Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless, Digital, Sport Dan Kulit

Jam tangan adalah aksesoris yang dipakai setiap hari bahkan banyak orang yang jarang mrmbukanya ketiks mandi, tentunya hal ini alan membuat kondisi jam sering kotor.

Jam tangan yang rajin dibersihkan akan memperpanjang masa atau usia jam tangan, kecuali jam tangan warisan yang antik, sebaiknya jangan terlalu sering dipakai dan gunakanlah jasa perawatan jam yang profesional.

Cara ini diperuntukan bagi orang yang ingin merawat jam dan mrmbersihkan jam model baru seperti jam digital, sport, dll

Biasanya ketika Anda membeli jak tangan, Akan disertai bersama dengan buku petunjuknya. Cobalah untuk membacanya dan lihat cara perawatannya. Sebaiknya mrngacu pada buku petunjuk jika memang ada aturan cara merawat dan membersihkan jam tangan Anda.

Tapi jika tidak ada panduan cara membersihkan jam tangan di buku tersebut, Anda bisa mencoba cara yang akan diulas diartikel ini.
Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless, Digital, Sport Dan Kulit


Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless steel dan kulit

Untuk jam tangan stainless steel dan jam tangan kulit, terutama yang tidak waterproof, berhati hatilah dan bersihkan dengan teliti menggunakan air dan produk pembersih seperti cairan sabun.

Anda bisa mencelupkan kain pembersih ke cairan pembersih atau sabun dan mengelapnya sampai bersih atau Sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi, dan pastikan tidak ada air yang masuk kedalam mesin.

Lap jam tangan Anda dengan menggunakan kain seperti kanebo agar lebih cepat terserap airnya dan mudah kering. Atau bisa juga menggunakan kain mikrofiber.

Pastikan tidak ada air yang masuk ke jam tangan agar nanti tidak mengembun ketika dipakai di kemudian hari.

Jika Anda bisa Membuka tali rantainya, maka buka saja agar lebih mudah dalam proses pencuciannya.
Untuk tali jam tanganya Anda bisa langsung mencelupkannya ke cairan pembersih dan lap sampai kering.

Bisa juga dengan menggunakan dikat gigi agar kotoran yang menempel benar - benar hilang.


Untuk yang menggunakan tali jam tangan berbahan kulit, bisa mencelupkannya ke air hangat yang dicampur cuka putih.

Jangan langsung celupkan semuanya, tes dulu dengan mengoleskannya sedikit, karena tidak semua bahan kulit cocok.

Untuk yang menggunakan bahan logam dan ada noda karatan, Anda bisa menghilangkan karat besi pada jam tangan menggunakan cairan jeruk nipis atau lemon yang disikat menggunakan sikat gigi.

Jika proses pencucian sudah selesai, maka rakit kembali jam tangan dan lap sampai kering semua bagian jam tangan.

Cara Membersihkan Jam Tangan Sport

Sedangkan jam tangan sport yang waterproof bisa dengan mudah membersihkannya menggunakan sikat gigi dan pasta gigi, gosok saja secara perlahan agar semua kotorannya menghilang.

Lepas juga tali jamnya agar lebih mudah dibersihkan. Setelah selesai, lap menggunakan kain atau lap kanebo. Setelah itu rakit kembali jamnya, jangan sampai ada bagian yang tertinggal.


Kesimpulan : untuk pengguna jam tangan waterproof Anda bisa mencucimya dengan mudah menggunakan sabun seperti sabun cuci piring atau pasta gigi.

Sedangkan untuk pengguna jam tangan dari bahan kulit dan logam yang tidak waterproof, pastikan tidak ada air yang masuk kedalam mesin jam.

Lepas juga tali rantainya untuk membersihkannya lebih mudah dan lelusasa.

Untuk tali dari bahan logam bisa menggunakan sabun atau pasta gigi, sedangkan untuk tali berbahan dasar kulit bisa menggunakan air hangat dan cuka putih. ( cek dulu dengan mengoleskan sedikit ke kulitnya agar tahu cocok atau tidak).

Jika ternyata tidak cocok, cobalah menggunakan air hangat yang dicampur garam.



Nah, itulah cara mudah membersihkan jam dengan bahan dirumah, bagaimana? Mudah sekali bukan untuk merawat jam agar selalu tetap bersih dan nyaman dipakai?

Bila Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menanyakannya didalam kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah.

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel