Cara sukses dengan Metode Target SMART dan PACT

Cara Menggunakan target CERDAS untuk Menjadi Sangat Sukses dalam Kehidupan

Sebagai pelari lintasan lapangan di sekolah menengah dan Atas, setiap tahun saya duduk bersama pelatih dan menetapkan serangkaian target untuk musim ini. Jam berapa saya ingin menjalankan latihan? Balapan lari mana yang ingin saya menangkan? dll. Begitu kami telah menetapkan tujuan saya untuk tahun ini, kami akan membuat rencana pelatihan dan jadwal lomba sehingga saya dapat mencapai tujuan itu.
Cara sukses dengan Metode Target SMART dan PACT

Sebelum saya mendapat pelatih, saya biasa berlari tanpa tujuan. Tidak ada rencana, tidak ada target. Saya hanya akan berlari dalam balapan setiap kali saya diminta oleh klub atau sekolah saya. Saya juga sering berakhir dengan cedera dan akhirnya musim saya berakhir dengan pencapaian yang sangat sedikit.

Tapi Begitu saya mendapatkan seorang pelatih, semuanya berubah drastis. Kami bekerja bersama untuk menetapkan tujuan dan target saya, dan dengan waktu yang singkat Saya mulai memenangkan perlombaan yang penting dan mulai menikmati olahraga saya. Proses tahunan ini mengajarkan saya sejak usia dini bahwa tujuan itu penting jika saya ingin mencapai hal-hal yang penting bagi saya.

Artikel ini akan berbicara tentang mengapa tujuan itu penting dan akan memberi Anda rencana yang jelas dan spesifik untuk menetapkan tujuan yang cerdas, apakah itu pribadi atau bisnis yang bekerja berulang kali.

Jika Anda tidak memiliki tujuan apa pun, Anda hanya akan terhanyut mengikuti aliran air. Anda didorong dan ditarik ke segala arah oleh pekerjaan Anda, kolega, teman, dan keluarga Anda. Seringkali, arah ini bukanlah arah yang ingin Anda masuki dan Anda berakhir tepat di tempat Anda memulai, atau lebih buruk, di tempat yang tidak pernah Anda inginkan sebelumnya.

Apa pun yang ingin Anda capai dalam hidup, buatlah rencana dan tujuan untuk mencapainya, itu adalah satu-satunya cara agar Anda mendapatkan kemajuan dan memberi diri Anda kesempatan untuk mencapainya.

Target akan memberi Anda arahan, mereka memberi Anda tujuan untuk bangun di pagi hari. Mereka membantu Anda melihat berbagai hal dari sudut pandang yang benar-benar berbeda dan lebih positif.

Kebanyakan orang gagal mencapai tujuan mereka, mengapa?
Menetapkan dan mencapai tujuan tidaklah mudah, banyak orang yang gagal. Sebuah studi oleh Scranton University menemukan bahwa hanya 8% dari mereka yang menetapkan tujuan dan di tahun baru mereka benar-benar mencapainya, artinya 92% yang menetapkan tujuan tahun lalu gagal. Mengapa demikian?

Masalahnya adalah bahwa banyak orang melihat tujuan, seperti resolusi tahun baru, sebagai harapan dan keinginan. Mereka berharap akan menurunkan berat badan, ingin memulai bisnis sendiri, atau berharap mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Masalah dengan "berharap" dan "berharap" untuk sesuatu tanpa ada rencana, tidak ada tenggat waktu yang ditetapkan untuk mencapai tujuan. Begitu harapan dan harapan ini berhadapan langsung dengan realitas kehidupan sehari-hari, mereka segera larut dalam harapan yang hilang dan menjadi angan-angan.

Jadi untuk benar-benar mencapai sesuatu, Anda memerlukan tujuan nyata - target CERDAS adalah tujuan yang baik.

Menetapkan sasaran Cerdas Anda
Dasar dari semua tujuan yang berhasil dicapai adalah tujuan Cerdas.

Awalnya dikandung oleh George T Doran dalam sebuah makalah yang ditulisnya pada tahun 1981 berjudul There's a S.M.A.R.T. cara untuk menulis tujuan dan sasaran, memanajemen formula kesuksesan. Metode ini telah digunakan dalam berbagai bentuk sejak saat itu.

SMART (Cerdas), adalah singkatan dari Specific, Measurable, Assignable, Realistic dan Time-related. Metode Ini telah digunakan oleh perusahaan dan banyak individu untuk mencapai tujuan dan target mereka ini merupakan formula yang secara keseluruhan, berfungsi dengan baik.

Kekuatan tujuan SMART adalah,  mereka menetapkan jalur yang jelas untuk mencapai tujuan dan mereka memiliki kerangka waktu yang jelas untuk mencapainya. Mari kita lihat ini dengan sedikit lebih detail:



Spesifik

Agar tujuan dapat dicapai, tujuan akhir harus memiliki hasil yang sangat jelas. Apa yang Anda tanyakan adalah "apa yang sebenarnya ingin saya capai di sini?" Semakin jelas tujuannya, semakin besar kemungkinan Anda akan mencapainya.

Misalnya, jika Anda hanya mengatakan "Saya ingin menurunkan berat badan", maka jika Anda pergi satu hari tanpa makan malam Anda akan mencapai tujuan Anda - Anda akan menurunkan berat badan walau hanya beberapa gram,

Bahkan tanpa perlu diet, anda hanya perlua buang air besar, maka tujuan anda untuk turun berat badan sudah tercapai.

Tapi itu mungkin bukan yang Anda inginkan. Anda harus membuat tujuannya lebih spesifik:

"Saya ingin menurunkan berat badan dua puluh kilo pada akhir Juli tahun ini"

Sekarang tujuannya jadi jauh lebih spesifik dan memungkinkan untuk menggunakan metode dari baian lain dari formula target SMART.

Terukur

Agar Anda memiliki tujuan yang dapat dicapai, Anda harus dapat mengukurnya. Ambil contoh di atas, "Saya ingin menurunkan berat badan dua puluh kilo pada akhir Juli tahun ini" yang artinya dapat diukur.

Yang perlu Anda lakukan adalah menimbang diri Anda pada 1 Januari, lalu kurangi dua puluh kilo dari berat badan awal dan tetapkan berat itu sebagai target untuk 31 Juli. Kemudian, setiap minggu Anda menimbang diri Anda untuk melacak kemajuan Anda.

Ditugaskan

Ditugaskan berarti: siapa yang bertanggung jawab untuk mewujudkan tujuan ini?

Dalam contoh penurunan berat badan kami, satu-satunya orang yang bisa bertanggung jawab adalah Anda. Jadi, Anda harus bertanggung jawab penuh atas kehilangan berat badan. Jika Anda gagal mencapai tujuan Anda, itu bukan kesalahan orang lain kecuali Anda sendiri. Terima tanggung jawab penuh tersebut untuk mencapai tujuan.

Realistis

Agar tujuan apa pun yang ingin dicapai bisa terwujud,  Anda perlu menetapkan sesuatu yang realistis.

Jika Anda mencoba kehilangan dua puluh kilo dalam satu minggu, Anda hanya memikirkan mimpi yang mustahil dan pasti diri Anda gagal. Meskipun secara teori dimungkinkan, kemungkinan Anda mencapai tujuan itu sangat rendah. Kehilangan dua puluh kilo selama periode enam bulan adalah hal yang realistis bagi kebanyakan orang, kehilangan dua puluh kilo dalam satu minggu? Tidak itu tidak realistis, sekalipun anda sanggup melakukannya. Itu artinya tubuh anda disiksa dan sakit.

Tenggat waktu

Terakhir Tujuan Anda membutuhkan tenggat waktu. Semua tujuan Anda harus memiliki tanggal akhir karena itu menciptakan rasa urgensi dan memberi Anda tenggat waktu.

Dalam contoh kehilangan dua puluh kilo berat badan, tenggat waktu enam bulan cukup spesifik, terukur, realistis, memiliki garis waktu, dan saat Anda menerima akuntabilitas penuh untuk mencapai tujuan itu, tugas itu ditetapkan — semua elemen formula tujuan SMART sudah terpenuhi.

Cara benar-benar mencapai tujuan SMART Anda (dan menjadi sukses)

Apakah ini benar-benar cukup untuk Anda mencapai tujuan Anda? Mungkin saja tidak.


Masalah yang selalu saya temukan dengan formula target SMART adalah tidak memperhitungkan faktor manusia. Anda butuh motivasi. Anda membutuhkan alasan untuk mencapai tujuan ini. Jika Anda tidak memiliki motivasi nyata - maka Anda akan gagal.

Kehilangan berat badan dua puluh kilo misalnya, itu tidak mudah. Anda akan menghabiskan berbulan-bulan merasa lapar. Kelaparan bukanlah sesuatu yang dapat dengan mudah diabaikan, kecuali Anda memiliki kekuatan mental manusia super, Anda akan menyerah pada godaan pizza, kue cokelat, dan es krim.

Semua target SMART dapat disaring menjadi tiga kata - Apa? Mengapa? Bagaimana?:

Apa yang ingin Anda capai?

Mengapa Anda ingin mencapainya?
Bagaimana Anda akan mencapainya?
Ketika Anda menyederhanakan tujuan Anda dengan cara ini, mencapai tujuan tersebut akan menjadi jauh lebih mudah.

 "mengapa" Anda?

Jika Anda mengambil keputusan untuk kehilangan uang sebanyak 5jt sebagai contoh, setelah Anda membuat keputusan Anda ingin kehilangan 5jt, pertanyaan berikutnya untuk ditanyakan pada diri sendiri adalah "mengapa?" Mengapa Anda ingin kehilangan uang sebanyak 5jt?, Semakin pribadi alasan Anda, semakin baik.

Alasan Anda bisa jadi "karena saya ingin berlibur dan merasa relax di tepi kolam renang di bali musim panas ini". Itu adalah jawaban untuk pertanyaan "mengapa" yang kuat.

Jika jawaban anda bersedia kehilangan uang 5jt hanya karena ingin turun berat badan 20 kilo, itu bukanlah jawaban yang baik dan tepat.

Anda bisa sangat senang dengan berat badan Anda yang baru, karena itu berarti motivasi Anda untuk melanjutkan program penurunan berat badan Anda selama periode waktu yang berkelanjutan akan berkurang dengan cepat.

Tuliskan pernyataan misi Anda.

Untuk membantu menetapkan tujuan yang dapat dicapai, ketika bekerja dengan klien saya, saya selalu meminta mereka untuk menyelesaikan pernyataan misi berikut:

Saya akan (TULIS TUJUAN YANG JELAS) lalu (TANGGAL ANDA INGIN MENYELESAIKAN TUJUAN) karena (ALASAN ANDA MENGAPA INGIN TUJUAN TERSRBUT TERCAPAI)

Jadi dalam contoh penurunan berat badan kami, pernyataan misi kami akan ditulis: "Saya akan menurunkan berat badan dua puluh kilo pada akhir Juli tahun ini karena saya ingin terlihat lebih cantik di  tepi kolam renang di bali"

Terkandung dalam kalimat sederhana itu, Anda memiliki semua elemen tujuan SMART. Ini sangatlah spesifik, dapat diukur (kehilangan dua puluh kilo), ditugaskan (Anda akan melakukannya), realistis dan memiliki kerangka waktu dan sekarang memiliki motivator — 'alasan' Anda.

Jangan pernah menulis statement pernyataan misi ’yang penuh dengan kata-kata Latin yang tidak jelas. Kata-kata yang Anda gunakan harus sederhana, singkat, dan jelas.



Misalnya, jangan menulis "Kami akan membangun aplikasi perpesanan asinkron dan holistik yang beresonansi dengan milenium" Kata-kata "asinkron", "holistik", dan "milenium" memiliki arti berbeda bagi orang yang berbeda. Kata-kata ini mungkin terdengar bagus, tetapi tidak cukup jelas untuk memotivasi tim untuk fokus membangun apa yang Anda inginkan. Cara yang lebih baik adalah “Kami akan membangun aplikasi perpesanan yang menarik bagi anak berusia 18 hingga 30 tahun yang memungkinkan mereka untuk saling mengirim pesan di berbagai zona waktu tanpa pemberitahuan yang mengganggu”

"bagaimana" Anda?

Sebelum Anda dapat mulai mencapai tujuan Anda, Anda perlu membuat daftar langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mewujudkannya.

Untuk ini, saya selalu merekomendasikan kepada klien saya, mereka mengambil selembar kertas dan menuliskan semua yang mereka pikirkan yang akan mencapai tujuan mereka. Tidak masalah apa urutan Anda menulis tugas-tugas ini, yang penting adalah Anda menuliskan langkah-langkah tindakan yang dapat Anda pikirkan yang akan membantu Anda untuk mencapai tujuan. Saya selalu mengincar sekitar seratus langkah kecil. Ini membuatnya lebih mudah untuk menetapkan tugas untuk setiap hari yang tidak hanya membuat Anda maju pada tujuan Anda, tetapi juga membuat Anda fokus setiap hari untuk mencapai tujuan.

Setelah Anda memiliki daftar, Anda kemudian dapat membuat daftar tugas untuk sasaran dan Anda dapat mengalokasikan langkah-langkah tersebut ke hari yang berbeda dalam urutan yang tepat sehingga Anda menciptakan momentum untuk menuju hasil yang sukses.

Membayangkan

Bagian lain untuk membuat tujuan Anda tercapai adalah memvisualisasikan hasil akhir. Ketika Anda menuliskan pernyataan misi Anda, Anda harus membayangkan bagaimana rasanya setelah Anda mencapai tujuan.

Dalam contoh penurunan berat badan kami, Anda akan menutup mata dan membayangkan berjalan turun dari kamar hotel Anda di bali pada bulan Juli dengan handuk, tabir surya, kacamata hitam dan pakaian renang. Anda akan membayangkan berjalan melewati semua sunbathers lainnya dan membayangkan perasaan yang Anda miliki. Kebanggaan dengan cara Anda memandang dan merasakan. Kepalamu terangkat tinggi. Pergi jauh ke dalam bayangkan setiap detail kecil. Lihatlah langit biru yang indah, rasakan suhunya, cium udara, penuh dengan aroma tabir surya dan rasakan beton hangat di sisi kolam di kaki Anda.

Cobalah untuk memanfaatkan sebanyak mungkin dari lima indera yang Anda punya. Setiap kali Anda membaca pernyataan misi Anda, gunakan teknik visualisasi yang sama. Agar selalu bersemangat menyelesaikan tujuannya.

Atlet papan atas melakukan teknik visualisasi yang sama setiap kali mereka melakukan pertandingsn. Mereka memvisualisasikan setiap langkah yang mereka ambil di lapangan permainan, setiap tembakan yang mereka lakukan di lapangan golf dan setiap lemparan yang mereka lemparkan di lapangan baseball. Mereka memvisualisasikan setiap gerakan yang dilakukan dengan sempurna. Visualisasi ini telah dibuktikan oleh sains untuk bekerja karena melatih gerakan otak bawah sadar Anda. Ketika tiba saatnya untuk melakukannya didunia nyata, pikiran Anda mengambil alih untuk memastikan Anda melakukan yang terbaik.

Setiap tembakan pegolf yang dibuat Jack Nicklaus di lapangan sudah dilatih beberapa hari sebelum dia berhasil didalam otaknya.

“Saya tidak pernah melakukan pukulan, bahkan dalam latihan, tanpa memiliki gambar fokus yang sangat tajam di kepala saya”.

Buat PACT dengan diri Anda sendiri
Ada satu bagian lagi yang diperlukan untuk benar-benar memastikan Anda mencapai tujuan yang Anda tetapkan untuk diri sendiri dan itu adalah sesuatu yang saya sebut PACT. PACT adalah akronim lain yang berarti Kesabaran, Tindakan, Konsistensi, dan Waktu. Anda membutuhkan keempat hal ini untuk mencapai tujuan.

Kesabaran

Tanpa kesabaran, Anda hanya akan menyerah di tengah jalan. Untuk mencapai apa pun yang berharga perlu adanya kesabaran. Sukses tidak terjadi dalam semalam. Sabarlah dan nikmati proses nya, melangkah sedikit lebih dekat ke arah tujuan Anda setiap hari.

Saat Anda menetapkan tujuan, lihat garis waktu yang telah Anda tentukan sendiri dan buat sejumlah evaluasi. Jika Anda telah memberi diri Anda kerangka waktu enam bulan untuk mencapai tujuan Anda, maka bagilah proyek Anda menjadi enam bidang. Di setiap bulannya, berikan diri Anda dua atau tiga rencana. Ini akan membuat Anda termotivasi untuk melanjutkannya bahkan ketika Anda merasa sedikit atau tidak ada kemajuan untuk mencapai tujuan.

Tindakan

Jika Anda tidak mengambil tindakan terhadap tujuan apa pun, maka tidak ada tujuan yang akan tercapai. Anda perlu memastikan setiap hari mengingatkan diri sendiri tentang tujuan Anda dan mengapa Anda ingin mencapainya. Baca pernyataan misi Anda dan kemudian lakukan tindakan yang diperlukan untuk memastikan Anda melangkah lebih dekat menuju kesuksesan setiap harinya.

Langkah tindakan Anda harus jelas dan langsung. Misalnya, "berlari lima kilometer hari ini" dan ini harus dimasukkan ke kalender Anda. Jadikan itu tugas yang tidak bisa dinegosiasikan.

Konsistensi

Tindakan yang Anda ambil setiap hari untuk mencapai tujuan Anda harus konsisten. Anda tidak dapat mengikuti program diet Anda selama seminggu dan kemudian memiliki tiga minggu libur. Target tidak bekerja seperti itu. Jim Rohn mengatakannya dengan sempurna ketika dia berkata,

"Sukses adalah ilmu disiplin dan ilmu sederhana yang dipraktikkan setiap hari."

Pada awal minggu, duduklah dan lihat kalender Anda lalu buat tugas-tugas yang berkaitan dengan tujuan Anda untuk setiap hari yang akan membuat Anda semakin dekat untuk mencapainya.

Waktu

Tentu saja, Anda perlu memberikan waktu yang cukup antara tempat Anda hari ini dan di mana Anda ingin berada di masa depan. Bersikap realistis tentang waktu dan jangan berkecil hati jika Anda melewati tenggat waktu.

Ingat, jika Anda telah mengikuti langkah-langkah dan telah mendekatkan diri Anda untuk mencapai tujuan apa pun yang Anda tetapkan untuk diri sendiri, teruskan sampai Anda mencapai tujuan, cukup sesuaikan kembali jadwal Anda.

Fakta bahwa Anda memulai berarti Anda sekarang lebih dekat untuk mencapai tujuan Anda daripada kemarin. Jangan menyerah. Menyesuaikan ulang batas waktu Anda tidak berarti Anda gagal. Ini berarti Anda tidak menentukan garis waktu Anda dengan benar saat pertama kali memulainnya.

Kunci kesuksesan - menyatukan semuanya
Ketika Anda menempatkan semua elemen ini bersama-sama, Anda menciptakan lingkungan di mana pencapaian tujuan SMART menjadi jauh lebih mudah dicapai.

Ketika Anda memiliki pertanyaan "mengapa"  dan ada jawaban yang bersifat pribadi akan memberikan dorongsn yang kuat untuk tujuan Anda, motivasi Anda untuk terus berjalan kuat.

Ketika Anda memvisualisasikan setiap hari seperti apa rasanya setelah Anda mencapai tujuan Anda, Anda sedang mempersiapkan diri untuk sukses.

Dan ketika Anda menggabungkan PACT dan bersabar, mengambil tindakan secara konsisten setiap hari selama periode waktu tertentu, tidak ada yang dapat menghentikan Anda untuk mencapai tujuan Anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel