Tips Dan Trik Mendapatkan Hasil Foto Selfie Yang Bagus!

Anda pasti pernah mengalami masa dimana sedang berada ditempat yang intagramable, memiliki spot foto yang bagus tapi tidak ada siapa - siapa yang bisa anda minta tolong untuk memotret diri Anda.

Karena itulah artikel ini saya buat!

Dalam panduan hari ini, saya ingin memberi Anda beberapa tips dan saran untuk mengambil foto diri sendiri yang bagus. Ini akan berguna untuk Anda yang bepergian sendiri dan ingin foto diri Anda yang sedang berlibur menjadi lebih keren dan instagramable.

saya akan berbagi beberapa tips pada kalian cara mengambil foto selfie yang bagus menggunakan kamera apa pun yang Anda gunakan, dari smartphone sampai kamera DSLR, yang pasti hasil akhirnya akan terlihat sangat cantik!

Tips dan Trik untuk Mendapatkan hasil foto Selfie yang Bagus!

Tips dan Trik untuk Mendapatkan hasil foto Selfie yang Bagus!


1. Pegang kamera sejauh mungkin

Jika Anda memegang kameranya sendiri, buatlah kameranya sejauh mungkin dari diri Anda. Di sinilah tongsis untuk smartphone akan sangat berguna.

Alasannya karena sebagian besar lensa kamera pada smartphone, dan lensa yang akan Anda gunakan pada kamera normal untuk mengambil foto selfie, akan memiliki sudut yang lebar. Sehingga hasilnya bisa mendapatkan lebih banyak background, dan sekaligus membuat anda tida terlihat besar.

Distorsi ini biasanya tidak terlihat, tetapi ketika Anda memotret terlalu dekat dengan wajah Anda, hasil fotonya akan menyebabkan efek karikatur yang aneh, di mana bagian-bagian wajah Anda tiba-tiba tampak lebih besar daripada bagian lain.

 Ini adalah efek yang wajar, karena ketika kita melihat hasilnya, dari gambar yang dominan adalah bagian kepala.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Angle Foto Terbaik Anda

Jadi ketika Anda ingin selfie, rentangkanlah tangan Anda sejauh yang Anda bisa. Agar tidak mengalami efek distorsi yang membuat diri anda menjadi aneh

Ingatlah tangan anda yang direntangkan, bukan kepala anda yang didorong jauh kebelakang. Mendorong kepala kebelakang hanya akan membuat diri anda menjadi tampak aneh saat difoto.



2. Posisikan kamera sedikit di atas Anda

Tips kedua agar hasil selfie Anda menjadi lebih baik adalah dengan membuat angle dari atas. Buatlah posisi kamera berada sedikit lebih tinggi dari objek foto (diri Anda)

Tils pertama dari saya, apa pun teknik yang Anda gunakan, cobalah posisikan kamera sedikit di atas Anda. Foto secara alami akan terlihat lebih baik ketika diambil dari sudut pandang sedikit di atas (tidak ada yang menginginkan gambar dagu lebih dominan kan?),

jadi jika Anda bisa memposisikan kamera sedikit di atas Anda, cara ini akan memberikan banyak perubahan pada hasil foto Anda yang jadi lebih baik.

Pengecualian : jika Anda memotret diri anda dari balik pantulan seperti genangan air dan cermin, posisikanlah smartphonr atau kamera lebih bawah agar tidak menghalangi wajah Anda.



3. Pastikan cahayanya cukup

Cahaya sangat penting dalam hal fotografi, dan ini tidak kalah penting ketika Anda mencoba mengambil foto sendiri.

Pertama, Anda perlu memastikan ada cukup cahaya yang tersedia ditempat Anda akan berfoto., sehingga Anda tidak akan berakhir dengan hasil gambar yang buram dan penuh bintik2 (noise).

Baca Juga : Bahaya Mengecas HP saat ditinggal tidur

Mendapatkan cahaya  pasti akan lebih mudah jika Anda berada di luar ruangan dan di siang hari , karena umumnya akan ada lebih banyak cahaya yang tersedia (bahkan jika mendung).

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan sudut dan arah cahaya. Sumber cahaya yang lebih rendah, seperti ketika matahari alan terbenam, akan lebih merata menerangi fitur Anda.

Sumber cahaya yang tinggi, seperti ketika matahari berada tepat di atas kepala, akan menyebabkan bayangan yang lebih kontras yang akan menciptakan daerah gelap dan hasil yang kurang bagus.

Anda juga harus mencoba melihat ke arah sumber cahaya jika memungkinkan, pastikan agar Anda tidak berfoto membelakangi sumber cahaya agar hasil foto nampak bagus.

Kecuali: jika anda memang berniat mengambil foto seperti matahari terbenam dan terbit, maka anda bisa memotret diri anda dengan background matahari.

Terakhir, kualitas cahaya sangat penting. Sumber Cahaya terbaik datang dari matahari yang tidak terlalu tinggi, seperti ketika matahari terbit atau terbenam, ketika awan memiliki cahaya kuning.

Cahaya hangat ini akan memberi Anda warna kulit lebih lembut,

Berhati-hatilah terhadap sumber cahaya kecil seperti blitz, yang dapat menghilangkan fokus pada Anda, memberikan efek mata merah yang menakutkan, dan umumnya merusak hasil foto. Cahaya alami  selalu menghasilkan foto yang lebih baik,

Kecuali anda memang sudah mempersiapkan fotobooth seperti di studio foto untuk melakukan pemotretan.

Jika Anda memotret di dalam ruangan, cobalah tetap diam untuk meminimalkan kekaburan yang disebabkan gerakan, juga manfaatkan cahaya apa pun yang dapat Anda temukan - mungkin berdiri di dekat jendela sehingga cahaya dari luar menerangi Anda. Jika tidak, coba gunakan sumber cahaya paling terang yang Anda bisa!


4. Perhatikan komposisi gambar

Apa pun foto yang Anda ambil, baik itu selfie atau foto lanskap, Anda perlu memikirkan komposisinya.

 Apa yang dimaksud komposisi?  Komposisi adalah beberapa hal penting dalam fotografi. Anda perlu memikirkan seluruh komposisi gambar, dan apa saja yang Anda inginkan di dalam gambar


Anda perlu memikirkan penempatan objek utama (objek utama biasanya model alias Anda) Serta subjek lain dalam gambar - mungkin beberapa objek di latar belakang, pameran museum, tas yang Anda pegang, atau objek wisata yang Anda kunjungi . Pastikan semuanya nampak jelas setelah difoto.

Jangan lupa bahwa gambar  tidak harus selalu memasukkan seluruh tubuh Anda.

 Anda bisa memasukkan bagian tertentu aja seperti bagian dada keatas saja atau dari bahu keatas saja.

Anda juga harus mempertimbangkan berbagai teknik komposisi seperti rule of third, pembingkaian dan komposisi warna, yang semuanya dapat digunakan untuk membantu Anda mendapatkan gambar yang menbuat Anda terlihat menonjol di keramaian. Untuk selengkapnya tentang tips komposisi.


5. Tersenyumlah!

Jika Anda telah mempertimbangkan semua hal di atas, maka saatnya untuk mengambil gambar diri Anda. Saatnya bersinar!

Kenyataannya adalah banyak dari kita yang tidak suka berfoto, bahkan jika diri kita sendirj yang memotret. Jadi kuncinya adalah mencoba untuk relax, nikmati diri sendiri, dan bersenang-senanglah jangan tegang.

Jika Anda tersenyum, Anda pasti akan melihat hasil foto yang terlihat lebih cantik dan keren, baik untuk Anda, dan bagi siapa saja yang melihatnya. Foto yang bahagia dengan Anda yang tersenyum selalu terlihat bagus.

Ambil beberapa foto, dan semakin banyak Anda berlatih tersenyum saat difoto semakin alami dan santai penampilan Anda, akan semakin baik hasilnya. Jangan khawatir jika butuh waktu - belajar cara terlihat baik dalam gambar jelas merupakan sesuatu yang bisa memakan waktu.

 Baca Juga : Kabel Jack Tidak Berfungai pada headset

6. Gunakan timer atau intervalometer

Jika Anda dapat mengatur kamera Anda pada tripod, atau di tempat lain di mana Anda tidak perlu memegangnya, Anda akan mendapatkan hasil foto yang lebih baik jika kamera diatur menggunakan timer. Hal ini akan memberikan Anda waktu untuk berpose, jangan lupa untuk membuka mata Anda.




7. Gunakan mode pemotretan khusus

Salah satu kamera kami, Panasonic Lumix GX8, memiliki mode pemotretan khusus yang disebut mode 4K Photo. Ini memungkinkan Anda merekam video adegan, dan kemudian Anda dapat mengambil gambar dengan resolusi tinggi dari video tersebut. Ini seperti intervalometer yang sangat canggih - alih-alih mendapatkan bidikan setiap beberapa detik, Anda justru mendapatkan 30 bidikan setiap detik.


Ini artinya Anda mendapatkan sejumlah besar pilihan, dan Anda juga tidak memerlukan peralatan yang rumit - Anda cukup mengatur kamera dan menekan tombol rekam. Fitur ini tersedia di sebagian besar model Lumix terbaru Panasonic. Merek kamera lain mungkin memiliki mode pemotretan khusus yang seperti ini, jadi periksalah kamera Anda sendiri.


8. Pelajari cara mengedit foto Anda

Mempelajari cara mengedit foto Anda adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan hasil foto yang bagus. Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil terbaik!

Bahkan hanya dengan mengedit kontras, kecerahan dan saturasi bisa meningkatkan kualitas gambar berkali kali lipat,

Anda juga dapat mengeditnya lebih jauh seperti menghilangkan noda kulit, memutihkan gigi dan sebagainya.

Ada sejumlah opsi dalam hal pengeditan fotografi. Di ponsel, saya suka dan menggunakan Snapseed, yang memiliki beberapa fitur bagus untuk mengedit. Di komputer, saya menggunakan dan merekomendasikan Adobe Lightroom jika Anda ingin megedit dengan hasil terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel