Cara Merekam Video di Kamera digital Point And Shoot Agar Kualitasnya Maksimal!

Sekarang ini era perfilman dan video yang sedang booming, banyak sekali youtuber atau videographer yang berkeliaran diluar sana. Mereka mengggunakan berbagai macam jenis kamera mulai dari dslr mirrorles sampai kamera point and shoot.

Karena itulah sekarang banyak kamera baru yang menawarkan kemampuan untuk merekam video dengan kualitas definisi yang tinggi, banyak orang mengganti camcorder digitalnya atau handycamnya dengan kamera dslr,

Karena kamera tersebut memberi mereka video dan gambar yang lebih baik. Jika Anda ingin memiliki kamera yang bisa memotret dan merekam film yang bagus, Anda benar-benar perlu melakukan riset sebelum membeli kamera baru, pastikan agar kamera yang akan Anda beli memberikan fitur yang Anda inginkan.

Cara Merekam Video di Kamera digital Point And Shoot Agar Kualitasnya Maksimal!


Kali ini saya akan memberikan tips untuk kalian yang ingin merekam video atau membuat film dengan kamera digitalpoint and shoot agar kualitas video yang dihasilkan tidak kalah dengan kamera canggih lainnya.

Cara mengambil video menggunakan kamera point And Shoot agar Kualitasnya Maksimal!


 Menggunakan Modeb Perekaman Film/Video

Gunakan cara ini untuk memaksimalkan kamera Anda saat merekam gambar, gunakan juga perangkat keras yang Anda perlukan untuk memaksimalkan kemampuan membuat film Anda seperti tripod dan lighting.

Carilah fitur atau mode film di layar menu kamera digital point and Shoot milik Anda, biasanya kebanyakan kamera memiliki mode ini termasuk kamera point and shoot

Memahami Frame Rate dan Resolusi kamera Anda

Saat Anda membeli kamera digital yang akan Anda gunakan untuk merekam video HD, ingatlah untuk membeli kamera yang memiliki fitur yang Anda butuhkan.

Baca Juga : Settingan Kamera Agar kualitas Foto Meningkat!

Pastikan Anda tahu resolusi video maksimum yang dapat direkam kamera tersebut, biasanya antara 1080p atau 720p. Selain itu, pastikan juga jenis kecepatan yang dapat ditawarkan kamera point and shoot tersebut berapa Fps. Kamera apa pun yang kurang dari 24fps ( frame per detik) akan secara signifikan mempengaruhi kualitas gambar menjadi jelek.

Dengan banyaknya jenis kamera sekarang, Anda dapat merekam dengan kualitas gambar video yang tnggi. Menggunakan kualitas 1080p akan menghasilkan video dengan kualitas gambar yang tajam dan kualitas sangat tinggi,

tetapi dengan kualitas tersebut akan membutuhkan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar daripada film dengan kualitas yang lebih rendah, misalnya. Ketika Anda menggunakan mode HD 720p ukuran filenya akan lebih kecil dari ukuran file video yang direkam di kualitas 1080p.

Jadi tentukanlah terlebih dahulu untuk merekam video dikualitas gambar yang mana, pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Mulai merekam Video

Untuk mulai merekam Video, kamera digital Anda mungkin memiliki beberapa cara untuk mengaktifkan mode recording atau merekam

Pertama,

 Anda mungkin dapat menggunakan mode perekaman video (biasanya ditandai dengan ikon yang terlihat seperti kamera film) dan kemudian dengan menekan tombol rekam atau tombol rana, kamera sudah mulai merekam gambar.

Kedua,

 Anda mungkin harus mengaktifkan mode merekam video melalui menu di layar kamera, yang kemudian dapat Anda mulai gunakan dan hentikan dengan tombol rana, seperti kamera GE E1680W.

Ketiga,

Kamera Anda mungkin memiliki tombol perekaman film khusus, biasanya tombol tersebut ditandai dengan ikon kamera film atau ikon titik merah / rekam.

 Menggunakan tombol khusus ini akan jauh lebih mudah untuk memulai dan menghentikan perekaman video. Jika Anda berencana untuk merekam banyak video, menggunakan ombol perekaman khusus ini mungkin adalah cara paling efisien.

Baca Juga : Cara Agar Hasil Foto selfie Bagus dan Keren

Namun, kamera digital point and shoot yang dilengkapi dengan tombol untuk perekaman video cenderung lebih mahal.

Cek fitur zoom

Selain itu, Anda harus memastikan lensa zoom optik kamera Anda bisa digunakan atau tidak saat merekam video. Di beberapa kamera, fitur zoom tidak dapat berfungsi saat merekam video

 artinya Anda harus mendekati objek video karena tidak bisa menggunakan fitur zoom, yang mungkin akan sulit dilakukan karena mata Anda sedang menatap layar kamera.

 Beberapa kamera memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur zoom ketika merekam video. tetapi mekanisme fokus otomatisnya bekerja lebih lambat ketika melakukan zoom saat merekam video, sehingga menyebabkan kualitas video menurun.


Memegang kamera dengan stabil

 merekam video dengan stabil sangat sulit untuk pemula apalagi menggunakan kamera oint and shoot tidak memiliki jendela bidik. Dengan Menekan jendela bidik kamera ke mata Anda saat merekam video dapat membantu Anda memegang kamera dengan stabil.

Tanpa jendela bidik, Anda mungkin harus menggunakan tripod saat merekam video, agar kamera tetap stabil.

Menggunakan Suara

Untuk merekam suara pada video Anda, pastikan mikrofon internal kamera dihidupkan dan beroperasi. Anda perlu mengaturnya melalui menu kamera

Atau, anda bisa menggunakan mikrofon eksternal, jika kamera point and shoot Anda memiliki port untuk mikrofon eksternal anda bisa coba memasangnya. Tapi Sayangnya, beberapa kamera tidak menawarkan port untuk menghubungkan mikrofon eksternal.

Menggunakan Kartu Memori yang Tepat

Terakhir, pastikan bahwa Anda menggunakan kartu memori berkapasitas besar dan berkualitas tinggi setiap kali Anda merekam video dengan kamera point and shoot, terutama jika Anda sedang merekam video HD.

Tanpa kartu memori yang tepat, Anda dapat mengalami masalah saat merekam video. Beberapa kamera akan berhenti merekam film jika mereka tidak dapat memindahkan data dari buffer kamera ke kartu memori dengan cukup cepat,

Nah itulah tips dan trik cara merekam video dan film di kamera point and shoot agar hasil video tetap maksimal dan tidak gagal!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel