Syarat dan Cara Aktifkan Monetize Akun Fb Creator

Syarat memonetiasi facebook baru baru ini sedang hangat dibicarakan oleh para pengguna facebook yang menjadikan facebook tempatnya mencari rezeki.

Kenapa? Karena baru baru ini facebook mengeluarkan fitur baru yang disebut facebook creator, fungsinya sangat mirip dengan youtube. Yang memungkinkan video yang kita upload bisa disisipi iklan dan menghasilkan uang.

Namun tidak semua orang bisa menggunakan fitur ini, kenapa? Karena untuk menggunakan fitur facebook creator Anda harus mendaftarkan akun facebooknya untuk dimonetisasi.
Syarat dan Cara Aktifkan Monetize Akun Fb Creator

Lalu bagaimana cara mendaftarkan akun facebook atau fanspage (fp) untuk dimonetisasi?

Sistem monetisasi Video Facebook yang menghasilkan uang!

Bulan lalu, facebook telah memberikan pengumuman kepada seluruh pengguna media sosial ini yang berisi kebijakan atau syarat syarat monetisasi akun facebook yang baru.

Facebook juga menambahkan sistem yang meriset akun pengguna facebook, dan memunculkan video yang paling relevan dan sering ditonton oleh para pengguna facebook ke akun tersebut.

Nah saat si pengguna nanti menonton videonya, akan ada iklan berupa video pendek beberapa detik atau belasan detik yang muncul secara acak seperti di youtube.


 Faktor Sponsor yang berperan besar dengan pendapatan Video

Pendapatan dari facebook ini sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, dan salah satunya adalah dari sponsor. Video yang ditayangkan di facebook baru akan menghasilkan jika da sponsor atau iklan yang tayang.

Selain itu lama tayang iklan dan berapa kali iklan muncul juga mempengaruhi pendapatan yang dihasilkan dari video tersebut.


Sama seperti youtube, facebook juga menggunakan sistem bagi hasil yang presentasenya itu pemilik video akan mendapatkan 55% dari jumlah keuntungan yang didapatkan dari videonya. Sedangkan facebook akan mendapatkan keuntungan 45%.

Nah langsung ke pembahasan utama

Syarat Untuk Memonetisasi Facebook atau Cara mendaftarkan Akun dan halaman menjadi Facebook Kreator


1. Standar Kelayakan Video

Syarat paling utama dan yang pertama adalah status kelayakan dari video itu sendiri, Anda harus mengetahui dengan benar standar kelayakan akun, halaman fanspage dan video seperti apa yang mau diterima oleh facebook.

Contohnya saja konten kekerasan, sara, dan porno akan langsung diblokkir oleh pihak facebook, karena memang tidak layak untuk dishare dan dipertontonkan ke khalayak ramai.

2. 10.0000 Followers atau like

Syarat yang kedua adalah halaman atau fanspage kalian harus memiliki 10.000 pengikut atau like, dan video kalian ditonton minimal 1:3.

Jadi jika Anda mengunggah video berdurasi 3 menit, maka pastikan para penonton video Anda menontonnya minimal selama 1 menit.

Setelah itu Anda harus mencapai 30.000 tayangan dengan total mimal 1 menit di tiap videonya dalam waktu 60 hari, hal inilah yang menentukan tingkat keberhasilan mendapat keuntungan dari menjadi fb creator.

Terkahir syaratnya adalah harus tersedia didalam negara, maksudnya fitur ini harus sudah tersedia didalam negara tempat Anda tinggal.

Tentunya sudah jelas jika fitur fb creator ini sudah ada di negara indonesia yang menjadi berita baik bagi Anda.


Tips Agar video di facebook banyak yang nonton dan share

Untuk Anda yang masih baru dalam dunia fb Ads ini Anda bisa mencoba beberapa trik yang akan saya bagikan untuk mendongkrak viewers video Anda

1. Thumbnail

Hal paling penting agar mencapai viewers yang tinggi adalah thumbnail yang menarik, thumbnail seperti apa sih yang menarik?

Anda bisa mencoba menggunakan thumbnail orang yang sedang diterkam buaya contohnya. Dengan thumbnail seperti itu, orang yang melihat video Anda di beranda facebooknya akan merasa tertarik untuk menonton video Anda

2. Caption

Untuk caption dari video yang Anda bagikan, haruslah membuat penasaran para pembacanya. Di indonesia sendiri, banyak yang menggunakan metode click bait.

Tapi saya sarankan jika Anda ingin menggunakan metode click bait haruslah dalam batas wajar.

Contohnya "Pria ini diterkam buaya" padahal isi videonya seorang pria yang diterkam biawak atau mainan buaya.

3. Konten Video tidak membosankan
Hal ini sangat penting sekali, jika video yang Anda unggah ini membosankan. Orang yang menontonnya tidak akan bertahan lama dan memilih kabur daripada menonton video Anda sampai akhir.

Hal ini tentunya akan membuat akun Anda menjadi buruk dimata search Engine facebook karena impresi penonton yang tidak lama menonton video Anda.


Bagaimana caranya agar video tidak membosankan?

Cobalah edit video semenarik mungkin, dan tema yang dibahas juga membuat orang penasaran, selain itu Audio dari videonya harus jelas. Orang tidak ingin berlama2 menonton video yang suaranya kekecilan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel