opsi di atas.

Drone dapat pergi ke tempat-tempat yang tidak bisa dilalui tripod, mereka memiliki kamera yang cukup bagus, Anda dapat membuat komposisi persis sesuai keinginan Anda, dan Anda tidak perlu bergantung pada orang asing.

Drone selfie

Tentu saja, ada kekurangannya. Kualitas gambar tidak akan setinggi jika Anda menggunakan kamera profesional, dan ada banyak tempat di dunia di mana drone tidak diizinkan terbang. Mereka juga masih cukup mahal untuk beberapa orang. Tetapi jika Anda memilikinya, menggunakannya untuk mendapatkan foto diri Anda yang lebih baik jelas merupakan ide yang cukup bagus!



7. Gunakan cermin atau permukaan reflektif lainnya

Cafa Ini lebih untuk "menjadi kreatif dengan foto-foto diri Anda", tetapi menggunakan cermin jelas masih merupakan pilihan untuk mengambil foto diri Anda. Maksud saya, jika itu cukup baik untuk selebriti di Instagram, itu juga harusnya cukup baik untuk Anda, bukan?

Prinsipnya cukup sederhana, dan Anda bisa menggunakan kamera apa saja untuk yang satu ini. Temukan saja refleksi diri Anda dan potretlah! Mudah bukan?, Tentu saja, ini mungkin tidak menghasilkan foto terbaik Anda. dan dalam kebanyakan kasus hasil akhirnya akan membuat Anda jelas memegang kamera, yang akan menghancurkan ilusi bahwa Anda melakukan apa pun selain mengambil foto diri sendiri di cermin.


Namun, dengan sedikit latihan, pemangkasan yang hati-hati dalam pasca-pemrosesan, dan pemosisian kamera yang cerdik, Anda mungkin bisa mendapatkan hasil sebagus dan sekeren Instagrammer selebriti terbaik!

Cara lain agar permukaan reflektif dapat digunakan untuk efek yang baik adalah jika objek reflektif yang Anda potret menarik - sesuatu seperti danau atau cerminan genangan air.


8. Pekerjakan seseorang untuk mengambil foto Anda

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, dan tidak merepotkan diri Anda, saya sarankan Anda untuk mempekerjakan seseorang untuk mengambil foto Anda. Seorang fotografer profesional akan dapat memperoleh hasil foto yang jauh lebih baik daripada mengambil foto sendiri ataupun meminta orang asing.

Tentu saja, cara ini akan menguras cukup uang, dan Anda hanya akan menggunakan fotografer untuk waktu yang singkat. Tetapi jika kualitas foto yang kalian cari, maka inilah cara yang harus diambil.

Ada banyak fotografer di luar sana yang dapat Anda sewa, cukup periksa portofolio mereka sebelum Anda memastikan bahwa style foto mereka cocok dengan apa yang Anda inginkan. Jika Anda bepergian, ada sejumlah layanan seperti Flytographer, yang akan menghubungkan Anda dengan fotografer lokal di mana pun Anda berada atau pergi. Anda juga dapat memeriksa dengan toko kamera lokal untuk rekomendasi fotografer.


Nah, itulah beberapa tips an trik, cara mendapatkan foto diri Anda sendiri yang bagus ketika pergi berlibur sendirian dan tidak bersama orang lain (solo travelling)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel