Tips Cara Memancing Ikan Escolar si Ikan Setan (oilfish)

Bagaimana cara memancing ikan escolar atau yang biasa disebut ikan setan (oilfish)?

Sebelum kalian mulai memancing ikan escolar ini, pertama yang harus kalian tahu adalah karakteristik si ikan.

Ikan Escolar / Ikan Gindara / Ikan Setan / Oil fish

Ikan Escolar sendiri adalah jenis ikan laut yang hidupnya di kedalaman laut antara 100m-800m, dan biasanya ikan yang sering ditangkap oleh para pemancing adalah ikan jenis oilfish atau bisa juga disebut ikan gindara.

Tips Cara Memancing Ikan Escolar si Ikan Setan (oilfish)


Namun untuk para pemancing, mereka memiliki nama khusus untuk memanggil ikan ini. Yaitu ikan escolar atau ikan setan karena bentuknya yang menyeramkan dan matanya yang menyala seperti lampu.

Kulit ikan ini dipenuhi oleh duri yang mirip seperti buah nanas. Bahkan leader berapa lbs pun tetap akan hancur ketika terkena duri yang ada dibadannya.

Ikan ini sangat agresif, bahkan ikan ini terkenal diantara para pemancing karena tarikannya yang sangat kuat dan menguji adrenalin saat fight. Tentunya hal tersebut membuat para pemancing lain ingin mencoba menangkap ikan ini karena sepertinya menarik.

Ikan Escolar atau ikan setan ini sangat sensitif terhadap cahaya. Kenapa? Karena habitatnya dikedalaman laut yang bahkan sinar mataharipun tidaj bisa mencapainya, membuat ikan ini sangat peka pada cahaya.


Habitat ikan Escolar

Ikan Escolar akan naik kedalam perairan laut yang lebih dangkal sekitar 100m-200m, untuk mencari makan. Karena didalam habitatnya sendiri, sulit untuk mencari ikan kecil sebagai santapannya.

Karena itulah jika kalian ingin memancing ikan Escolar, saya sarankan memancingnya dimalam hari. Karena ikan ini akan naik ke drop off atau tumbiran karang terjal untuk mencari mangsa.

Teknik untuk memancing ikan Escolar

Untuk Memancing ikan escolar atau oil fish,  Anda bisa menggunakan tehnik bottom (dasaran), atau bisa juga menggunakan teknkk jiggling yang dipadukan dengan metal jig.

Cara Mancing Escolar menggunakan Jigging

Umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan escolar dengan teknik dasaran (bottom) adalah ikan tongkol, bisa juga menggunakan baby barakota.

Anda juga bisa menggunakan irisan daging barakota yang dewasa karena ikan pedalaman lebih mengandalkan penciumannya ketimbang indra penglihatannya untuk mencari makan.

Karena itulah umpan yang memiliki bau amis tajam cocok untuk memancin ikan setan ini seperti menggunakan ikan tongkol dan barakota.

Bagaimana Rangkaian Untuk Memancing Ikan Escolar?

Tips Cara Memancing Ikan Escolar si Ikan Setan (oilfish)

Untuk rangkaian Anda bisa menggunakan neklin 7x7 150 hingga 200 lbs. Dengan panjang sekitar 1 meter atau lebih, untuk meminimalisir resiko putus saat streak dan fight melawan ikan ini.

Untuk ukuran kail (hook) Anda bisa menggunakan ukuran 11 yang biasa digunakan untuk jigging, Anda bisa memsang lebih dari satu bahkan 4 sekaligus.

Tips Cara Memancing Ikan Escolar si Ikan Setan (oilfish)
Add caption


Atau jika Anda ingin menggunakan treble hook 5/0, cobalah masing masing mata kail trebelnya dipasang ikan tongkol yang bisa ditancapkan ke rahangnya sampai menembus kepala tongkolnya.

Rangkaian single hook juga cukup mirip seperti rangkaian memancing ikan tenggiri babon, yaitu memakai 2 hingga 4 mata kail, umpannya bisa menggunakan 1 ikan tongol dengan cara ditancapkan ketiap kail mulai dari ekor sampai kemulut ikan tongkol.

Lalu coba sesuaikan panjang rangkaian kailnya dengan panjang ikan tongkol yang dijadikan umpan tadi. Atau Anda bisa mencoba tiap singgle hook diberi 1 umpan tongkol jika umpan tongkol yang anda miliki ukurannya kecil

Contoh Rangkaian split ring dengan jig

Untuk Anda yang menggunakan teknik jigging, cobalah untuk menggunakan metal jig yang full fosfor (GID), Biasanya orang memakai metal jig berbentuk squid 300 sampai dengan 600gr tergantung arus laut.

Dari shock leader ke metal jignya sambung neklin dengan panjang sekitar 1-1,5 meter. Dan 150 sampai 250 lbs, (ini tergantung panjang jig yang anda gunakan), jangan lupa ubtuk menambahkan hook dibawah metal jignya yang dirangkai dengan beberspa split ding mirip dengan rantai (untuk jumlah split ring, sesuai selera kalian).

Hal tersebut bertujuan agar lebih fleksibel dan bisa digunakan sebagai pengganti neklin (sepertu gambar diatas)

Teknik diatas bisa Anda coba, tapi masih ada teknik lain yang bisa Anda pakai. Contohnya metal jig (full GID) dibagian kepala jignya diberi rangkaian neklin dengan umpan ikan tongkol. Caranya digantung sekitar 10 meter dari dasar atau retrive pelan pelan (serupa dengan slow jig) jika sudah naik 10 meter dari dasar maka turunkan lagi dst.


Sifat ikan escolar yang sangat agresif dan rakus membuat karakter makannya berbeda. Caranua mrmakan mangsa dengan menyedot ikan kecil, kemudian dikunyah dan dimuntahkan lagi. Baru setelah mangsanya lumpuh dia makan lagi.

Itu artinya, ketika ikan escolar menyambar umpan yang kita berikan, jangan langsung ditarik dan disentak, biarkan umpan kalian ditarik terlebih dahulu dan dibawa lari. Jika dirasa pancingan sudah mulai berat, baru kalian bisa memompanya dengan stabil.

Saat dipompa biasanya ikan ini akan pasrah dan tidak melawan, tapi ketika ikan sudah naik ke permukaan dan melihat cahaya? Dia akan melawan sekuat tenaga. Yang bahkan bisa membuat pemancing profesional kalang kabut jika ikan yang ditangkapnya berukuran besar.



Tips Memancing Ikan Escolar

Yang perlu kalian perhatikan untuk memancing ikan ini adalah settingan dragnya, jangan terlalu ekstrem menyettingnya, karena akan menyobek mulut si escolar dan mocel, yang akan terjadi selanjutnya ikan akan kabur

Bagi Anda yang menggunakan teknik dasaran, cobalah gantung ikan 5 sampai 10 meter dari dasar, jika setelah beberapa saat tidak ada juga yang menyambar, tarik ulur umpannya agar bisa menjangkau area yang lebih luas karena terbawa arus. 

Jadi biarkan si umpan yang mencari keberadaan si ikan setan ini.

Manfaat Ikan Escolar untuk Kesehatan

Khasiat daging ikan escolar untuk kesehatan sangat baik sekali , terutama karrna kandungan imega 3 dan omega 9 nya yang tinggi, ikan ini merupakan sumber lemak tidak jenuh yang berguna untuk memperlancar aliran darah, 

Memakan ikan ini juga dapat membantu proses penyembuhan sel otak, tulang dan penglihatan, sedangkan omega 9 nya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

Untuk penderita demam berdarah, baik sekali memakan ikan ini karena dapat menurunkan kadar trombosit bagi penderita demam berdarah.

Tapi INGAT, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Termasuk memakan ikan ini, memakan ikan ini secara berlebihan bisa menyebabkan mencret karena kadar minyak yang tinggi didalam ikan escolar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel