Kamera Pocket VS Kamera DSLR Mana Yang Lebih Bagus?

Ketika Anda membuat keputusan untuk memasuki dunia digital fotografi, Anda akan melakukan riset mengenai berbagai macam kamera. Salah satu hal utama yang perlu dipahami dengan segera adalah bagaimana cara membedakan kamera point and shoot (kamera pocket) dengan kamera DSLR.

 Kedua jenis kamera ini sedikit berbeda dalam hal kualitas gambar, kecepatan kinerja, ukuran, dan terutama harga. untuk mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara kamera point and shoot dan DSLR.

Berikut ini kami sajikan

perbedaan kamera pocket vs kamera DSLR mana yang lebih baik?

perbedaan kamera pocket vs kamera DSLR mana yang lebih baik?


Kamera DSLR

Kamera DSLR menawarkan lebih banyak kelebihan, kecepatan, dan fitur daripada kamera pocket. Kamera DSLR memungkinkan Anda untuk mengontrol  pengaturan kamera secara manual mulai dari aspek-aspek tertentu dalam pemotretan, sementara sebagian besar kamera pocket bekerja dengan maksimal saat memotret dalam mode full otomatis. Tapi kamera DSLR harganya lebih mahal dan ukurannya lebih besar dari kamera pocket.

Kamera Pocket

Kamera pocket kadang-kadang disebut kamera lensa tetap, karena kamera pocket tidak dapat diganti atau ditukar pasang lensanya seperti kamera DSLR. Lensa kamera ini dibangun langsung ke badan kamera. Kamera pocket juga sangat mudah digunakan, karena tidak menawarkan kontrol manual yang ditawarkan oleh kamera DSLR, seperti namanya point And Shoot (pocket), Anda cukup mengarahkan kamera ke subjek yang ingin difoto dan memotret dalam mode full otomatis.

Pabrikan kamera mengurangi jumlah produksi dari kamera yang mereka buat, karena kamera pada smartphone sudah meningkat ke titik di mana orang lebih suka membawa smartphone sendirian, daripada harus membawa smartphone dan kamera digital secara bersamaan.

Kamera pocket vs. DSLR

Tidak mengherankan jika kamera DSLR harganya jauh lebih mahal daripada kamera pocket. Kamera DSLR juga memiliki lebih banyak aksesoris yang tersedia daripada kamera pocket,

seperti lensa yang dapat diganti dan unit flash eksternal. Lensa yang dapat diganti memberi DSLR keuntungan lebih daripada kamera pocket, karena lensa ekstra ini memberi DSLR kemampuan untuk mengubah kemampuan dan fitur pada kamera yang menjadikannya serba guna.

Perbedaan utama antara kedua model kamera ini melibatkan apa yang dilihat oleh fotografer saat ia memotret sebuah bidikan.

Dengan kamera DSLR, fotografer biasanya melakukan melihat gambar langsung melalui lensa menggunakan jendela bidik (view finder), berkat serangkaian prisma dan cermin yang memantulkan gambar lensa kembali ke jendela bidik.

 Kamera pocket kebanyakan bahkan tidak menawarkan sebuah jendela bidik (view finder). Sebagian besar kamera pocket ini mengandalkan layar LCD untuk melihat pratinjau gambar  yang akan fotografer ambil.

Kesimpulan 

Jadi jika kalian ingin mencari kamera untuk hasil yang maksimal dengan kualitas gakbar profesionall dan memiliki budget yang cukup, saya sarankan untuk membeli kamera DSLR ketimbang kamera pocket.

Kenapa?

Karena kamera pocket adalah kamera yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan penggunanya memotret, alias bukan untuk seorang fotografer yang menginginkan kualitas gambar.


Tapi jika kalian ingin memotret foto dengan kualitas cukup baik dan tidak perlu ribet membawa kamera yang besar dan juga tida ingin mengeluarkan uang yang cukup banyak. Kamera pocket bisa menjadi solusinya.

Dengan ukuran yang kecil dan bisa dimasukan kedalam. Kantong celana, kamera ini cocok untuk Anda yang tidak suka ribet membawa benda besar, dan lagi kalian tidak perlu mengerti berbagai macam fungsi kamera saat mengoperasikan kamera pocket.

Tidak seperti kamera DSLR yang memang dibuat untuk tujuan fotografi, karena itulah banyak fitur dan ada mode manual pada kamera DSLR ini.

Opsi Kamera Lainnya

Kamera ultra-zoom sedikit mirip dengan model DSLR, tetapi kamera ini lensanya tidak dapat dipertukarkan. Mereka bekerja dengan baik sebagai kamera transisi antara model DSLR dan kamera pocket, meskipun beberapa kamera ultra zoom dapat dianggap sebagai kamera pocket karena mudah dioperasikan.

Jenis lain dari kamera transisi yang bagus adalah kamera ILC mirrorless (interchangeable lens camera). Model ILC mirrorless tidak menggunakan cermin seperti DSLR, jadi ILC dapat dibuat lebih tipis dari DSLR, meskipun kedua kamera ini menggunakan lensa yang dapat diganti. ILC mirrorless mendekati DSLR dalam hal kualitas gambar dan kecepatan kinerjanya dalam bidang kamera pemotretan, dan harga untuk ILC mirorrless tidak jauh berbeda dengan kamera DSLR dan kamera Pocket .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel